Yoshua 1

Klik untuk mengganti ayat
Tugas Yoshua

Setelah kematian Musa, hamba YAHWEH, berfirmanlah YAHWEH kepada Yoshua anak Nun, pelayan Musa, dengan berkata,

"Musa, hamba-Ku telah mati. Sekarang bangkitlah, engkau dan seluruh umat ini, seberangilah sungai Yordan ini, ke negeri yang akan Kuberikan kepada mereka, kepada bani Israel.

Setiap tempat yang akan diinjak kakimu telah Aku berikan kepadamu, sebagaimana telah Aku katakan kepada Musa:

Dari padang gurun ini hingga ke Libanon sana, dan dari sungai besar, sungai Efrat, meliputi negeri orang Het hingga ke laut besar arah terbenamnya matahari, itulah yang menjadi batas wilayahmu.

Tidak akan ada seorang pun yang sanggup berdiri di hadapanmu seumur hidupmu. Sebagaimana Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertaimu. Aku tidak akan mengabaikanmu dan Aku tidak akan meninggalkanmu.

Jadilah kuat dan berani,karena engkau akan memimpin bangsa ini mewarisi negeri yang telah Aku janjikan dengan sumpah kepada para leluhur mereka, untuk memberikannya kepada mereka.

Hanya, hendaklah engkau sungguh- sungguh menjadi kuat dan berani, bertindaklah dengan hatihati sesuai segala hukum yang telah diperintahkan hamba-Ku Musa, kepadamu. Janganlah menyimpang dari padanya ke kanan atau ke kiri, supaya engkau berhasil ke mana pun engkau pergi.

Kitab Taurat ini harus selalu kamu baca dan perkatakan; renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya,dengan demikian perjalananmuakan sukses dan engkau menjadi makmur.

Bukankah Aku telah memerintahkan engkau: Jadilah kuat dan berani! Janganlah takut atau berkecil hati, karena YAHWEH, Elohimmu, menyertaimu di segala tempat ke mana engkau pergi."

Yoshua Mempersiapkan Umat Israel

10 Yoshua memerintahkan para pemimpin bangsa itu, katanya,

11 Berjalanlah melewati perkemahan dan beritahukanlah kepada bangsa itu: Siapkanlah bekal untuk dirimu. Sebab dalam tiga hari kamu akan menyeberangi sungai Yordan ini untuk masuk memiliki negeri yang akan YAHWEH, Elohimmu, berikan kepadamu."

12 Yoshua berbicara kepada orang Ruben, orang Gad dan kepada setengah dari suku Manashe, dengan berkata,

13 "Ingatlah perkataan yang telah Musa, hamba YAHWEH perintahkan kepadamu yang berkata: YAHWEH, Elohimmu, telah memberikan kamu perhentian, dan Dia telah memberikan kepadamu negeri ini.

14 Istri-istrimu, anak-anakmu dan ternakmu, akan tinggal di negeri yang telah Musa berikan kepadamu di seberang sungai Yordan. Namun kamu, dan semua prajurit yang gagah perkasa, haruslah menyeberang dengan bersenjata di depan saudara-saudaramu dan menolong mereka,

15 sampai YAHWEH memberikan perhentian kepada saudara-saudaramu, seperti kepadamu, dan mereka juga telah memiliki negeri yang diberikan oleh YAHWEH, Elohimmu kepada mereka; kemudian barulah kamu boleh kembali ke negeri milikmu untuk ditempati di seberang Yordan arah terbitnya matahari, yang telah diberikan kepadamu oleh Musa, hamba YAHWEH itu."

16 Mereka menjawab Yoshua, dengan berkata, "Kami akan melakukan semua yang engkau perintahkan kepada kami; dan kami akan pergi ke mana pun engkau mengutus kami.

17 Sama seperti kami mendengarkan Musa dalam segala sesuatu, demikianlah kami akan mendengarkan engkau. Sesungguhnya YAHWEH, Elohimmu, menyertaimu, sama seperti Dia menyertai Musa.

18 Setiap orang yang melawan perkataanmu, dan tidak mau mendengarkan segala perintah yang engkau katakan kepadanya, maka haruslah ia dihukum mati. Karena itu jadilah kuat dan berani!"