Obaja 1

Klik untuk mengganti ayat
Edom Pasti Dihakimi

Penglihatan Obaja. Beginilah firman Tuhan YAHWEH mengenai Edom. Kami mendengar suatu berita dari YAHWEH, seorang utusan telah disuruh ke antara bangsa-bangsa. "Bangunlah, marilah kita bangkit berperang melawannya.

Lihatlah, Aku telah membuat engkau menjadi hina di antara bangsa-bangsa; engkau dipandang sangat rendah.

Kecongkakan hatimu telah menipu engkau, hai yang berdiam di celah-celah bukit batu, di tempat tinggal yang tinggi, yang berkata di dalam hatinya: Siapakah yang akan membawaku turun ke tanah?

Meskipun engkau melambung tinggi bagaikan rajawali, dan meskipun sarangmu terletak di antara bintang-bintang, dari sanalah Aku akan membawamu turun, firman YAHWEH.

Jika para pencuri dan perampok datang kepadamu pada malam hari ?sebagaimana kamu dibinasakan? tidakkah mereka akan mencuri sampai puas? Jika para pemetik buah anggur datang kepadamu, tidakkah mereka akan meninggalkan sisa-sisa pemetikan?

Betapa keturunan Esau telah digeledah, harta bendanya yang tersembunyi telah dicari.

Mereka telah mengusirmu sampai ke perbatasan wilayah, semua teman seperjanjianmu telah menipumu, orang-orang yang berkuasa melawanmu, mereka yang makan roti bersamamu memasang perangkap terhadapmu, tidak ada pengertian pada mereka.

YAHWEH berfirman: Bukankah pada hari itu Aku akan membinasakan orang-orang berhikmat dari Edom, dan yang mempunyai pengertian dari pegunungan Esau.

Para pahlawanmu akan menjadi takut, hai orang Teman, sehingga setiap orang dari pegunungan Esau akan dibinasakan."

Kejahatan Edom Terhadap Yehuda

10 "Oleh sebab kekejaman yang engkau lakukan terhadap saudaramu, Yakub, rasa malu akan meliputimu dan engkau akan dimusnahkan untuk selamanya.

11 Pada saat engkau sedang berdiri sendiri di kejauhan, sewaktu orang-orang tak dikenal ditawan oleh pasukan, dan orang-orang asing memasuki pintu-pintu gerbang Yerusalem, dan mereka telah membuang undi terhadapnya, engkau bahkan menjadi seperti salah seorang dari mereka.

12 Jangan memandang rendah saudaramu, ketika ia mengalami kemalangan. Janganlah engkau bersukacita atas kaum Yehuda, pada hari kehancuran mereka. Janganlah engkau membesarkan mulutmu, pada hari kesedihannya.

13 Engkau seharusnya tidak masuk ke dalam pintu gerbang umat-Ku, pada hari malapetaka mereka; bahkan seharusnya engkau tidak melihat kekejaman atasnya, pada hari malapetakanya; engkau seharusnya tidak diutus melawan pasukannya, pada hari malapetakanya.

14 Engkau seharusnya tidak berdiri pada persimpangan jalan untuk membunuh para pelariannya, dan engkau seharusnya tidak menyerahkan yang terluput pada hari kesedihan."

Penghakiman Atas Bangsa-Bangsa

15 "Hari YAHWEH segera tiba atas segala bangsa; sebagaimana yang telah engkau perbuat, hal itu akan diperbuat juga kepadamu, perbuatanmu itu akan berbalik ke atas kepalamu.

16 Karena sebagaimana engkau telah minum di atas gunung kudus-Ku, maka segala bangsa akan minum terus-menerus, mereka meminumnya dan menelannya, dan mereka melakukannya seolah-olah mereka tidak pernah melakukannya.

17 Tetapi di atas gunung Sion, akan ada orang-orang yang dilepaskan, dan tempat itu akan menjadi kudus, dan kaum keluarga Yakub akan memiliki harta milik mereka sendiri.

18 Maka kaum keluarga Yakub akan menjadi seperti api, dan kaum keluarga Yusuf akan menjadi seperti kobaran api; dan kaum keluarga Esau akan menjadi seperti jerami, dan kobaran api itu akan menyala di antara mereka dan membakar habis mereka. Seorang pun dari kaum Esau tidak akan ada yang terluput, karena YAHWEH telah berfirman.

Berkat Atas Israel Di Masa Depan

19 "Orang-orang Negeb akan memiliki pegunungan Esau, dan orang-orang Filistin memiliki dataran rendah dari negeri itu, dan mereka akan memiliki ladang-ladang Efraim dan ladang-ladang Samaria; dan Benyamin akan memiliki Gilead.

20 Bangsa Israel ?generasi yang kembali dari pembuangan ini? akan memiliki daerah orang-orang Kanaan sampai ke Sarfat; dan orang-orang buangan dari Yerusalem yang ada di Sefarad, akan memiliki kota-kota Negeb.

21 Mereka yang telah diselamatkan akan naik ke atas gunung Sion untuk menghakimi pegunungan Esau, maka kerajaan itu akan menjadi milik YAHWEH."