Yoel 1

Klik untuk mengganti ayat

Firman YAHWEH yang datang kepada Yoel anak Petuel.

Tulah Belalang

Dengarlah, hai para tua-tua, pasanglah telingamu, hai semua penduduk negeri. Pernahkah hal seperti ini terjadi di zamanmu, atau di zaman leluhurmu?

Ceritakanlah kepada anak-anakmu, supaya anak-anakmu menceritakannya kepada anak-anak mereka, dan anak-anak mereka menceritakan kepada generasi berikutnya.

Segala yang disisakan ulat pengerip, telah dimakan belalang pengeriap; segala yang disisakan belalang pengeriap, dimakan belalang perayap; dan segala yang disisakan belalang perayap, dimakan belalang penggundul.

Bangunlah pemabuk dan menangislah. Merataplah atas anggur manis, hai semua peminum anggur, karena anggur itu telah dirampas dari mulutmu.

Sebab suatu bangsa yang kuat dan tidak terhitung jumlahnya telah menyerang negeriku; suatu bangsa yang giginya serupa gigi seekor singa, dan memiliki taring seekor singa betina.

Ia merusak pohon anggurku dan membuat pohon araku menjadi potongan-potongan. Ia mengupas habis kulitnya dan melemparkannya, sehingga cabang-cabangnya menjadi putih.

Merataplah seperti perawan yang berikatkan kain kabung, atas tunangan masa mudanya.

Persembahan sajian dan persembahan curahan telah dihentikan dari Bait YAHWEH, para imam yang melayani YAHWEH telah berdukacita.

10 Ladang-ladang telah dirusak dan tanah telah berkabung; karena biji-bijian telah dihancurkan, tunas pohon anggur menjadi kering, dan minyak semakin menipis.

11 Jadilah malu hai para petani, mengeranglah hai pengurus kebun anggur, sebab telah musnah ladang tuaian gandum dan jelai.

12 Tanaman anggur menjadi kering, dan pohon ara telah layu; pohon delima, pohon kurma, pohon apel dan segala pohon di ladang telah menjadi kering, sebab kegembiraan anak-anak manusia telah berakhir.

13 Persiapkan dirimu, dan merataplah hai para imam; mengeranglah hai para pelayan mezbah; masuklah, bermalamlah dengan pakaian kain kabung hai para pelayan Elohimku, karena persembahan sajian dan persembahan curahan telah ditolak dari Bait Elohimmu.

14 Kuduskanlah puasamu, adakanlah suatu pertemuan raya, kumpulkanlah semua tua-tua penduduk negeri ke dalam Bait YAHWEH Elohimmu, dan berserulah kepada YAHWEH.

Hari YAHWEH yang Dahsyat Sudah Dekat

15 Ah, Hari itu! Sungguh Hari YAHWEH semakin dekat, akan datang suatu penghancuran dari Yang Mahakuasa.

16 Bukankah di hadapan kita, makanan, sukacita dan kegembiraan telah dihentikan dari Bait Elohim kita?

17 Benih-benih telah mengering di bawah bongkahan tanahnya, gudang-gudang telah ditelantarkan, lumbung-lumbung telah dihancurkan, karena biji-bijian telah menjadi kering.

18 Betapa binatang buas telah mengerang dan kawanan ternak telah menjadi bingung, karena tidak ada lagi padang rumput bagi mereka,bahkan kawanan domba-domba telah dimusnahkan.

19 Ya, YAHWEH, kepada-Mu aku berseru, karena api telah melahap lahan-lahan penggembalaan di padang gurun, dan kobaran api telah membakar seluruh pepohonan di ladang.

20 Bahkan binatang-binatang buas di ladang terus berteriak kepada-Mu, karena saluran-saluran airnya telah kering, dan api telah membakar lahan-lahan penggembalaan di padang gurun.