Imamat 26

Klik untuk mengganti ayat
Perjanjian Berkat dan Peraturan-Peraturan

1 "Kamu tidak boleh membuat berhala-berhala dan patung pahatan bagimu. Juga tiang berhala tidak boleh kamu dirikan bagimu, bahkan batu pahatan tidak boleh kamu tempatkan di negerimu untuk sujud kepadanya, sebab Akulah YAHWEH, Elohimmu.

2 Kamu harus memelihara sabat-sabatKu dan tempat kudus-Ku; Akulah YAHWEH.

3 Apabila kamu berjalan menurut ketetapan-ketetapan-Ku, dan memelihara hukum-hukumKu serta melakukannya,

4 maka Aku akan memberimu hujan pada musimnya sehingga negeri itu akan memberikan hasilnya, dan pohon di ladang akan memberi buahnya.

5 Dan masa pengirikanmu akan sampai pada musim panen tahunan, dan musim panen tahunan akan sampai pada musim menabur; dan kamu akan makan rotimu sampai kenyang dan kamu akan tinggal di negerimu dengan aman.

6 Dan Aku akan memberi kedamaian di dalam negeri itu. Kamu akan berbaring dan tidak seorang pun akan membuatmu takut. Aku akan membinasakan binatang buas dari negeri itu, dan pedang tidak akan melintas di negerimu.

7 Kamu akan mengejar musuhmu, mereka akan jatuh di hadapanmu oleh pedang itu.

8 Lima orang dari antaramu akan mengejar seratus, dan seratus orang dari antaramu akan mengejar sepuluh ribu, dan mereka yang memusuhimu akan jatuh oleh pedang di hadapanmu.

9 Aku akan mengarahkan wajah-Ku kepadamu dan membuatmu sukses. Aku akan membuatmu bertambah banyak dan Aku akan meneguhkan perjanjian-Ku denganmu.

10 Kamu akan makan persediaan yang lama dan kamu akan mengeluarkan persediaan yang lama oleh karena yang baru.

11 Aku akan menempatkan TabernakelKu di tengah-tengahmu dan jiwaKu tidak akan muak denganmu.

12 Aku akan selalu berjalan di tengah-tengahmu dan Aku akan menjadi Elohim bagimu dan kamu akan menjadi suatu bangsa bagiKu.

13 Akulah YAHWEH, Elohimmu, yang telah membawa kamu keluar dari tanah Mesir ketika kamu menjadi budak bagi mereka, dan Aku akan mematahkan batang-batang kukmu dan membuatmu berjalan tegak.

14 Apabila kamu tidak mendengarkan Aku dan tidak melakukan seluruh perintah itu,

15 dan apabila kamu menolak ketetapan-ketetapan-Ku dan hatimu membenci peraturan-peraturan-Ku dengan tidak melakukan seluruh perintahKu tetapi mengingkari perjanjianKu,

16 Aku pun akan melakukan hal ini kepadamu: Aku akan mendatangkan kengerian ke atasmu, penyakit ganas dan demam, yang menggerogoti mata dan menyebabkan jiwa merana; dan kamu akan menabur benihmu untuk kesia-siaan, dan yang menjadi musuh-musuhmu akan melahapnya.

17 Aku akan menghadapkan wajah-Ku kepadamu, dan kamu akan dipukul oleh orang-orang yang menjadi musuhmu; dan mereka yang membencimu akan memerintah atasmu dan kamu akan melarikan diri tanpa seorang pun mengejar kamu.

18 Apabila sampai saat itu kamu tidak mau mendengarkan Aku, maka Aku akan meningkatkan tujuh kali lipat ganjaran atas dosadosamu.

19 Aku akan menghancurkan kebanggaan kekuatanmu; dan Aku akan menata langitmu seperti besi dan tanahmu seperti tembaga.

20 Kekuatanmu akan menjadi habis dalam kesia-siaan, tanahmu tidak akan memberikan hasilnya, dan pohon-pohon di tanah itu tidak akan memberikan buahnya.

21 Apabila kamu berjalan berlawanan dengan-Ku, dan kamu tidak mau mendengarkan Aku, maka Aku akan meningkatkan tujuh kali tamparan ke atasmu sepadan dosa-dosamu.

22 Aku akan melepaskan binatang liar atasmu, dan itu akan memisahkanmu dari anak-anakmu, dan memusnahkan ternakmu, membuatmu menjadi sedikit, dan membuat sunyi jalanjalanmu.

23 Apabila dalam hal ini kamu tidak mau berubah bagi-Ku, dan kamu berjalan berlawanan dengan Aku,

24 maka Aku juga akan berjalan melawan kamu, dan Aku sendiri akan memukulmu tujuh kali lipat atas dosa-dosamu.

25 Aku akan mendatangkan pedang ke atasmu, untuk melaksanakan pembalasan dari perjanjian itu; dan kamu akan berkumpul di kota-kotamu, Aku akan mengirim wabah ke tengah-tengahmu; dan kamu akan diserahkan ke tangan musuh.

26 Ketika Aku memusnahkan persediaan makanan atasmu, maka sepuluh wanita akan membakar rotimu di dalam sebuah tungku. Dan mereka akan membawa balik rotimu berdasarkan timbangan dan kamu akan makan namun tidak menjadi kenyang.

27 Apabila dalam hal ini kamu tidak mendengarkan Aku, dan kamu berjalan melawan Aku,

28 maka Aku akan berjalan melawanmu dengan keras, dan Aku sendiri akan menghajarmu tujuh kali atas dosa-dosamu.

29 Dan kamu akan makan daging anak-anak laki-lakimu, dan kamu akan makan daging anak-anak perempuanmu.

30 Aku akan memusnahkan tempat-tempat pemujaanmu, dan menghancurkan patung-patung berhalamu; dan Aku akan menyusun mayat-mayatmu di atas puing-puing berhala-berhalamu, dan jiwa-Ku muak denganmu.

31 Aku akan membuat kota-kotamu menjadi reruntuhan dan Aku akan merusak tempat-tempat kudusmu, dan Aku tidak mau lagi menghirup wewangian yang menyenangkan darimu.

32 Aku akan menghancurkan negeri itu, dan musuh-musuhmu yang tinggal di sana akan membuatnya sunyi.

33 Aku akan menyerakkan kamu ke antara bangsa-bangsa. Dan Aku akan menghunus pedang di belakangmu, dan negerimu akan menjadi tandus dan kota-kotamu akan mengalami kesunyian.

34 Pada waktu itu negeri itu akan menjadi puas dengan sabatsabatnya selama masa kesunyiannya, dan kamu berada di negeri musuh-musuhmu, pada waktu itu negeri itu akan beristirahat dan akan menikmati sabat-sabatnya.

35 Negeri itu akan beristirahat selama masa kesunyiannya, dan akan mengalami apa yang belum pernah terjadi ketika kamu tinggal di sana.

36 Mereka yang tersisa dari antaramu, Aku juga akan mendatangkan ketakutan ke dalam hati mereka di negeri yang menjadi musuh-musuh mereka, dan bunyi daun yang bergerak akan mengejar mereka, dan mereka akan melarikan diri —pelarian dari kejaran pedang— dan mereka akan jatuh ketika tak seorang pun mengejar.

37 Mereka akan menjatuhkan seorang terhadap yang lain seperti di hadapan sebuah pedang, bahkan ketika tak seorang pun mengejar, dan mereka tidak akan memiliki kekuatan untuk berdiri di depan musuh-musuhmu.

38 Dan kamu akan binasa di antara bangsa-bangsa, dan negeri yang menjadi musuh-musuhmu akan melahapmu.

39 Dan yang tersisa dari antaramu akan membusuk oleh kesalahannya di negeri-negeri yang menjadi musuh-musuhmu. Dan juga oleh kesalahan leluhurnya, mereka akan membusuk bersamanya.

40 Dalam pengkhianatannya, mereka akan mengakui kesalahan mereka dan kesalahan leluhur mereka ketika berkhianat kepadaKu dan juga ketika mereka berjalan bertentangan dengan Aku.

41 Aku akan berjalan bertentangan dengan mereka dan Aku akan membawa mereka masuk ke negeri musuh-musuhnya, kecuali hati mereka yang tidak bersunat itu mau merendahkan diri dan pada waktu itu mereka jemu akan kesalahan mereka.

42 Maka Aku akan mengingat perjanjian-Ku dengan Yakub, dan juga perjanjian-Ku dengan Ishak, dan juga perjanjian-Ku dengan Abraham, dan Aku akan mengingat negeri itu.

43 Namun, negeri itu akan ditinggalkan oleh mereka, dan biarlah ia menjadi kenyang akan sabat-sabatnya dalam keterpencilannya dari mereka. Dan mereka akan menjadi kenyang oleh kesalahan mereka, bahkan karena mereka telah menolak penghakiman-Ku dan jiwa mereka membenci ketetapan-ketetapan-Ku.

44 Lebih jauh dari itu, dalam keberadaan mereka di negeri musuh-musuhnya, Aku tidak menolak mereka, juga tidak membenci mereka dengan melenyapkan mereka, sehingga membatalkan perjanjian-Ku dengan mereka, karena Akulah YAHWEH, Elohim mereka.

45 Mengenai mereka, Aku mengingat perjanjian mereka yang dahulu, saat Aku membuat mereka keluar dari tanah Mesir di mata bangsa-bangsa lain, untuk menjadi Elohim atas mereka; Akulah YAHWEH.

46 Inilah ketetapan-ketetapan dan peraturan-peraturan dan hukum-hukum yang telah YAHWEH buat antara Dia dan bani Israel di gunung Sinai dengan perantaraan Musa."

Imamat 25
Imamat 27