Nahum 1

Klik untuk mengganti ayat

Pesan ilahi tentang Niniwe. Kitab penglihatan Nahum orang Elkoshi.

Pembalasan Elohim

Elohim adalah pencemburu dan pembalas, YAHWEH membalas dan penuh amarah. Dia akan menuntut balasan terhadap para lawan-Nya. Dia murka dan menyimpan kemarahan terhadap musuh-musuh-Nya.

YAHWEH itu panjang sabar dan besar kuasa-Nya, namun Dia tidak akan membebaskan orang yang bersalah tanpa hukuman. YAHWEH berjalan di dalam angin ribut dan badai, awan adalah debu kaki-Nya.

Dia menghardik laut sehingga mengering, dan semua sungai juga menjadi kering. Bashan, Karmel dan bunga-bunga di Libanon menjadi layu.

Oleh karena Dia, gunung-gunung berguncang dan bukit-bukit mencair. Di hadapan-Nya, runtuhlah bumi, dunia dan segala yang berdiam di dalamnya.

Siapakah yang dapat bertahan di hadapan kemarahan-Nya? Siapakah yang dapat berdiri di dalam kedahsyatan amarah-Nya? Murka-Nya tercurah seperti api sehingga batu-batu karang hancur oleh karena-Nya.

Kehancuran Niniwe

YAHWEH itu baik. Dialah tempat perlindungan pada waktu kesukaran,Dia mengenal orang-orang yang percaya kepada-Nya,

dengan air bah, Dia melenyapkan musuh-musuh yang bangkit melawan-Nya, dan kegelapan pun akan mengejar mereka.

Apakah yang kamu rencanakan untuk melawan YAHWEH? Dia akan menghancurkan hingga habis lenyap, sehingga penderitaan tidak muncul dua kali.

10 Seperti duri yang terjalin, dan seperti orang yang minum anggur hingga mabuk, mereka akan tersandung dan terbakar habis seperti jerami kering.

11 Dari padamu telah muncul orang yang merencanakan kejahatan melawan YAHWEH, seorang yang memberi nasihat jahat.

Janji Pembebasan Yehuda

12 Demikianlah YAHWEH berfirman, "Meskipun mereka merasa damai dan banyak jumlahnya, namun mereka akan dimusnahkan dan binasa. Meskipun Aku telah menghukum engkau, Aku tidak akan menghukum engkau lagi.

13 Sekarang, Aku akan menghancurkan kuknya dari atasmu, dan memutuskan ikatan-ikatan yang membelenggumu."

Kematian Raja Ashur

14 YAHWEH telah memberi perintah mengenai engkau, "Tidak akan ada lagi keturunan dengan namamu. Aku akan menghancurkan patung ukiran dan patung tuangan dari kuil ilah-ilahmu, Aku akan menyediakan kuburanmu, karena engkau telah menjadi hina."

15 Lihatlah, di atas gunung-gunung ada langkah kaki dari dia yang membawa kabar baik dan memberitakan damai sejahtera. Hai Yehuda, rayakanlah hari-hari rayamu, bayarlah nazarmu. Karena orang jahat akan binasa, ia akan habis dilenyapkan.