Ratapan 1

Klik untuk mengganti ayat
Ratapan Atas Yerusalem

Betapa sunyinya kota itu, yang dahulu banyak penduduknya, sekarang ia seperti seorang janda. Yang dahulu masyhur di antara bangsa-bangsa dan daerah-daerah, namun kini telah menjadi daerah jajahan.

Ia menangis dengan ratapan pada waktu malam, air matanya mengalir di pipinya; di antara semua kekasihnya, tidak ada yang menghiburnya. Semua sahabatnya mengkhianatinya, dan menjadi musuh-musuhnya.

Yehuda telah menjadi tawanan karena penderitaan dan perbudakan yang besar, ia bermukim di antara bangsa-bangsa; dan tidak ada perhentian baginya. Penindas-penindas menangkapnya di tengah-tengah kesukarannya.

Jalan-jalan di Sion sedang berkabung, tak seorang pun datang ke perayaan dengan bersungguh-sungguh. Semua pintu gerbangnya sunyi sepi, imam-imamnya berkeluh kesah, anak-anak perawannya menderita, dan berada dalam kepahitan.

Lawan-lawannya telah menjadi penguasa; musuh-musuhnya menjadi makmur. Sebab YAHWEH telah membuatnya menderita, karena pelanggarannya berlipat ganda. Anak-anaknya menjadi tawanan di hadapan lawan.

Seluruh keagungan putri Sion telah lenyap, pemimpin-pemimpinnya telah menjadi seperti rusa-rusa jantan yang tidak menemukan padang rumput, berjalan tanpa kekuatan di depan pemburu.

Yerusalem mengingat hari-hari penderitaan dan kesengsaraan serta hal-hal yang menyenangkan sejak dahulu kala. Ketika penduduknya jatuh ke dalam tangan lawan, dan tidak ada yang menolongnya, musuh-musuhnya melihatnya; mereka merendahkan hari Sabatnya.

Yerusalem sangat berdosa; oleh karena itu, ia menjadi cemar. Orang-orang yang mengenalnya merendahkannya karena mereka melihat ketelanjangannya. Ia berkeluh kesah dan berpaling.

Kenajisannya melekat pada kain jubahnya; ia tidak mengingat masa akhirnya, ia jatuh sangat dalam dan tidak memiliki penghibur. Ya YAHWEH, lihatlah kesusahanku, karena musuh telah meninggikan dirinya.

10 Musuh telah merentangkan tangannya atas segala kesenangan yang diingininya; sungguh ia telah melihat bangsa-bangsa masuk ke dalam tempat kudusnya, padahal Engkau telah memerintahkan agar mereka tidak memasuki jemaat-Mu.

11 Seluruh rakyatnya mengeluh karena menginginkan makanan. Mereka memberikan barang-barang yang disukainya ganti makanan untuk mempertahankan hidupnya. "Lihatlah, ya YAHWEH, dan pandanglah aku, karena aku telah menjadi hina."

12 Apakah ini bukan masalah bagimu, hai kamu semua yang melintasi kami? Lihat dan perhatikanlah, apakah ada dukacita seperti penderitaan yang telah ditimpakan kepadaku, YAHWEH telah membuatku sengsara pada hari murka-Nya yang menyala-nyala?

13 Dari tempat yang tinggi Dia telah mengirimkan api ke dalam tulang-tulangku, dan melemahkannya. Dia menyebarkan jerat bagi kakiku, membalikkan punggungku, dan membuatku sakit sepanjang hari.

14 Kuk pelanggaranpelanggaranku telah diikat oleh tangan-Nya dan dikalungkan pada leherku. Tuhan melemahkan kekuatanku dan menyerahkanku ke dalam tangan mereka; sehingga aku tidak mampu bangkit.

15 Tuhan telah menginjak-injak seluruh orangku yang perkasa di dekatku; Dia memanggil sekelompok manusia melawan aku, untuk menghancurkan teruna-terunaku. Seperti dalam pemerasan anggur, Tuhan menginjak-injak anak dara, putri Yehuda.

16 Karena inilah aku menangis, mataku, mataku mencucurkan air mata, sebab telah jauh dariku penghibur yang menyegarkan jiwaku. Anak-anak lelakiku muram, karena musuh yang lebih kuat.

17 Sion menengadahkan tangan-tangannya, tapi tidak ada seorang pun yang menghiburnya. YAHWEH telah berpesan kepada Yakub bahwa musuh-musuhnya ada di sekelilingnya. Yerusalem telah menjadi suatu kecemaran di antara mereka.

18 YAHWEH adalah benar; oleh karena aku memberontak melawan firman-Nya, maka aku memohon kepadamu, hai segala bangsa, lihatlah dukacitaku. Anak-anak dara dan teruna-terunaku telah tertawan.

19 Aku memanggil para kekasihku, tetapi mereka menipu aku; imam-imamku dan tua-tuaku telah menyerah di kota-kota sementara itu mereka mencari makanan untuk mempertahankan hidupnya.

20 Lihatlah, ya YAHWEH, karena aku menderita, batinku bergolak di dalam diriku, karena aku telah memberontak dengan memilukan. Di luar, pedang membuatku kehilangan banyak nyawa, bahkan seperti ada kematian di dalam rumahku.

21 Mereka mendengar keluhanku, namun tetap tidak ada penghibur bagiku. Seluruh musuhku telah mendengar kesusahanku; mereka bersukacita karena Engkau telah melakukannya. Engkau akan mendatangkan hari yang telah Engkau sebut; dan mereka akan menjadi sepertiku.

22 Biarlah semua kefasikan mereka sampai di hadapan-Mu; dan perbuatlah kepada mereka sebagaimana Engkau telah melakukannya kepadaku atas semua pelanggaranku. Sebab keluh kesahku sangat banyak, dan hatiku pedih.