Kolose 1

Klik untuk mengganti ayat
Salam

Dari Paulus, seorang rasul YESUS Kristus oleh kehendak Elohim, dan Timotius, saudara kita.

Kepada orang-orang kudus dan saudara-saudara yang setia dalam Kristus di Kolose. Anugerah dan damai sejahtera bagimu dari Elohim, Bapa kita, dan dari Tuhan YESUS Kristus.

Ucapan Syukur

Kami mengucap syukur kepada Elohim dan Bapa Tuhan kita YESUS Kristus, setiap kali kami berdoa untuk kamu,

karena mendengar imanmu di dalam Kristus YESUS, dan kasihmu bagi semua orang kudus,

oleh karena pengharapan yang telah disiapkan bagimu di surga, yang telah kamu dengar sebelumnya dalam firman kebenaran Injil,

yang sudah sampai kepadamu dan ke seluruh dunia, juga yang telah berbuah dan berkembang sejak kamu mendengar dan mengenal sepenuhnya anugerah Elohim dalam kebenaran,

Sebagaimana telah kamu ketahui dari Epafras, rekan yang terkasih, ia adalah pelayan Kristus yang setia,

yang juga telah menyatakan kasihmu kepada kami di dalam Roh.

Doa Untuk Pertumbuhan Rohani

Karena itu, sejak kami mendengarnya, kami tidak henti-hentinya berdoa bagi kamu dan memohon agar kamu dapat dipenuhi dengan segala hikmat dan pengertian rohani tentang kehendak-Nya,

10 supaya hidupmu berkenan dan menyenangkan hati Tuhan dengan menghasilkan buah dalam setiap perbuatan baik, dan bertumbuh dalam pengenalan akan Elohim,

11 dan dikuatkan dengan segala kuasa kemuliaan-Nya untuk tekun menanggung segala sesuatu dengan sabar dan sukacita,

12 dan mengucap syukur kepada Bapa, yang telah melayakkan kita untuk dapat mengambil bagian atas warisan yang disediakan bagi orang-orang kudus di dalam terang.

13 Dia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam kerajaan Putra-Nya yang terkasih;

14 di dalam YESUS kita memiliki penebusan melalui darah-Nya, yaitu penghapusan dosa.

Berpusat Pada Kristus

15 Dialah gambar Elohim yang tidak kelihatan, yang sulung dari segala ciptaan,

16 sebab oleh Dia segala sesuatu diciptakan, baik yang di surga dan di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, takhta-takhta atau kerajaan-kerajaan atau penguasa-penguasa atau kuasa-kuasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan bagi Dia.

17 Dia ada sebelum segala sesuatu ada, dan segala sesuatu ada oleh karena Dia.

18 Dia adalah Kepala Tubuh, yaitu jemaat. Dialah yang permulaan, yang sulung bangkit dari kematian, sehingga Dia menjadi yang terutama dalam segala sesuatu.

19 Sebab segala kepenuhan Bapa berkenan tinggal di dalam Dia,

20 dan oleh Dia diperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang di bumi maupun yang di surga, melalui darah salib-Nya.

21 Kamu yang dahulu menjauhkan diri dan memusuhi-Nya dalam pikiran serta perbuatanmu yang jahat,

22 sekarang telah didamaikan di dalam tubuh jasmani-Nya, melalui kematian-Nya, untuk menjadikan kamu kudus dan tidak bercacat cela di hadapan-Nya.

23 Sebab itu, kamu harus sungguh-sungguh bertekun dalam iman, dengan teguh dan tidak bergeser dari pengharapan akan Injil, yang telah kamu dengar dan telah diberitakan ke seluruh dunia dan telah menjadikan aku, Paulus, sebagai pelayannya.

Pelayanan Paulus

24 Sekarang aku bersukacita dalam penderitaanku demi kamu, dan dalam tubuh jasmaniku aku sedang menggenapkan bagianku yang kurang dalam penderitaan Kristus. Aku melakukan ini demi Tubuh-Nya, yaitu jemaat.

25 Aku telah menjadi seorang pelayan jemaat untuk meneruskan firman Elohim kepadamu,

26 yaitu rahasia yang tersembunyi dari masa ke masa dan dari generasi ke generasi, tetapi yang sekarang telah dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya,

27 kepada mereka Elohim ingin memberitahukan kekayaan dan kemuliaan rahasia itu di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi, yaitu Kristus ada di dalam kamu, yang adalah pengharapan akan kemuliaan,

28 Dialah yang kami beritakan dengan memperingatkan dan mengajar setiap orang dalam segala hikmat, supaya kami dapat membawa setiap orang menjadi sempurna dalam Kristus YESUS.

29 Untuk itulah aku berjerih lelah dengan kekuatan-Nya yang bekerja dengan dahsyat di dalam aku.