Yudas 1

Klik untuk mengganti ayat
Salam

Dari Yudas, seorang hamba YESUS Kristus dan saudara Yakobus. Kepada mereka yang terpanggil, yang telah dikuduskan dalam Elohim, Bapa, yang dipelihara dalam YESUS Kristus.

Kemurahan dan damai sejahtera dan kasih, dilimpahkannya bagimu.

Orang Fasik Menyalah Gunakan Anugerah

Saudara-saudaraku yang terkasih, dengan sungguh-sungguh aku berusaha menulis kepadamu mengenai keselamatan kita bersama, aku perlu menulis ini kepada kamu, aku menasihati agar kamu berjuang untuk iman yang pernah disampaikan kepada orang-orang kudus.

Karena ada orang-orang tertentu yang menyusup diam-diam di tengah-tengah kamu, mereka itu yang sejak dahulu telah ditentukan untuk dihukum, yaitu orang-orang fasik yang menyalahgunakan anugerah Elohim kita untuk memuaskan nafsu birahinya, dan yang menyangkal satu-satunya Elohim, Penguasa, dan Tuhan kita YESUS Kristus.

Contoh Kesesatan

Aku ingin agar kamu mengingat hal ini, meskipun kamu mengetahui bahwa TUHAN pernah menyelamatkan umat-Nya dari tanah Mesir, kemudian Dia membinasakan mereka yang tidak percaya.

Aku ingin agar kamu mengingat hal ini, meskipun kamu mengetahui bahwa TUHAN pernah menyelamatkan umat-Nya dari tanah Mesir, kemudian Dia membinasakan mereka yang tidak percaya.

Seperti Sodom dan Gomora serta kota-kota di sekitarnya yang serupa dengannya yang melakukan percabulan dan mengumbar kepuasan secara tidak wajar, telah disediakan hukuman api yang kekal, demikianlah mereka telah dijadikan peringatan bagi semua orang.

Demikian orang-orang yang bermimpi impian kotor ini juga mencemarkan tubuh mereka dan menghina kekuasaan Elohim serta menghujat semua yang mulia di surga.

Namun Mikhael, penghulu malaikat itu, ketika berselisih dengan iblis mengenai mayat Musa, ia tidak berani menghakimi dengan katakata hujatan, tetapi ia berkata, "Kiranya TUHAN menghardik engkau!"

10 Namun mereka itu sesungguhnya menghujat hal-hal yang tidak mereka ketahui, tetapi hanya memahaminya secara alami, mereka seperti binatang yang tidak berakal; karena itulah mereka binasa.

11 Celakalah mereka, karena mereka mengikuti jalan hidup Kain, dan mereka terjerumus ke dalam kesesatan Bileam dalam hal upah, lalu mereka binasa dalam pemberontakan Korah.

Hukuman Atas Orang Fasik

12 Mereka ini adalah noda dalam perjamuan kasihmu karena turut makan dan mengenyangkan dirinya sendiri tanpa rasa malu. Bagaikan awan tanpa air yang ditiup angin. Bagaikan pohon pada musim gugur yang tidak berbuah, yang benar-benar telah mati dan tercabut seakar-akarnya

13 Bagaikan gelombang laut yang menghasilkan buih keaiban mereka sendiri. Bagaikan bintang-bintang yang beredar, yang bagi mereka telah disediakan pekatnya kegelapan untuk selamanya.

14 Dan Henokh, generasi ketujuh dari Adam, telah bernubuat kepada mereka: "Lihatlah, TUHAN datang dengan berlaksa-laksa orang kudus-Nya,

15 untuk menghakimi semua orang, dan menghukum semua orang fasik karena segala perbuatan fasik yang mereka lakukan, dan karena kata-kata hinaan yang diucapkan oleh orang-orang berdosa terhadap Dia."

16 Mereka ini adalah orang-orang yang suka menggerutu dan yang tidak pernah puas, mereka berjalan menuruti keinginannya, dan mulut mereka mengucapkan katakata congkak serta mencari muka demi keuntungannya sendiri.

17 Saudara-saudaraku yang terkasih, ingatlah perkataan yang telah diucapkan sebelumnya oleh para rasul Tuhan kita YESUS Kristus.

18 Sebab mereka telah berkata kepadamu, bahwa pada zaman akhir akan ada para pencemooh yang hidup menurut keinginannya yang jahat.

19 Mereka ini adalah orang-orang duniawi, yang menyebabkan perpecahan, dan yang tidak memiliki Roh.

Membangun Iman dan Berdoa Dalam Roh

20 Akan tetapi kamu saudara-saudaraku yang terkasih, bangunlah dirimu sendiri di atas imanmu yang paling kudus dan berdoalah dalam Roh Kudus.

21 Jagalah dirimu di dalam kasih Elohim dan nantikanlah kemurahan Tuhan kita YESUS Kristus untuk hidup yang kekal.

22 Tunjukkanlah belas kasihan kepada mereka yang bimbang.

23 Selamatkanlah mereka yang ada dalam ketakutan, dan tariklah mereka dari api, dan bencilah pakaiannya yang dicemari oleh kedagingan.

24 Bagi Dia yang berkuasa untuk memelihara kamu agar tidak jatuh, dan yang dengan sukacita besar menempatkan kamu tanpa cela di hadapan kemuliaan-Nya,

25 bagi Dia satu-satunya Elohim yang bijaksana, dan Juruselamat kita YESUS Kristus, bagi Dialah kemuliaan dan kebesaran, kekuasaan dan kuasa, sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.