Mikha 1

Klik untuk mengganti ayat

Firman YAHWEH yang datang kepada Mikha, dari Moreshet pada zaman Yotam, Ahas dan Hizkia, raja-raja Yehuda, tentang yang dilihatnya atas Samaria dan Yerusalem.

Penghakiman Atas Israel

Dengarlah hai bangsa-bangsa. Perhatikanlah hai bumi dan segala isinya. Biarlah Tuhan YAHWEH menjadi saksi terhadapmu, dari Bait-Nya yang kudus.

Sebab YAHWEH keluar dari tempat-Nya, Dia turun dan berjalan di atas tempat-tempat yang tinggi di bumi.

Gunung-gunung akan diluluhkan di bawah kaki-Nya, dan lembah-lembah akan meleleh sendiri seperti lilin di depan api, seperti air yang dialirkan ke sebuah lereng.

Semuanya ini karena pelanggaran Yakub, dan karena dosa keluarga Israel. Apakah pelanggaran Yakub? Bukankah itu Samaria? Dan apakah dosa Yehuda? Bukankah itu Yerusalem?

Karena itu Aku akan menyerakkan Samaria seperti reruntuhan di padang, seperti tempat penanaman kebun anggur. Aku akan menggulingkan batu-batunya ke lembah dan Aku akan membongkar dasar-dasarnya.

Semua patungnya akan dihancurkan, dan semua upah sundalnya akan dibakar dengan api. Aku akan menghancurkan semua berhalanya. Sebab ia telah mengumpulkannya dari upah seorang sundal, dan upah itu kembali menjadi upah sundal.

Ratapan Mikha

Oleh karena itu, aku akan meratap dan menangis keras. Aku akan berjalan tanpa alas kaki dan telanjang, aku akan membuat ratapanku seperti suara serigala, dan kesedihanku seperti suara burung unta.

Sebab luka-lukanya tidak tersembuhkan karena luka itu telah menjalar sampai kepada Yehuda, luka itu telah sampai pintu gerbang bangsaku, ke Yerusalem.

10 Janganlah memberitakannya di Gat. Janganlah meratap. Duduk dan bergulinglah di atas debu Beth-Le-Afra.

11 Melintaslah hai penduduk Safir, dengan ketelanjanganmu yang memalukan. Penduduk Zaanan pun tidak keluar. Ratapan Beth-Haezel: Penopangnya akan diambil darimu.

12 Sebab penduduk Marot berharap akan kebaikan, tetapi bencana dari YAHWEH telah turun ke pintu gerbang Yerusalem.

13 Hai penduduk Lakhis, ikatkanlah kuda jantan pada kereta perang, itulah permulaan dosa terhadap putri Sion, karena padamu ditemukan pelanggaran Israel.

14 Sebab itu kamu akan memberi hadiah-hadiah pesta kepada Moreshet-Gat. Rumah-rumah Akhzib menjadi suatu tipu daya bagi raja-raja Israel.

15 Aku akan membawa kembali seorang pewaris kepadamu, hai penduduk Maresha. Kemuliaan Israel akan datang kepada Adulam.

16 Botakilah dan cukurlah rambutmu karena anak-anak kesayanganmu. Jadikanlah kepalamu botak seperti burung nasar, karena mereka akan pergi dari padamu ke dalam pembuangan.