Yesaya 7

Klik untuk mengganti ayat
Pesan untuk Raja Ahas

1 Pada zaman Ahas anak Yotam anak Uzia, raja Yehuda, bahwa Rezin, raja Aram, dan Pekah, anak Remalya, raja Israel, pergi ke Yerusalem untuk berperang melawan kota itu, tetapi tidak mampu mengalahkannya.

2 Dan seisi rumah Daud diberitahu, bahwa Aram telah bersekutu dengan Efraim. Maka hatinya dan hati rakyatnya terguncang, seperti pohon-pohon di hutan yang bergoyang karena angin.

3 Dan YAHWEH berfirman kepada Yesaya, "Pergilah sekarang menemui Ahas, kamu dan Shear-Yashub anakmu, ke ujung saluran kolam atas di jalan raya padang tukang penatu.

4 Dan katakan kepadanya: Waspadalah dan tenanglah, dan jangan takut ataupun berkecil hati karena kedua puntung kayu api yang berasap itu, yaitu panasnya amarah Rezin dan Aram dan anak Remalya.

5 Sebab Aram dan Efraim anak Remalya telah merancang yang jahat melawanmu, dengan mengatakan:

6 Marilah kita pergi melawan Yehuda, dan menakut-nakutinya, kita merebut mereka, lalu mengangkat seorang raja untuk memerintah di tengah-tengahnya, yaitu anak dari Tabeal.

7 Beginilah YAHWEH Elohim berfirman: Hal itu tidak akan terjadi, tidak akan pernah.

8 Sebab ibu kota Aram adalah Damaskus, dan pemimpin Damaskus adalah Rezin; dalam waktu enam puluh lima tahun Efraim akan dihancurkan dan tidak menjadi suatu bangsa lagi.

9 Ibu kota Efraim adalah Samaria, dan pemimpin Samaria adalah anak Remalya. Jika kamu tidak percaya, kamu pasti tidak akan berdiri teguh."

Namanya Immanuel

10 Dan YAHWEH berfirman lagi kepada Ahas, kata-Nya,

11 "Mintalah tanda dari YAHWEH, Elohimmu; sesuatu dari dunia orang mati yang di bawah, atau sesuatu dari tempat yang tinggi di atas."

12 Namun Ahas berkata, "Aku tidak akan meminta, aku tidak mau mencobai YAHWEH."

13 Lalu nabi Yesaya berkata, "Dengarlah sekarang hai keluarga Daud, apakah kamu belum cukup untuk melelahkan manusia, sehingga kamu melelahkan Elohim-ku juga?

14 Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu sebuah tanda. Sesungguhnya seorang perawan akan mengandung dan melahirkan seorang Putra, dan Dia akan dinamakan: Immanuel.

15 Dia akanmakan dadih dan madu sampai dapat mengetahui untuk menolak yang jahat dan memilih yang baik.

16 Sebab sebelum Anak itu mengetahui untuk menolak yang jahat dan memilih yang baik, maka negeri yang kamu benci akan ditinggalkan kosong, oleh karena kedua rajanya.

Datangnya Pencobaan

17 YAHWEH akan mendatangkan kepadamu, dan kepada bangsamu, dan kepada kaum keluargamu, hari-hari yang belum pernah datang sejak hari Efraim berpaling dari Yehuda, melalui tangan raja Ashur.

18 Pada hari itu akan terjadi, YAHWEH akan bersuit pada lalat yang ada di ujung sungai-sungai Mesir, dan kepada lebah yang ada di negeri Ashur.

19 Dan mereka akan datang, dan mereka semua beristirahat, di lembah-lembah yang terjal dan di celah-celah bukit batu, dan di segala semak duri, dan di segala tanah penggembalaan.

20 Pada hari itu Tuhan akan memakai pisau cukur dari seberang sungai, yaitu raja Ashur; untuk mencukur rambut di kepala dan bulu di kaki dan juga akan membersihkan janggut.

21 Pada hari itu, setiap orang akan memelihara se-ekor lembu betina muda dan dua ekor domba.

22 Dan karena berlimpahnya hasil pemerasan susu maka mereka akan makan dadih, karena itu setiap orang yang tertinggal di tengah negeri akan makan dadih dan madu.

23 Dan akan terjadi pada hari itu, bahwa setiap tempat yang terdapat seribu pohon anggur yang bernilai seribu shikal perak, akan ditumbuhi onak dan semak duri.

24 Orang yang pergi ke sana harus membawa busur dan beberapa anak panah, karena seluruh negeri akan menjadi onak dan semak duri.

25 Dan engkau tidak akan datang ke sana, ke atas segala lereng bukit yang biasanya dicangkul, karena takut akan onak dan semak duri, tetapi di situ akan menjadi tempat lembu dan domba berkeliaran.

Yesaya 6
Yesaya 8