Yoshua 18

Klik untuk mengganti ayat
Pembagian Wilayah di Silo

1 Seluruh umat bani Israel dikumpulkan di Silo dan mereka mendirikan kemah pertemuan di sana. Negeri itu telah ditaklukkan di hadapan mereka.

2 Ada tujuh suku masih tertinggal di antara bani Israel yang belum mendapatkan bagian warisan mereka.

3 Yoshua berkata kepada bani Israel, "Berapa lama lagi kamu akan menunda-nunda untuk masuk memiliki negeri yang telah, YAHWEH, Elohim leluhurmu, berikan kepadamu?"

4 Berikanlah dari antaramu tiga orang laki-laki dari setiap suku dan aku akan mengirim mereka; lalu mereka akan naik dan turun menjelajahi negeri itu dan menuliskannya menurut warisan mereka; dan biarlah mereka kembali kepadaku.

5 Mereka harus membaginya menjadi tujuh bagian. Suku Yehuda akan tinggal di dalam perbatasan mereka di selatan dan keturunan Yusuf akan tinggal di dalam perbatasan mereka di utara.

6 Kamu harus menuliskan negeri itu dalam tujuh bagian dan harus membawanya ke sini kepadaku. Dan aku akan membuang undi untukmu di sini di hadapan YAHWEH, Elohim kita.

7 Sebab tidak akan ada bagian untuk suku Lewi di antara kamu, karena keimaman YAHWEH adalah warisan mereka. Suku Gad, suku Ruben, dan setengah suku Manashe telah menerima warisan mereka di seberang sungai Yordan, ke arah timur, yang telah Musa, hamba YAHWEH itu, berikan kepada mereka.

8 Lalu bangkitlah orang-orang itu dan pergi. Yoshua memerintahkan mereka yang akan pergi untuk mencatat keadaan negeri itu dengan mengatakan, "Pergilah dan jelajahilah negeri itu dan catatlah, lalu kembalilah kepadaku. Maka aku akan membuang undi bagimu di sini di hadapan YAHWEH, di Silo."

9 Maka pergilah orang-orang itu menjelajahi negeri itu dan mencatatnya menurut kota-kotanya dalam tujuh bagian, di dalam sebuah buku. Mereka datang kepada Yoshua, ke tempat perkemahan di Silo.

10 Lalu Yoshua membuang undi bagi mereka di Silo di hadapan YAHWEH. Dan Yoshua membagikan secara adil negeri itu kepada bani Israel di sana, menurut pembagian mereka.

Warisan Suku Benyamin

11 Keluarlah undian bagi keturunan suku Benyamin, menurut kaum-kaum mereka, batas dari bagian mereka mencakup antara daerah keturunan Yehuda dan keturunan Yusuf.

12 Perbatasan mereka adalah di sisi utara dari sungai Yordan dan perbatasan itu naik ke sisi Yerikho di sebelah utara, lalu naik melewati perbukitan ke arah barat; dan garis batas itu berada di padang belantara Beth-Awen;

13 perbatasan itu naik dari sana menuju Lus, ke sisi dari Lus itulah Bethel ke arah selatan, batas itu turun ke Atarot-Adar, dekat bukit yang ada di sebelah selatan Beth-Horon hilir.

14 Batas itu ditarik dan memutar ke arah pantai laut di sebelah selatan, dari bukit yang terletak di hadapan Beth Horon di sebelah selatan; garis batas ini ada di kota Kiryat-Baal yakni Kiryat-Yearim, sebuah kota suku Yehuda itulah sisi barat.

15 Sisi selatan adalah mulai dari ujung Kiryat-Yearim dan batas itu sampai ke arah barat, terus menuju ke mata air Neftoah;

16 turun ke ujung pegunungan yang berada di depan lembah Ben-Hinom, yang terletak di lembah Refaim ke arah utara, turun ke lembah Hinom ke sisi Yebus di sebelah selatan dan turun ke En-Rogel.

17 Lalu batas itu ditarik dari utara dan ke luar ke En-Semes, menuju ke arah Gelilot, yang berseberangan dengan pendakian Adumim, turun ke Batu Bohan anak Ruben,

18 melintas ke samping di seberang Arabah ke arah utara dan turun ke Arabah.

19 Batas itu melintas ke samping Beth-Hoglah ke arah utara dan garis batas itu berakhir di teluk utara laut Asin,ke paling ujung selatan sungai Yordan; itulah batas selatan.

20 Sungai Yordan membatasinya pada sisi timur. Itulah warisan bagi suku Benyamin, menurut batas-batas sekelilingnya, menurut kaum-kaum mereka.

Kota-Kota Bagi Suku Benyamin

21 Kota-kota bagi suku Benyamin menurut kaum-kaum mereka, adalah Yerikho, Beth-Hogla, lembah Keziz,

22 Beth-Araba, Zemaraim, Bethel,

23 Haawim, Para, Ofra,

24 Kefar-Haamonai, Ofni, dan Geba, dua belas kota dan desa-desanya.

25 Gibeon, Rama, Beerot,

26 Mizpa, Kefira, Moza,

27 Rekem, Yirpel, Tarala,

28 Zela, Elef, Yebus, yaitu Yerusalem, Gibeat, dan Kiryat empat belas kota dan desa-desanya. Itulah warisan bagi suku Benyamin, menurut kaum-kaum mereka.

Yoshua 17
Yoshua 19