Yeremia 1

Klik untuk mengganti ayat

Perkataan-perkataan Yeremia anak Hilkia, seorang imam dari Anatot, di tanah Benyamin,

yang kepadanya firman YAHWEH telah datang pada zaman Yosia anak Amon, raja Yehuda, pada tahun ketiga belas masa pemerintahannya.

Hal ini juga terjadi pada zaman Yoyakim anak Yosia, raja Yehuda, sampai berakhirnya tahun kesebelas bagi Zedekia anak Yosia, raja Yehuda, pada masa pembuangan Yerusalem di bulan kelima.

Panggilan Yeremia

Kemudian datanglah firman YAHWEH kepadaku, yang mengatakan,

"Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim, Aku telah mengenalmu, sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskanmu, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa."

Lalu aku berkata, "Ah, Tuhan YAHWEH! Lihatlah, aku tidak pandai berbicara karena aku masih muda."

Namun, YAHWEH berfirman kepadaku, "Jangan berkata: Aku masih muda, sebab engkau harus pergi ke mana pun Aku mengutusmu. Dan semua yang Aku perintahkan kepadamu, engkau harus mengatakannya.

Janganlah takut terhadap mereka, karena Aku bersamamu untuk membebaskan engkau," firman YAHWEH.

Lalu YAHWEH mengulurkan tangan-Nya, dan menyentuh mulutku. Kemudian YAHWEH berfirman kepadaku, "Sesungguhnya, Aku telah menaruh firman-Ku di mulutmu.

10 Lihatlah! Pada hari ini Aku telah menetapkan engkau atas bangsa-bangsa, dan atas kerajaan-kerajaan, untuk mencabut dan untuk meruntuhkan, untuk menghancurkan dan untuk menghempaskan, untuk membangun, dan untuk menanam."

11 Kemudian datanglah firman YAHWEH kepadaku, mengatakan, "Apa yang engkau lihat, Yeremia?" Dan aku berkata, "Aku melihat sebatang dahan pohon badam."

12 Lalu YAHWEH berfirman kepadaku, "Engkau telah melihat dengan baik, karena Akulah yang sedang berjaga-jaga atas firman-Ku, untuk melaksanakannya."

13 Kemudian datanglah firman YAHWEH kepadaku untuk kedua kalinya, yang mengatakan, "Apa yang engkau lihat?" Jawabku, "Aku melihat sebuah belanga yang ditiup, arahnya dari sebelah utara."

14 Kemudian YAHWEH berfirman kepadaku, "Dari utara malapetaka akan dilepaskan terhadap semua yang tinggal di tanah itu.

15 Sebab lihatlah, Akulah yang memanggil seluruh kaum kerajaan utara," firman YAHWEH, "Mereka akan masuk dan masing-masing menempatkan takhtanya di pintu-pintu gerbang Yerusalem, berhadapan tembok sekelilingnya dan berhadapan kota Yehuda.

16 Aku akan menyatakan penghukuman-Ku terhadap mereka, karena segala kejahatan mereka, yang telah meninggalkan Aku, membakar ukupan kepada ilah-ilah lain, serta menyembah pada buatan tangannya sendiri.

17 Karena itu bangkitlah dan bersiap-siaplah, berbicaralah kepada mereka segala yang Aku perintahkan kepadamu. Jangan gentar terhadap mereka, supaya jangan Aku menghancurkan engkau di hadapan mereka.

18 Lihatlah, pada hari ini Aku telah menjadikanmu sebagai kota yang berbenteng dan sebuah tiang besi, sebagai tembok tembaga atas seluruh negeri raja-raja Yehuda, para penguasanya, imam-imamnya, dan atas rakyat di negeri itu.

19 Mereka akan berperang melawan engkau, tetapi mereka tidak akan mengalahkan engkau, karena Aku bersamamu untuk membebaskan engkau," firman YAHWEH.