Nehemia 9

Klik untuk mengganti ayat
Umat Mengakui Dosa

1 Pada hari yang kedua puluh empat bulan itu kaum Israel berkumpul serta berpuasa dengan mengenakan kain kabung dan tanah di kepala mereka.

2 Lalu keturunan Israel memisahkan diri dari semua kaum keturunan lain. Mereka berdiri mengaku dosa dan kesalahan leluhur mereka.

3 Sementara mereka berdiri di tempat, mereka membaca Kitab Taurat YAHWEH, Elohim, selama seperempat hari, sedangkan seperempat hari lagi mereka melakukan pengakuan dan sujud menyembah YAHWEH, Elohim mereka.

4 Dan berdirilah orang-orang Lewi di atas tangga: Yeshua, Bani, Kadmiel, Sebanya, Buni, Serebya, Bani, Kenani, dan mereka berseru dengan suara nyaring kepada YAHWEH, Elohim mereka.

5 Dan orang-orang Lewi: Yeshua dan Kadmiel, Bani, Hasabneya, Serebya, Hodia, Sebanya, Petahya, berkata, "Bangkitlah, pujilah YAHWEH, Elohimmu, dari selamanya sampai selamanya, dan biarlah mereka memberkati Nama-Mu yang mulia, yang ditinggikan di atas segala berkat dan puji-pujian.

6 Engkaulah YAHWEH, hanya Engkau. Engkau yang telah menjadikan langit, ya langit segala langit dengan segala bala tentaranya, bumi dengan segala yang ada di atasnya, dan laut dengan segala yang ada di dalamnya, dan Engkau memelihara kehidupan mereka semua. Dan bala tentara langit sujud menyembah-Mu.

7 Engkaulah YAHWEH, Elohim yang telah memilih Abram membawa ia keluar dari Ur-Kasdim dan menetapkan namanya Abraham.

8 Dan Engkau mendapati bahwa hatinya setia kepada-Mu dan Engkau membuat perjanjian dengan dia untuk memberikan tanah orang Kanaan, orang Het, orang Amori, dan orang Feris, dan orang Yebus, dan orang Girgasi, bahkan memberikan kepada keturunannya. Dan Engkau telah menepati kata-kata-Mu karena Engkau benar.

9 Engkau melihat sengsara leluhur kami di Mesir dan mendengar seruan mereka di tepi laut Merah.

10 Engkau menetapkan tanda-tanda dan mujizat-mujizat di hadapan Firaun, dan di depan hambanya dan seluruh rakyat karena Engkau mengetahui bahwa mereka bertindak angkuh atas leluhur kami. Dan Engkau telah membuat Nama-Mu masyhur seperti pada hari ini.

11 Engkau membelah laut di hadapan mereka sehingga mereka melewati laut di tanah yang kering, dan Engkau mencampakkan pengejar-pengejar mereka ke air yang dalam, seperti batu ke air yang dahsyat.

12 Dengan tiang awan Engkau memimpin mereka pada siang hari dan tiang api pada malam hari untuk menerangi jalan yang mereka lalui.

13 Engkau telah turun ke atas gunung Sinai, dan berbicara dengan mereka dari langit dan memberi mereka peraturan-peraturan yang adil dan hukum-hukum yang benar, ketetapan-ketetapan, dan perintah-perintah yang baik.

14 Engkau memberitahukan kepada mereka Sabat kudus-Mu, dan memerintahkan mereka peraturan-peraturan, ketetapan-ketetapan, dan hukum-hukum, melalui perantaraan Musa, hamba-Mu.

15 Ketika mereka lapar Engkau memberi roti dari langit, dan mengeluarkan air dari batu karang ketika mereka haus. Dan Engkau telah berjanji kepada mereka bahwa mereka akan masuk dan memiliki negeri yang Engkau telah berikan kepada mereka dengan sumpah.

16 Namun mereka dan leluhur kami telah bertindak angkuh dan menjadi keras kepala dengan tidak mendengar perintah-Mu.

17 Mereka menolak untuk mendengar dan tidak lagi mengingat perbuatan ajaib yang telah Engkau lakukan kepada mereka; mereka menjadi keras kepala dan dalam pemberontakannya memilih untuk kembali ke perbudakan dengan melawan Engkau. Tetapi, Engkaulah Elohim yang mengampuni, pemurah, dan berbelaskasihan, lambat untuk marah, dan berlimpah kasih setia, dan tidak meninggalkan mereka.

18 Bahkan ketika mereka telah membuat anak lembu tuangan, mereka berkata: Inilah Elohim yang membawa engkau ke luar dari Mesir. Dan mereka telah melakukan penghujatan yang besar.

19 Tetapi Engkau penuh dengan belas kasihan, tidak pernah meninggalkan mereka di padang gurun. Tiang awan tidak berpindah dari atas mereka pada siang hari untuk memimpin mereka di dalam perjalanan mereka, dan tiang api pada malam hari untuk memberikan cahaya kepada mereka dan jalan yang mereka tempuh.

20 Engkau memberikan Roh-Mu yang baik untuk mengajar mereka. Engkau tidak menahan Manna-Mu dari mulut mereka dan memberikan air ketika mereka haus.

21 Selama empat puluh tahun Engkau tetap menopang mereka di padang gurun. Mereka tidak pernah kekurangan, pakaian mereka tidak menjadi lapuk, dan kaki mereka tidak menjadi bengkak.

22 Engkau juga memberikan kepada mereka kerajaan-kerajaan dan bangsa-bangsa serta membagi-baginya sesuai dengan perbatasannya. Mereka memiliki tanah Sihon, yaitu tanah raja Heshbon, juga tanah Og, raja Bashan.

23 Engkau juga menjadikan keturunan mereka banyak seperti bintang-bintang di langit dan menuntun mereka ke tanah yang telah Engkau janjikan kepada leluhur mereka untuk memasuki dan memilikinya.

24 Lalu anak-anak itu memasuki dan memiliki tanah itu. Engkau menundukkan orang-orang Kanaan itu di hadapan mereka. Engkau menyerahkan mereka, dan raja-raja mereka serta rakyat negeri itu ke dalam tangan mereka, untuk memperlakukan mereka seperti apa yang mereka inginkan.

25 Mereka merebut kota-kota berkubu, tanah-tanah yang subur, dan menjadikannya milik mereka, rumah-rumah yang penuh dengan bermacam-macam barang, sumur-sumur, kebun-kebun anggur, dan kebun-kebun zaitun, dan pohon buah-buahan yang sangat banyak. Ketika makan, mereka dikenyangkan, dan mereka menjadi gemuk dan hidup bermewah-mewah dalam kebaikan-Mu yang besar.

26 Namun mereka tidak taat dan memberontak melawan Engkau, serta berbalik dari Taurat-Mu dan membunuh nabi-nabi-Mu yang memperingatkan mereka dengan tujuan untuk membawa mereka kembali kepada-Mu. Mereka juga telah melakukan penghujatan yang besar.

27 Sehingga Engkau menyerahkan mereka ke tangan musuh-musuh yang menindasnya. Dan dalam kesesakan, mereka berseru kepada-Mu, maka Engkau mendengarkan dari surga dan oleh karena belas kasih-Mu yang besar, Engkau memberikan orang-orang untuk menyelamatkan mereka dari tangan musuh-musuhnya.

28 Namun setelah semuanya tentram, mereka kembali berbuat jahat di hadapan-Mu. Dan Engkau membiarkan mereka dikuasai oleh orang-orang yang membencinya. Mereka kembali memanggil Engkau, dan Engkau tetap mendengarkan mereka dari surga, berkali-kali Engkau menyelamatkan mereka sesuai dengan belas kasihan-Mu.

29 Engkau menguji mereka dengan membawa mereka kembali pada Taurat-Mu. Namun mereka bertindak angkuh dan tidak mendengarkan perintah-perintah-Mu, mereka juga berdosa terhadap keputusan-keputusan-Mu, dan apabila manusia melakukannya, maka ia hidup karenanya; tetapi mereka tetap memasang bahu yang memberontak dan mengeraskan kepala mereka dan tidak mau mendengarkan.

30 Namun bertahun-tahun Engkau tetap bersabar terhadap mereka, dan terus mengingatkan mereka dengan Roh-Mu, dengan perantaraan para nabi-Mu, tetapi mereka tetap tidak menghiraukannya, sehingga Engkau menyerahkan mereka ke dalam tangan bangsa-bangsa negeri-negeri itu.

31 Dalam belas kasih-Mu yang berlimpah, Engkau tidak membinasakan dan meninggalkan mereka; karena Engkaulah Elohim yang penuh dengan anugerah dan belas kasihan.

32 Dan sekarang, ya Elohim kami, Elohim Yang Mahabesar, perkasa dan dahsyat, yang memelihara perjanjian dan kebaikan, janganlah Engkau memandang kecil segala kesusahan yang kami alami, kepada raja-raja kami, pemimpin-pemimpin kami, imam-imam kami, nabi-nabi kami, leluhur kami, dan kepada seluruh umat-Mu, dari sejak zaman raja-raja Ashur sampai hari ini.

33 Namun, Engkau yang adil dalam segala hal yang kami alami karena Engkau sudah melakukan kebenaran, dan kami telah menjadi jahat.

34 Dan raja-raja kami, pemimpin-pemimpin kami, imam-imam kami, dan leluhur kami tidak melakukan hukum-Mu, dan tidak memperhatikan perintah-perintah-Mu dan peringatan-peringatan yang telah Engkau berikan kepada mereka.

35 Mereka tidak mau melayani-Mu dalam kerajaan mereka, walaupun Engkau melimpah dengan kebaikan, dan Engkau telah mengaruniakan kepada mereka tanah yang luas dan subur, dan mereka tidak berbalik dari perbuatan-perbuatan mereka yang jahat.

36 Lihatlah, sekarang ini kami adalah budak di tanah yang telah Engkau berikan kepada leluhur kami, supaya kami dapat makan buahnya dan segala kekayaannya. Namun lihatlah, kami adalah budak di tanah kami.

37 Dan tanah itu telah memberikan hasil yang terus bertambah bagi raja-raja yang telah Engkau tetapkan bagi kami oleh sebab dosa-dosa kami. Bahkan mereka juga berkuasa atas tubuh dan ternak kami seperti apa yang mereka kehendaki, dan kami ada dalam kesusahan besar."

Umat Israel Bersumpah Setia

38 Oleh sebab itu, kami mengadakan perjanjian iman dan menuliskannya di atas meterai oleh para pemimpin kami, orang-orang Lewi dan para imam kami.

Nehemia 8
Nehemia 10