Yesaya 1

Klik untuk mengganti ayat

Penglihatan Yesaya anak Amos, yang dilihatnya tentang Yehuda dan Yerusalem pada zaman Uzia, Yotam, Ahas, dan Hizkia, raja-raja Yehuda.

Yehuda Dalam Pencobaan

Dengarlah hai langit, dan perhatikanlah hai bumi. Sebab YAHWEH berfirman, "Aku telah merawat dan membesarkan anak-anak, tetapi mereka memberontak melawan Aku.

Lembu mengenal pemiliknya, dan keledai mengenal palungan yang disediakan tuannya, tetapi Israel tidak, umat-Ku ini tidak memahaminya."

Celakalah bangsa yang berdosa, umat yang penuh dengan kejahatan, keturunan orang jahat, anak-anak yang rusak. Mereka telah meninggalkan YAHWEH, mereka telah merendahkan Yang Mahakudus Israel, mereka telah berpaling dan membelakangi-Nya.

Mengapa kamu harus dipukul lagi? Akankah kamu terus saja memberontak? Seluruh kepala sakit, dan segenap hati lemah.

Bagian tubuhmu tidak ada yang sehat, dari telapak kaki sampai kepala, bengkak, bilur dan luka baru; tidak ditutup, tidak dibalut, ataupun diolesi dengan minyak.

Negerimu hancur, kota-kotamu dibakar habis, orang asing melahap hasil tanahmu di depan matamu, negerimu sudah hancur dan menjadi sunyi sepi, seperti dibinasakan oleh orang-orang asing.

Putri Sion ditinggalkan seperti pondok di kebun anggur, seperti gubuk di kebun mentimun, seperti kota yang terkepung.

Jika YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam, tidak meluputkan beberapa orang bagi kita, maka kita akan menjadi seperti Sodom dan Gomora.

Ketaatan Lebih Daripada Kurban

10 Dengarlah firman YAHWEH, penguasa-penguasa Sodom, perhatikanlah pengajaran Elohim kami, orang-orang Gomora.

11 "Untuk apakah kurbanmu yang sebanyak itu bagi-Ku? "firman YAHWEH," Aku sudah bosan dengan persembahan bakaran domba jantan, dan lemak dari ternak yang gemuk, dan darah lembu jantan, domba dan kambing jantan Aku tidak menginginkannya.

12 Ketika kamu datang menghadap wajah-Ku, siapakah yang menuntut hal ini dari tanganmu, untuk menginjak-injak pelataran-Ku?

13 Jangan lagi menambahkan persembahan yang sia-sia, baunya adalah kekejian bagi-Ku, apabila kamu merayakan bulan baru dan Sabat, serta panggilan pertemuan, bahkan pertemuan raya, Aku tidak tahan melihatnya,itu adalah kejahatan.

14 Bulan-bulan barumu dan perayaan-perayaan kudusmu, Aku benci melihatnya. Itu adalah beban bagi-Ku, Aku lelah menanggungnya.

15 Pada saat engkau mengangkat tanganmu untuk berdoa, Aku akan menyembunyikan mata-Ku darimu,juga pada saat engkau terus-menerus berdoa,Aku tidak akan mendengar, sebab tanganmu penuh dengan darah.

16 Basuhlah dirimu, buatlah dirimu bersih. Jauhkanlah perbuatan jahatmu dari depan mata-Ku, berhentilah melakukan kejahatan.

17 Belajarlah melakukan yang baik, carilah keadilan, hiburlah orang yang tertindas, belalah hak yatim piatu, perjuangkanlah perkara kaum janda."

Merah Menjadi Putih

18 "Datanglah sekarang, dan marilah kita beperkara, YAHWEH berfirman: Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih bagaikan salju, sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih bagaikan bulu domba.

19 Jika kamu mau dan taat, kamu akan makan hasil yang baik dari tanah ini.

20 Namun jika kamu menolak dan memberontak, kamu akan dimakan oleh pedang," sebab YAHWEH telah berfirman.

Sion Ditebus

21 Bagaimana kota yang dulu setia telah menjadi sundal? yang dulu dipenuhi keadilan, dan kebenaran, tetapi sekarang didiami pembunuh.

22 Perakmu telah menjadi rongsokan; anggurmu telah tercampur dengan air.

23 Para penguasamu adalah pemberontak, dan sekutu para pencuri, semua orang mencintai suap dan mengejar upah; mereka tidak membela anak yatim, perselisihan para janda tidak sampai kepada mereka.

24 Oleh karena itu, firman Tuhan YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam, Yang Mahakuat Israel, "Aku akan menikmati ketenteraman atas lawan-Ku, dan Aku sendiri akan menuntut balas kepada musuh-musuh-Ku.

25 Aku akan bertindak kepadamu, dan membersihkan kamu seperti pemurnian logam, dan Aku akan membuang semua kotoran dari padamu.

26 Dan Aku akan memulihkan hakim-hakimmu seperti semula, dan para penasihatmu seperti sediakala. Sesudah ini kamu akan disebut kota kebenaran, kota yang setia."

27 Sion akan ditebus, dengan penghakiman yang adil dan orang-orangnya akan kembali dengan kebenaran.

28 Tetapi orang-orang durhaka dan orang-orang berdosa akan dihancurkan bersama-sama, dan mereka yang meninggalkan YAHWEH akan dilenyapkan.

29 Mereka akan dipermalukan karena pohon-pohon keramat yang kamu rindukan, dan kamu akan direndahkan karena taman-taman untuk dewa yang kamu pilih.

30 Sebab kamu akan menjadi seperti pohon yang daunnya berguguran, dan seperti taman yang tanpa aliran air.

31 Yang kuat akan menjadi seperti bunga api, dan pekerjaannya seperti percikan api, dan mereka berdua akan dibakar bersama-sama, dan tidak seorang pun akan memadamkan mereka.