Zakharia 1

Klik untuk mengganti ayat
Seruan Untuk Bertobat

Dalam bulan kedelapan, pada tahun kedua, pemerintahan Darius, datanglah firman YAHWEH kepada nabi Zakharia anak Berekhya, anak Ido, dengan mengatakan,

"YAHWEH sangat murka terhadap leluhurmu.

Maka engkau harus mengatakan kepada mereka: Beginilah YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam, berfirman: Berbaliklah kepada-Ku, firman YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam, maka Aku akan berbalik kepadamu, firman YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam.

Janganlah kamu seperti leluhurmu, yang oleh para nabi terdahulu telah disampaikan berita dengan berkata: Beginilah YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam berfirman: Sekarang berbaliklah dari jalan-jalanmu dan dari perbuatan-perbuatanmu yang jahat; tetapi mereka tidak mendengarkandan tidak memerhatikan kepada-Ku, firman YAHWEH.

Dimanakah para leluhurmu dan para nabi itu, apakah mereka hidup selama-lamanya?

Sesungguhnya firman dan ketetapan-Ku yang telah Kuperintahkan kepada hamba-hamba-Ku, para nabi, bukankah semuanya itu telah sampai kepada leluhurmu? Tetapi mereka berpaling dan berkata: Seperti yang telah direncanakan oleh YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam untuk dilakukan terhadap kita sesuai dengan tingkah laku dan perbuatan-perbuatan kita, begitulah dilakukan-Nya terhadap kita."

Pada hari kedua puluh empat, bulan kesebelas, yaitu bulan Shebat, dalam tahun kedua pemerintahan Darius, datanglah firman YAHWEH kepada nabi Zakharia anak Berekhya anak Ido, dengan mengatakan,

Penglihatan Pertama: Penunggang Kuda

"Malam itu aku melihat, tampaklah seseorang yang menunggang kuda merah dan ia berhenti di antara pohon-pohon kemenyan yang berada di lembah, dan di belakangnya ada kuda-kuda merah, berbintik kemerahan, dan putih.

Kemudian aku berkata: Ya tuanku, apakah artinya ini? Lalu malaikat yang sedang berbicara denganku itu mengatakan: Aku akan memperlihatkan kepadamu apa artinya ini.

10 Lalu orang yang berhenti di antara pohon-pohon kemenyan itu menjawab dengan mengatakan: Inilah mereka yang telah diutus YAHWEH untuk berjalan mengelilingi bumi.

11 Lalu mereka menjawab malaikat YAHWEH yang berhenti di antara pohon-pohon kemenyan itu, dengan mengatakan: Kami telah berjalan mengelilingi bumi, dan tampaklah seluruh bumi tenang dan damai.

12 Kemudian malaikat YAHWEH itu menjawab dengan mengatakan: Ya YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam, sampai kapankah Engkau tidak berbelaskasihan kepada Yerusalem dan kepada kota-kota Yehuda, yang telah Engkau murkai selama tujuh puluh tahun ini?

13 YAHWEH menjawab malaikat yang berbicara denganku itu dengan kata-kata yang baik dan penuh penghiburan.

14 Lalu malaikat yang berbicara denganku itu berkata: Berserulah, beginilah YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam, berfirman: Aku cemburu kepada Yerusalem dan kepada Sion dengan kecemburuan yang besar.

15 Aku marah dengan murka yang besar terhadap bangsa-bangsa yang merasa dirinya aman, sebab ketika Aku menahan amarah-Ku, mereka membantu menimbulkan kejahatan.

16 Sebab itu, beginilah YAHWEH berfirman: Aku telah kembali ke Yerusalem dengan belas kasihan, Bait-Ku akan dibangun, firman YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam; dan tali pembatas akan direntangkan atas Yerusalem.

17 Serukanlah lagi, beginilah YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam berfirman: Lagi pula, kota-kota-Ku akan berlimpah-limpah dengan kebaikan, dan YAHWEH masih akan menghibur Sion dan memilih Yerusalem."

Penglihatan Kedua: Empat Tanduk dan Perajin

18 "Lalu aku mengarahkan pandanganku untuk melihat, dan tampaklah empat tanduk.

19 Aku berkata kepada malaikat yang berbicara denganku: Apakah artinya ini? Dia berkata kepadaku: Ini adalah tanduk-tanduk yang telah menyerakkan Yehuda, Israel, dan Yerusalem.

20 YAHWEH memperlihatkan kepadaku empat orang perajin.

21 Aku berkata: Orang-orang ini datang untuk melakukan apa? Lalu Dia menjawab dengan mengatakan: Inilah tanduk-tanduk yang telah menyerakkan Yehuda sehingga tidak seorang pun yang mengangkat kepalanya. Namun, mereka ini datang untuk mengganggu Yehuda dan untuk melemparkan tanduk-tanduk bangsabangsa asing, yang terangkat melawan negeri Yehuda, untuk menyerakkannya."