Yesaya 34

Klik untuk mengganti ayat
Penghakiman Atas Bangsa-Bangsa

1 Hai bangsa-bangsa, mendekatlah untuk mendengar, dan manusia, perhatikanlah! Biarlah bumi dan segala isinya mendengar, dunia dan segala hasilnya.

2 Sebab murka YAHWEH ada di atas bangsa-bangsa, dan kemarahan-Nya di atas semua pasukan-pasukan mereka; Dia akan menghancurkan mereka, Dia memberikan mereka kepada para pembantai.

3 Pembunuh-pembunuh mereka akan dilemparkan ke luar, bau busuk dari bangkai-bangkai mereka akan tercium, dan gunung-gunung akan dipenuhi dengan darah mereka.

4 Dan seluruh tentara langit akan diserakkan, dan langit akan digulung bersama seperti sebuah kitab; dan seluruh tentara mereka akan dijatuhkan, seperti daun jatuh dari pohon anggur, dan seperti gugurnya daun pohon ara.

Penghakiman Atas Edom

5 Sebab pedang-Ku memenuhi langit; lihatlah, pedang itu akan turun atas Edom, dan ke atas manusia, sebagai kutukan.

6 Pedang YAHWEH, dipenuhi dengan darah, dilumuri oleh lemak dari darah domba-domba dan kambing-kambing, dari lemak buah pinggang domba-domba jantan; karena kurban bagi YAHWEH di Bozra, dan pembantaian besar di tanah Edom.

7 Dan banteng-banteng akan rebah bersama mereka, dan bersama lembu-lembu jantan muda yang kuat; dan negeri mereka akan dibasahi dengan darah, dan tanah mereka yang kering akan dibuat subur dengan lemak.

8 Sebab hari pembalasan ada pada YAHWEH, tahun-tahun ganjaran karena perkara Sion.

9 Dan aliran-aliran sungai, akan berbalik ke hulu, dan debu ke batu belerang, dan tanahnya akan menjadi bubungan yang menyala.

10 Malam dan siang ia tidak akan menjadi padam, asapnya akan naik selamanya. Dari generasi ke generasi negeri itu menjadi reruntuhan selamanya, tidak seorang pun akan melewatinya untuk selama-lamanya.

11 Namun burung pelikan dan landak akan mewarisinya, dan burung hantu dan burung gagak akan tinggal di dalamnya. Dan di atasnya Dia akan membentangkan garis kebingungan, dan batu-batu kekosongan.

12 Mereka akan memanggil sebuah kerajaan, tetapi tidak seorang pun ada di sana dan semua pangeran-pangerannya akan lenyap.

13 Dan onak akan tumbuh di kediaman-kediamannya, putri malu dan semak duri tumbuh dalam benteng-bentengnya, dan dia akan menjadi rumah untuk naga-naga, dan padang rumput bagi burung hantu.

14 Dan binatang-binatang buas gurun akan berpapasan dengan anjing hutan, dan kambing jantan akan bertemu dengan kerumunannya. Sesungguhnya, di sana burung hantu akan bertengger, dan menemukan tempat peristirahatan baginya.

15 Ular akan bersarang di sana, bertelur dan mengeram dan berkumpul di bawah bayangannya. Burung nasar juga dikumpulkan bersama-sama, masing-masing dengan pasangannya.

16 Lihatlah dalam kitab YAHWEH, dan bacalah, tidak satu pun dari padanya akan gagal, masing-masing tidak pernah kehilangan pasangannya; karena mulut-Nyalah, yang memerintahkan, dan Roh-Nya, yang mengumpulkan mereka.

17 Dia telah membuang undi bagi mereka, dan tangan-Nya membaginya dengan tali pengukur. Mereka akan menguasainya untuk selama-lamanya, dari generasi ke generasi mereka akan tinggal di dalamnya.

Yesaya 33
Yesaya 35