Yoshua 17

Klik untuk mengganti ayat
Warisan Suku Manashe di Sebelah Barat

1 Jatuhlah undian pada suku Manashe, karena ia adalahanak sulung Yusuf, yaitu kepada Makhir anak sulung Manashe, bapa dari Gilead, karena ia adalah seorang prajurit perang dan ia mewarisi Gilead dan Bashan.

2 Inilah bagian untuk sisa keturunan Manashe, untuk kaum-kaum mereka, untuk keturunan Abiezer, keturunan Helek, keturunan Asriel, keturunan Sekhem, keturunan Hefer dan keturunan Shemida; itulah keturunan Manashe anak Yusuf, menurut kaum-kaum mereka.

3 Namun Zelofehad anak Hefer anak Gilead anak Makhir anak Manashe, tidak mempunyai anak-anak lelaki, melainkan anak-anak perempuan. Inilah nama anak-anak perempuannya: Mahla, Noa, Hogla, Milka, dan Tirza.

4 Mereka dating mendekat ke depan imam Eleazar, ke hadapan Yoshua anak Nun, dan ke hadapan para pemimpin, dengan berkata, "YAHWEH telah memerintahkan Musa untuk memberikan kepada kami suatu warisan di antara saudara-saudara lelaki kami." Berdasarkan firman YAHWEH ia telah memberikan kepada mereka suatu warisan di antara saudara-saudara lelaki dari ayah mereka.

5 Sepuluh bagian jatuh kepada kaum Manashe, selain yang dari tanah Gilead dan Bashan di seberang sungai Yordan,

6 karena anak-anak perempuan Manashe telah mendapat warisan di antara anak-anak lelakinya; dan tanah Gilead menjadi kepunyaan anak-anak Manashe yang lainnya.

7 Jadi perbatasan Manashe adalah dari Asher ke Mikhmetah yang terletak di depan Sikhem. Dan perbatasan itu naik ke kanan ke daerah penduduk En-Tapuah

8 Tanah Tapuah adalah kepunyaan kaum Manashe, tetapi kota Tapuah yang di perbatasan Manashe kepunyaan keturunan Efraim.

9 Perbatasan itu turun ke aliran sungai Kana, ke arah selatan aliran sungai itu. Kota-kota Efraim ini ada di antara kota-kota Manashe.

10 Ke arah selatan, daerah itu adalah milik kaum Efraim; dan ke arah utara, itu adalah daerah milik kaum Manashe, dan laut adalah batasnya. Batas-batas itu bertemu di Asher pada sebelah utara dan di Isakhar pada sebelah timur.

11 Inilah milik Manashe yang ada di Isakhar dan di Asher: Beth-Shean dan kota-kotanya, Yibleam dan kota-kotanya, penduduk Dor dengan kota-kotanya, penduduk En-Dor dan kota-kotanya, penduduk Taanakh dan kota-kotanya, penduduk Megido dan kota-kotanya tiga wilayah perbukitan.

12 Namun keturunan Manashe tidak dapat menduduki kota-kota itu, karena orang Kanaan bersikeras tinggal di negeri itu.

13 Ketika bani Israel menjadi kuat, mereka menjadikan orang Kanaan sebagai pekerja rodi, tetapi tidak secara tuntas merebutnya.

Tambahan Pusaka Milik Yusuf

14 Berbicaralah keturunan Yusuf kepada Yoshua dengan mengatakan, "Mengapa engkau memberikan kepadaku hanya satu undian dan satu bidang tanah sebagai warisan, sedangkan aku ini adalah suatu kaum yang berjumlah besar? Sebab YAHWEH telah memberkati aku sampai sekarang."

15 Yoshua berkata kepada mereka, "Jika kamu adalah bangsa yang berjumlah besar, pergilah naik ke hutan dan tebanglah bagimu sendiri di sana, di negeri orang Feris dan negeri orang raksasa itu, jika pegunungan Efraim terlalu sempit bagimu."

16 Berkatalah keturunan Yusuf, "Daerah perbukitan itu tidak akan mencukupi bagi kami. Dan setiap orang Kanaan yang tinggal di daerah lembah mempunyai kereta perang dari besi, baik mereka yang di daerah Beth-Sean dan kota-kotanya, maupun mereka yang tinggal di lembah Yizreel."

17 Berkatalah Yoshua kepada keluarga Yusuf, kepada suku Efraim dan suku Manashe dengan mengatakan, "Kamu adalah suatu bangsa yang berjumlah banyak dan mempunyai kekuatan yang besar; kamutidak akan hanya mendapatkan satu bidang tanah,

18 karena daerah perbukitan adalah milikmu. Oleh karena daerah itu adalah hutan, maka kamu harus menebangnya dan batas-batas luarnya akan menjadi milikmu, dan kamu harus menghalau orang Kanaan itu sekalipun mereka itu kuat dan mempunyai kereta perang dari besi."

Yoshua 16
Yoshua 18