Yesaya 40

Klik untuk mengganti ayat
Firman Yang Menghibur

"Hiburkanlah, hiburkanlah umat-Ku!" Elohimmu berfirman.

Berbicaralah ke dalam hati orang Yerusalem, ya, beritakanlah kepadanya bahwa peperangan telah selesai, bahwa kejahatannya telah diampuni, karena dia telah menerima dari tangan YAHWEH dua kali untuk semua dosanya.

Ada suara yang berseru di padang gurun, "Persiapkanlah jalan YAHWEH, luruskanlah jalan raya di belantara bagi Elohim kita.

Setiap lembah akan ditinggikan, dan setiap gunung dan bukit akan direndahkan, dan bukit yang curam akan menjadi tempat rata, dan yang berlekuk-lekuk akan menjadi dataran.

Dan kemuliaan YAHWEH akan dinyatakan, dan semua manusia akan melihat bersama-sama, karena mulut YAHWEH telah mengatakannya."

Ada suara yang berkata, "Berserulah!" Dan aku berkata, "Apakah yang harus kuserukan?" "Semua manusia adalah rumput, dan semua perbuatan baiknya seperti bunga di padang.

Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, apabila Roh YAHWEH dihembuskan kepadanya. Sesungguhnya manusia itu adalah rumput.

Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, tetapi firman Elohim kita akan tetap untuk selamanya."

Kabar Keselamatan Dari Tuhan

Hai Sion pembawa kabar baik, naiklah engkau ke atas gunung yang tinggi. Angkatlah suaramu dengan kekuatan, hai Yerusalem pembawa kabar baik. Angkatlah suara dengan kekuatanmu. Lihatlah, jangan takut, katakanlah kepada kota-kota Yehuda, "Lihatlah Elohimmu!

10 Lihatlah, Tuhan YAHWEH akan datang dengan kekuatan tangan-Nya, dan lengan-Nya memerintah bersama-Nya. Lihatlah, upah-Nya ada bersama-Nya, dan pahala-Nya ada di hadapan-Nya.

11 Dia akan memberi makan kawanan domba-Nya seperti seorang gembala, Dia akan mengumpulkan anak-anak domba dengan tangan-Nya, dan dalam pelukan-Nya Dia membawa mereka, Dia merawat dan memimpinnya."

YAHWEH Penguasa Bangsa-Bangsa

12 Siapakah yang telah menakar air di dalam lekuk telapak tangan-Nya? Dan mengukur langit dengan jengkal, dan menghitung debu tanah dengan ukuran, dan menimbang gunung-gunung dengan neraca, dan bukit-bukit dalam timbangan?

13 Siapakah yang dapat mengatur Roh YAHWEH, atau memberi tahu Dia sebagai penasihat?

14 Kepada siapakah Dia meminta nasihat, dan yang membuat Dia mengerti dan mengajari-Nya jalan keadilan; dan mengajari-Nya pengetahuan, dan menunjukkan kepada-Nya jalan kearifan?

15 Lihatlah, bangsa-bangsa seperti setetes air pada keranjang dan diperhitungkan seperti debu pada sebuah neraca. Lihatlah, Dia mengangkat pulau-pulau seperti benda kecil.

16 Dan Libanon tidak cukup untuk membakar, ataupun binatang-binatangnya tidak cukup untuk sebuah persembahan bakaran.

17 Semua bangsa seperti tidak ada di hadapan-Nya; bagi-Nya mereka dianggap tidak lebih daripada kehampaan dan kekosongan.

Tidak Ada yang Sama Seperti YAHWEH

18 Dan dengan siapakah kamu menyamakan Elohim? Dalam keserupaan apakah dapat kamu sejajarkan Dia?

19 Seniman telah menuang patung tuangan, dan pemoles akan melapisinya dengan emas dan rantai-rantai perak.

20 Ia yang terlalu miskin untuk sebuah patung tuangan, memilih pohon yang tidak akan lapuk, ia mencari seorang pematung yang terampil baginya, untuk mempersiapkan sebuah patung ukiran yang tidak bergerak.

21 Tidakkah kamu ketahui? Tidakkah kamu mendengar? Bukankah itu telah diceritakan kepadamu sejak permulaannya? Tidakkah kamu memahaminya sejak adanya dasar-dasar bumi?

22 Dia yang duduk di atas bulatan bumi, yang penghuninya di dalamnya adalah seperti belalang; Dia yang membentangkan langit seperti sebuah tabir, dan menghamparkannya seperti kemah untuk tinggal di dalamnya.

23 Dia yang menempatkan penguasa-penguasa ke dalam kehampaan, Dia membuat hakim-hakim di bumi seperti kesia-siaan.

24 Ya, mereka tidak akan ditanam, ya, mereka tidak akan ditabur, ya, keturunan mereka tidak akan berakar di bumi. Dia akan meniup mereka, dan mereka akan layu, dan puting beliung mengangkat mereka seperti jerami.

25 Dan kepada siapakah engkau akan membandingkan Aku, atau menyamakan Aku?" firman Yang Mahakudus.

26 Pandanglah ke tempat yang tinggi dan pandanglah, siapakah yang menciptakan semua ini? Siapakah yang membawa ke luar sejumlah tentara ini? Dengan kebesaran kekuatan, dan keperkasaan kuasa, Dia memanggil mereka semua sesuai dengan namanya, tidak satu pun yang gagal.

27 Mengapakah engkau berkata, "Ya Yakub," dan berbicara,"Ya Israel, jalanku tersembunyi dari YAHWEH, dan keadilanku dilewati oleh Elohimku."

28 Tidakkah engkau tahu? Tidakkah engkau dengar? Elohim yang kekal, YAHWEH, Dialah yang menciptakan ujung-ujung bumi; Dia tidak menjadi lemah, dan tidak menjadi lesu, tidak terselami pengertian-Nya.

29 Dia memberikan kekuatan kepada yang lemah, dan Dia menambahkan kekuatan kepada yang tidak berdaya.

30 Bahkan orang-orang muda menjadi lesu dan lelah, dan teruna-teruna jatuh tersandung;

31 tetapi orang-orang yang menanti-nantikan YAHWEH, akan diperbaharui kekuatannya, mereka akan naik dengansayap seperti rajawali; mereka akan berlari dan tidak menjadi lesu, mereka akan berjalan dan tidak menjadi lelah.