Yunus 1

Klik untuk mengganti ayat
Pelarian Yunus

YAHWEH berfirman kepada Yunus, anak Amitai,

"Bangunlah,pergilah ke Niniwe, kota yang besar itu, berserulah kepada mereka, bahwa kejahatan mereka telah sampai ke hadapan-Ku."

Tetapi bangunlah Yunus, dan melarikan diri menuju Tarsis jauh dari hadapan YAHWEH. Pergilah ia ke Yafo dan mendapat sebuah kapal yang akan berangkat ke Tarsis. Setelah membayar biaya perjalanannya, turunlah ia ke bagian dalam kapal itu, lalu pergi bersama dengan mereka ke Tarsis, jauh dari hadapan YAHWEH.

Maka YAHWEH menurunkan angin kencang ke atas laut lalu terjadilah badai yang dahsyat, sehingga kapal itu hampir hancur.

Para awak kapal yang ketakutan itu berseru-seru kepada ilahnya. Mereka melemparkan barang-barang yang ada di dalam kapal ke laut untuk meringankan kapal itu. Namun Yunus yang telah turun ke bagian dalam kapal itu sedang berbaring dan tertidur lelap.

Nakhoda kapal mendatanginya dan berkata, "Bagaimana mungkin engkau tidur dengan nyenyak? Bangunlah, berserulah kepada ilahmu, barangkali ia akan pedulikan kita, sehingga kita tidak mati."

Mereka masing-masing berkata seorang kepada yang lain, "Marilah kita membuang undi untuk mengetahui siapakah yang menyebabkan bencana ini sehingga terjadi atas kita." Kemudian mereka membuang undi, dan Yunuslah yang kena undi.

Lalu kata mereka kepadanya, "Beritahukanlah, karena siapakah bencana ini terjadi pada kami? Apakah pekerjaanmu? Dari manakah engkau datang? Di manakah negerimu? Dari bangsa manakah engkau?"

Jawabnya kepada mereka, "Aku adalah orang Ibrani, dan aku hormat akan YAHWEH, Elohim Semesta Langit, yaitu Dia yang telah menciptakan laut dan darat."

10 Orang-orang itu menjadi sangat takut dan berkata kepadanya, "Apakah yang telah engkau perbuat?" Orang-orang itu mengetahui bahwa ia telah melarikan diri dari hadapan YAHWEH. Karena ia telah menceritakan hal itu kepada mereka.

11 Lalu mereka berkata kepadanya, "Apakah yang harus kami lakukan terhadapmu, supaya laut di sekitar kita menjadi tenang, karena laut semakin bergelora dengan hebatnya?"

12 Ia berkata kepada mereka, "Angkatlah aku dan lemparkan ke dalam laut, maka laut di sekitarmu akan tenang. Sekarang aku tahu, bahwa badai besar ini terjadi atasmu oleh karena aku."

13 Meskipun orang-orang itu berusaha keras mendayung untuk membawa perahu itu kembali ke daratan, tetapi mereka tidak mampu karena laut semakin bergelora menghempas mereka.

14 Karena itu, mereka berseru kepada YAHWEH dan berkata, "Kami memohon kepada-Mu, ya YAHWEH, janganlah biarkan kami mati karena nyawa orang ini, dan janganlah kami menanggung darah orang yang tidak bersalah. Engkau, ya YAHWEH telah bertindak sesuai kehendak-Mu."

15 Lalu mereka mengangkat Yunus dan melemparkannya ke laut, dan laut pun menjadi tenang.

16 Orang-orang itu menjadi sangat hormat kepada YAHWEH lalu mereka mempersembahkan kurban sembelihan kepada YAHWEH dan bernazar.

17 Atas ketentuan YAHWEH, seekor ikan yang sangat besar menelan Yunus. Yunus pun berada di dalam perut ikan selama tiga hari tiga malam.