Yehezkiel 34

Klik untuk mengganti ayat
Gembala-Gembala dan Kawanan Domba YAHWEH

1 Datanglah firman YAHWEH kepadaku, yang mengatakan,

2 "Hai anak manusia, bernubuatlah terhadap gembala-gembala Israel. Bernubuatlah, dan engkau harus mengatakan kepada mereka, kepada para gembala itu: Beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: Celakalah gembala-gembala Israel yang menggembalakan dirinya sendiri. Bukankah seharusnya para gembala menggembalakan kawanan domba?

3 Kamu makan lemak, dan mengenakan pakaian bulu domba; kamu menyembelih yang gemuk, tetapi kamu tidak menggembalakan domba-domba itu.

4 Kamu tidak membuat yang lemah menjadi kuat, dan tidak menyembuhkan yang sakit, serta tidak membalut yang terluka. Kamu tidak membawa kembali yang tersesat, dan tidak mencari yang hilang, tetapi kamu memerintah mereka dengan keras dan kejam.

5 Mereka terserak karena tidak ada gembala, dan mereka menjadi makanan bagi semua binatang buas di padang.

6 Domba-domba-Ku tersesat di gunung-gunung, dan di setiap bukit yang tinggi. Bahkan domba-domba-Ku terserak di seluruh permukaan bumi; tetapi tidak ada seorang pun yang memerhatikan dan mencarinya."

7 Oleh karena itu, hai para gembala, dengarkanlah firman YAHWEH,

8 "Demi Aku yang hidup," firman Tuhan YAHWEH, "sesungguhnya oleh karena domba-domba-Ku menjadi mangsa, dan menjadi makanan bagi semua binatang buas di padang karena tidak memiliki seorang gembala, sebab gembala-gembala-Ku tidak memerhatikan domba-domba-Ku, tetapi gembala-gembala itu member makan diri mereka sendiri, dan tidak memberi makan domba-domba-Ku.

9 Oleh karena itu, hai para gembala, dengarkanlah firman YAHWEH.

10 Beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: Lihat, Aku sendiri akan melawan gembala-gembala itu, dan Aku akan menuntut kembali domba-domba-Ku dari tangan mereka. Aku akan membuat mereka berhenti menggembalakan domba-domba itu, maka gembala-gembala itu tidak akan memberi makan dirinya sendiri, karena Aku akan melepaskan domba-domba-Ku dari mulut mereka, dan domba-domba itu tidak akan menjadi makanan mereka."

11 Sungguh, beginilah Tuhan YAHWEH berfirman, "Lihatlah, Aku sendiri akan memerhatikan domba-domba-Ku dan mencarinya.

12 Seperti seorang gembala yang mencari domba-dombanya pada saat dombanya berada di antara domba-domba yang terserak, demikianlah Aku akan mencari domba-domba-Ku, dan akan membebaskan mereka dari tempat di mana mereka diserakkan, pada saat hari berawan, bahkan pada saat gelap.

13 Dan Aku akan membawa mereka ke luar dari tengah bangsa-bangsa, dan mengumpulkan mereka dari negeri-negeri, Aku akan membawa mereka ke tanahnya dan menggembalakan mereka di atas pegunungan Israel, di sungai-sungai dan di semua tempat kediaman negeri itu.

14 Aku akan menggembalakan mereka di padang rumput yang subur, dan gunung-gunung tinggi Israel akan menjadi tempat penggembalaan mereka; mereka akan berbaring di padang penggembalaan yang baik, mereka akan makan di padang rumput yang subur, di semua gunung Israel.

15 Aku akan menggembalakan domba-domba-Ku, dan Aku akan membaringkan mereka, firman Tuhan YAHWEH.

16 Aku akan mencari yang hilang, dan membawa pulang yang tersesat. Aku akan membalut yang terluka, dan Aku akan menguatkan yang lemah. Tetapi Aku akan membinasakan yang gemuk dan yang kuat; Aku akan menggembalakan mereka dengan keadilan.

17 Dan kamu, domba-domba-Ku, beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: Lihatlah, Aku yang menghakimi di antara domba dengan domba, antara domba jantan dengan kambing jantan.

18 Belum cukupkah bagimu menghabiskan padang rumput yang baik tetapi sisanya kamu injak-injak dengan kakimu? Belum cukupkah kamu minum air yang jernih tetapi sisanya kamu kotori dengan kakimu?

19 Dan domba-domba-Ku akan makan rumput pada tempat yang sudah diinjak-injak oleh kakimu, dan minum air kotor oleh karena kakimu.

20 Oleh karena itu, beginilah Tuhan YAHWEH berfirman kepada mereka: Lihatlah, Aku sendiri akan menghakimi anak domba yang gemuk dengan anak domba yang kurus.

21 Sebab, kamu telah mendorong dengan pangkal lengan dan bahu, dan dengan tandukmu kamu telah menghalau semua yang lemah, sehingga kamu menyerakkan mereka ke luar;

22 tetapi Aku akan menyelamatkan domba-domba-Ku supaya mereka tidak dimangsa lagi, dan Aku akan menghakimi di antara anak domba dengan anak domba.

23 Aku akan membangkitkan seorang gembala atas mereka. Dan ia akan menggembalakan mereka. Hamba-Ku, Daud, yang akan menggembalakan mereka dan menjadi gembala bagi mereka.

24 Maka Aku YAHWEH, akan menjadi Elohim mereka, dan hamba-Ku Daud menjadi seorang raja di tengah-tengah mereka. Aku, YAHWEH, telah mengatakannya.

25 Aku akan mengadakan perjanjian damai sejahtera dengan mereka, dan Aku akan membuat binatang-binatang buas keluar dari tanah itu. Maka mereka diam di padang gurun dengan aman dan tidur di hutan-hutan.

26 Aku akan mengatur dan menempatkan mereka di sekeliling bukit berkat-Ku. Aku akan menurunkan hujan pada musimnya, maka ada hujan berkat di sana.

27 Pohon-pohon di ladang akan menghasilkan buahnya dan tanah itu akan memberikan hasil. Dan mereka akan hidup aman di tanah mereka dan mengetahui bahwa Akulah YAHWEH, ketika Aku mematahkan gandar kuk mereka dan menyelamatkan mereka dari tangan orang-orang yang memperbudak mereka.

28 Dan mereka tidak akan lagi dimangsa oleh bangsa-bangsa dan binatang buas negeri itu tidak akan melahap mereka, tetapi mereka akan diam dengan aman dan tidak seorang pun akan membuat mereka takut.

29 Aku akan menumbuhkan bagi mereka tanaman kemasyhuran sehingga mereka tidak lagi menjadi orang-orang yang kelaparan di negeri itu dan tidak akan menanggung aib dari bangsa-bangsa lagi.

30 Dan mereka akan mengetahui bahwa Aku, YAHWEH, Elohim mereka, yang menyertai mereka; mereka adalah umat-Ku, keturunan Israel, firman Tuhan YAHWEH.

31 Dan kamu, domba-domba-Ku, domba-domba gembalaan-Ku, kamulah manusia, dan Aku adalah Elohimmu," firman Tuhan YAHWEH.

Yehezkiel 33
Yehezkiel 35