Lukas 24

Klik untuk mengganti ayat
Fajar Kebangkitan

Pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu mereka datang ke kubur dengan membawa rempah-rempah yang telah mereka persiapkan, dan bersama mereka ada juga beberapa orang.

Namun mereka mendapati batu kubur itu sudah terguling dari kubur.

Setelah mereka masuk, mayat Tuhan YESUS tidak ditemukan.

Sementara mereka kebingungan mengenai hal itu, tampaklah dua orang berdiri di dekat mereka dengan pakaian yang berkilau-kilauan.

Mereka menundukkan wajah mereka karena sangat ketakutan, tetapi kedua orang itu berkata, "Mengapa kamu mencari yang hidup di antara yang mati?

Dia tidak ada di sini, Dia telah bangkit! Ingatlah bagaimana Dia telah berbicara kepada kamu ketika masih berada di Galilea,

katanya: Anak Manusia harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, dan bangkit pada hari yang ketiga."

Maka teringatlah mereka akan perkataan-Nya itu.

Setelah kembali dari kubur, mereka memberitahukan semua hal ini kepada kesebelas murid dan kepada semua orang yang lain.

10 Mereka adalah Maria Magdalena, dan Yohana, dan Maria ibu Yakobus, dan wanita-wanita lainnya yang bersama mereka, yang terus menceritakan semua hal ini kepada para rasul.

11 Namun perkataan para wanita ini tampak seperti tidak masuk akal bagi mereka sehingga mereka tidak percaya kepada para wanita itu.

12 Tetapi Petrus bangun, lalu berlari menuju kubur itu. Ketika ia memeriksa ke dalam, ia melihat hanya kain linen yang tergeletak. Lalu ia pergi sambil terheran-heran di dalam hatinya atas apa yang telah terjadi.

Murid-Murid Dari Emaus

13 Pada hari itu ada dua orang dari antara mereka sedang pergi ke sebuah desa yang bernama Emaus, yang berjarak kira-kira sepuluh kilometer dari Yerusalem.

14 Dan mereka berbicara seorang terhadap yang lain tentang semua yang telah terjadi itu.

15 Ketika mereka sedang bercakap-cakap dan bertukar pikiran, YESUS sendiri datang mendekati dan berjalan bersama mereka.

16 Namun mata mereka seperti terselubung, sehingga mereka tidak dapat mengenali Dia.

17 Dia berkata kepada mereka, "Apakah yang sedang kamu percakapkan seorang terhadap yang lain sementara kamu berjalan, sehingga membuat kamu muram?"

18 Seorang yang namanya Kleopas menjawab dan berkata kepada-Nya, "Apakah Engkau satu-satunya orang asing di Yerusalem, sehingga Engkau tidak mengetahui apa yang telah terjadi di sana pada hari-hari ini?"

19 Dia berkata kepada mereka, "Apakah itu?" Mereka berkata kepada-Nya, "Peristiwa mengenai YESUS orang Nazareth itu, seorang Nabi yang penuh kuasa, baik dalam perbuatan maupun perkataan, di hadapan Elohim dan di hadapan seluruh bangsa ini.

20 Dan bagaimana para imam kepala dan para pemimpin kami telah menyerahkan Dia ke dalam hukuman mati dan menyalibkan Dia.

21 Semula kami berharap bahwa Dialah orang yang akan segera menebus Israel, tetapi hari ini sudah hari ketiga sejak apa yang telah terjadi itu.

22 Namun demikian beberapa wanita dari antara kami telah mengejutkan kami. Mereka pagi-pagi sekali datang ke kubur,

23 bukan saja tidak menemukan mayat-Nya, mereka bahkan kembali dan berkata telah melihat malaikat-malaikat yang menyatakan bahwa Dia hidup.

24 Lalu beberapa di antara kami telah pergi ke kubur itu dan telah mendapati pula sama seperti yang para wanita itu katakan, tetapi Dia tidak mereka lihat."

25 Maka YESUS berkata kepada mereka, "Hai orang yang bodoh dan yang lamban hati untuk percaya kepada segala sesuatu yang telah para nabi katakan.

26 Bukankah Mesias memang harus menderita semua itu untuk masuk ke dalam kemuliaan-Nya?"

27 Lalu Dia menjelaskan kepada mereka hal-hal mengenai diri-Nya di dalam seluruh kitab, dimulai dari Kitab Musa dan Kitab Para Nabi.

28 Mereka mendekati desa yang mereka tuju dan Dia berlaku seolah-olah hendak melanjutkan perjalanan.

29 Tetapi mereka mendesak Dia dan berkata, "Tinggallah bersama kami, karena hari menjelang senja dan matahari hampir terbenam." Lalu Dia masuk untuk tinggal bersama mereka.

30 Pada waktu Dia bersandar di meja bersama mereka, Dia mengambil roti, mengucapkan berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada mereka.

31 Maka terbukalah mata mereka dan mereka pun mengenal Dia, tetapi Dia lenyap dari mereka.

32 Mereka berkata seorang terhadap yang lain, "Bukankah hati kita bergelora di dalam diri kita, ketika Dia berbicara kepada kita dalam perjalanan dan ketika Dia menjelaskan Kitab Suci kepada kita?"

33 Mereka pun bangun dan langsung kembali ke Yerusalem. Mereka mendapati kesebelas murid itu tengah berhimpun dengan orang-orang yang bersama mereka,

34 lalu berkata, "Sungguh, Tuhan memang sudah bangkit dan telah terlihat oleh Simon."

35 Lalu mereka menceritakan apa yang terjadi di perjalanan dan bagaimana mereka mengenal Dia saat memecahkan roti.

Fakta Kebangkitan Yesus

36 Sementara mereka membicarakan hal-hal itu, YESUS sendiri berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata kepada mereka, "Shalom bagimu!"

37 Tetapi mereka gemetar dan ketakutan, karena mereka mengira melihat suatu roh.

38 Lalu Dia berkata kepada mereka, "Mengapa kamu takut dan apa sebabnya timbul keragu-raguan dalam hatimu?

39 Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku, inilah Aku! Peganglah Aku dan lihatlah, karena roh tidak mempunyai daging dan tulang, seperti yang kamu lihat ada padaku."

40 Setelah mengatakan hal itu, Dia memperlihatkan kedua tangan dan kaki-Nya kepada mereka.

41 Sementara mereka masih belum percaya karena sukacita dan takjub, Dia berkata kepada mereka, "Apakah di sini kamu mempunyai sesuatu yang dapat dimakan?"

42 Mereka memberikan kepada-Nya sepotong ikan bakar dan madu lebah.

43 Dia mengambilnya, lalu memakannya di depan mata mereka.

44 Lalu Dia berkata kepada mereka, "Inilah firman yang telah Aku katakan kepadamu ketika Aku masih ada bersamamu, bahwa semua yang telah tertulis mengenai Aku di dalam Taurat Musa dan Kitab Para Nabi serta Mazmur, haruslah digenapi."

45 Lalu Dia membuka pikiran mereka untuk memahami Kitab Suci.

46 Dan Dia berkata kepada mereka, "Demikianlah telah tertulis, dan demikianlah Mesias juga harus menderita dan bangkit pada hari ketiga dari kematian.

47 Dan dalam Nama-Nya, pertobatan dan penghapusan dosa diberitakan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.

48 Kamu adalah saksi dari semuanya ini.

49 Dan lihatlah, Aku mengirimkan janji Bapa-Ku kepadamu, namun tinggallah di kota Yerusalem sampai kamu diperlengkapi kuasa dari tempat tinggi."

Kenaikan Yesus Ke Surga

50 Lalu Dia membawa mereka ke luar sampai ke Bethania. Kemudian sambil mengangkat kedua tangan-Nya Dia memberkati mereka.

51 Ketika Dia sedang memberkati mereka, Dia berpisah dari mereka dan terangkat ke surga.

52 Mereka pun menyembah Dia, lalu kembali ke Yerusalem dengan sukacita yang besar,

53 dan mereka senantiasa berada di dalam Bait Suci, memuji dan menyembah Elohim. Amin.

arrow_back_ios Lukas 23
Yohanes 1 arrow_forward_ios