Ulangan 1

Klik untuk mengganti ayat
Pendahuluan

Inilah perkataan-perkataan yang diucapkan Musa kepada seluruh orang Israel di seberang Yordan, di padang gurun, di Araba, di seberang laut Merah antara Paran dan Tofel, Laban dan Hazerot serta Dizahab.

Sebelas hari perjalanan dari Horeb, melalui jalan pegunungan Seir, menuju Kadesh-Barnea.

Pada tanggal satu bulan kesebelas tahun keempat puluh, Musa berbicara kepada orang Israel sesuai dengan segala yang telah diperintahkan YAHWEH kepadanya untuk mereka;

setelah dia memukul kalah Sihon raja orang Amori yang diam di Heshbon, dan Og raja Bashan yang diam di Ashtarot, di Edrei,

di seberang Yordan di tanah Moab. Musa mulai menjelaskan hukum Taurat, katanya:

Israel Berangkat Dari Horeb

"YAHWEH, Elohim kita, telah berfirman kepada kita di Horeb, katanya: Kamu sudah cukup lama tinggal di gunung ini.

Berangkatlah, pergilah ke pegunungan orang Amori dan semua daerah di sekitarnya, di Araba-Yordan, di pegunungan, dan di daerah dataran rendah, dan di Negeb dan di tepi laut, yaitu negeri orang Kanaan, dan Libanon, sampai sungai besar, yaitu sungai Efrat.

Lihatlah, Aku sudah mengaruniakan suatu negeri kepadamu, masukilah, dan milikilah negeri yang telah dijanjikan YAHWEH dengan bersumpah kepada leluhurmu, yaitu kepada Abraham, Ishak, dan Yakub, untuk memberikannya kepada mereka dan keturunannya."

Para Pemimpin Suku

"Pada waktu itu aku berkata kepadamu, Aku tidak dapat memikul tanggung jawab atas kamu seorang diri.

10 YAHWEH, Elohimmu, telah membuat kamu bertambah banyak, dan lihatlah, hari ini kamu seperti bintang-bintang di langit banyaknya.

11 Kiranya YAHWEH, Elohim leluhurmu, membuat kamu seribu kali lipat dari jumlahmu sekarang dan memberkati kamu seperti yang telah dijanjikan-Nya kepadamu.

12 Bagaimana mungkin aku yang seorang diri ini dapat memikul tanggung jawab atas kesesakanmu dan bebanmu serta perselisihanmu?

13 Pilihlah orang-orang yang bijaksana, yang berpengertian, dan yang disegani oleh suku-sukumu, dan aku akan menetapkan mereka sebagai pemimpinmu.

14 Lalu kamu menjawab aku: Hal yang engkau katakan itu baik untuk dilakukan.

15 Kemudian aku mengambil para kepala sukumu, yaitu orang-orang yang bijaksana dan yang disegani, dan aku menetapkan mereka sebagai pemimpin atas kamu, yaitu pemimpin atas seribu, pemimpin atas seratus, pemimpin atas lima puluh, pemimpin atas sepuluh, dan sebagai pengatur atas sukusukumu.

16 Pada waktu itu aku memerintahkan para hakimmu, demikian: Dengarkanlah perselisihan di antara saudara-saudaramu, dan adililah dengan benar antara seorang dengan saudaranya atau dengan orang asing yang ada bersamanya.

17 Janganlah kamu membedakan orang dalam mengadili, baik perkara orang kecil maupun perkara orang besar kamu harus mendengarkannya. Janganlah kamu gentar kepada siapa pun karena penghakiman ini adalah dari Elohim; dan perkara yang terlalu sukar bagimu, kamu harus membawanya kepadaku, dan aku akan mendengarkannya.

18 Dan pada waktu itu aku telah memerintahkan kepadamu segala hal yang harus kamu lakukan."

Ketidaksetiaan Israel Di Kadesh-Barnea

19 "Kemudian, kita berangkat dari Horeb dan berjalan melewati seluruh padang gurun yang besar dan menakutkan, yang telah kamu lihat dalam perjalanan ke pegunungan orang Amori, seperti yang telah diperintahkan kepada kita oleh YAHWEH, Elohim kita, dan sampailah kita ke Kadesh-Barnea.

20 Dan aku berkata kepadamu: Kamu sudah sampai di pegunungan orang Amori, yang telah diberikan kepada kita oleh YAHWEH, Elohim kita.

21 Lihatlah, YAHWEH, Elohimmu, telah mengaruniakan negeri itu kepadamu: Majulah, dan milikilah negeri itu, sebagaimana YAHWEH, Elohim leluhurmu, telah mengatakannya kepadamu, jangan takut atau gentar.

22 Lalu kamu semua mendekati aku, dan berkata: Marilah kita mengutus beberapa orang mendahului kita untuk menyelidiki negeri itu bagi kita dan membawa berita kepada kita tentang jalan yang harus kita lalui, dan kota-kota yang akan kita datangi.

23 Dan hal itu baik di mataku, dan aku mengambil dua belas orang dari antaramu, seorang dari setiap suku.

24 Lalu mereka berangkat dan naik ke arah pegunungan, kemudian sampai di aliran sungai Eskol, dan mengintainya.

25 Kemudian mereka mengambil buah-buahan dari negeri itu, lalu membawanya kepada kita. Mereka juga membawa berita kepada kita dan berkata: Negeri yang telah diberikan YAHWEH, Elohim kita, kepada kita itu baik."

26 "Namun, kamu tidak mau berjalan ke sana kamu memberontak melawan firman YAHWEH, Elohimmu,

27 dan menggerutu di dalam kemahmu serta berkata: Karena YAHWEH membenci kita, maka Dia membawa kita keluar dari tanah Mesir untuk menyerahkan kita ke tangan orang Amori, supaya kita dimusnahkan.

28 Kemanakah kita akan maju? Saudara-saudara kita telah membuat hati kita gentar, dengan berkata: Kami telah melihat orang-orang di sana lebih besar dan lebih tinggi dari pada kita, kota-kotanya besar dan tembok-temboknya tinggi sampai ke langit, dan kami juga melihat orang Enak di sana.

29 Lalu aku berkata kepadamu: Janganlah gentar ataupun takut terhadap mereka.

30 YAHWEH, Elohimmu, Dialah yang berjalan di depanmu, Dialah yang akan berperang untukmu, seperti yang telah Dia lakukan bagimu di depan matamu di Mesir

31 dan di padang gurun, tempat engkau telah melihat bahwa YAHWEH, Elohimmu, telah menggendong engkau sama seperti seseorang menggendong anaknya di sepanjang jalan yang kamu tempuh sampai kamu tiba di tempat ini.

32 Walaupun demikian, kamu tidak percaya kepada YAHWEH, Elohimmu,

33 yang berjalan di depanmu mencari tempat bagimu, untuk membangun kemahmu; dengan api pada waktu malam dan dengan awan pada waktu siang, untuk menunjukkan kepadamu jalan yang harus kamu tempuh.

34 Dan YAHWEH mendengar perkataanmu, sehingga menjadi murka serta bersumpah, dengan berfirman:

35 Tidak ada seorang pun dari generasi yang jahat ini, dapat melihat negeri yang baik yang telah Aku janjikan dengan sumpah kepada leluhurmu untuk Kuberikan,

36 kecuali Kaleb anak Yefune; dialah yang akan melihat negeri itu, dan Aku akan memberikan negeri yang dipijaknya itu kepadanya dan kepada keturunannya, karena dialah yang mengikuti YAHWEH dengan segenap hati.

37 YAHWEH juga murka kepadaku oleh karena kamu, dengan berfirman: Engkau juga tidak akan masuk ke sana.

38 Yoshua anak Nun yang berdiri di hadapanmu, dialah yang akan masuk ke sana. Engkau harus menguatkan dia karena dialah yang akan memimpin Israel mewarisi negeri itu.

39 Dan anak-anakmu yang kecil, yang kamu katakan, akan menjadi tawanan dan anakmu yang hari ini belum mengetahui tentang yang baik dan yang jahat, merekalah yang akan masuk ke sana dan Aku akan memberikan negeri itu kepada mereka, dan merekalah yang akan memilikinya.

40 Namun kamu, berangkatlah dan berjalanlah ke padang gurun ke arah laut Merah.

41 Lalu kamu menjawab dan berkata kepadaku: Kami telah berdosa kepada YAHWEH. Kami akan maju berperang seperti yang telah diperintahkan YAHWEH, Elohim, kepada kami. Dan masing-masing kamu menyandang senjata perangnya, sebab kamu menganggap ringan untuk naik ke daerah pegunungan.

42 Namun YAHWEH berfirman kepadaku: Katakanlah kepada mereka, janganlah kamu maju dan janganlah berperang, karena Aku tidak ada di tengah-tengahmu, nanti kamu akan dipukul kalah oleh musuhmu.

43 aku berbicara kepadamu, tetapi kamu tidak mendengar dan kamu memberontak melawan firman YAHWEH, dengan berlaku sombong naik ke pegunungan itu.

44 Dan orang Amori yang tinggal di pegunungan itu keluar menyerang kamu, dan mereka mengejar kamu seperti lebah dan mengalahkan kamu di Seir sampai Horma.

45 Lalu kamu kembali dan menangis di hadapan YAHWEH, tetapi YAHWEH tidak mendengarkan tangisanmu, ataupun memberi telinga-Nya kepadamu.

46 Maka tinggallah kamu di Kadesh untuk waktu yang lama, yaitu sepanjang masa kamu tinggal di sana."