Kisah Para Rasul 1

Klik untuk mengganti ayat
Pendahuluan

Teofilus, aku telah menulis dalam buku yang pertama mengenai semua yang dilakukan dan diajarkan YESUS

sampai pada hari Dia terangkat setelah memberi perintah melalui Roh Kudus kepada para rasul yang telah dipilih-Nya.

Sesudah Dia menderita, Dia menunjukkan melalui banyak tanda bahwa Dia hidup, dengan menampakkan diri selama empat puluh hari kepada mereka dan berbicara tentang Kerajaan Elohim.

Roh Kudus Di Janjikan

Ketika berkumpul bersama, Dia menyuruh mereka untuk tidak meninggalkan Yerusalem, tetapi menunggu janji Bapa seperti yang dikatakan-Nya: "Kamu telah mendengar dari-Ku,

bahwa Yohanes membaptis dalam air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dalam Roh Kudus."

Ketika berkumpul bersama, mereka bertanya kepada-Nya, "Tuhan, akankah Engkau mendirikan kembali kerajaan bagi Israel sekarang?"

Dia menjawab, "Bukanlah hakmu untuk mengetahui waktu dan saat yang ditetapkan oleh Bapa atas wewenang-Nya sendiri.

Namun kamu akan menerima kuasa, jika Roh Kudus turun atasmu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku, di Yerusalem, di seluruh Yudea, dan Samaria, bahkan sampai ke ujung bumi."

Kenaikan Tuhan Yesus

Setelah mengatakan hal-hal itu, terangkatlah Dia di depan mata mereka dan awan menutupi-Nya dari pandangan mereka.

10 Sementara mereka terpana memandang ke langit saat Dia naik, tampaklah dua malaikat dengan pakaian putih berdiri di dekat mereka.

11 Dan berkata, "Hai orang-orang Galilea, mengapa kamu terpana memandang ke langit? YESUS ini, yang terangkat ke surga di hadapanmu, Dia akan datang kembali dengan cara seperti yang kamu lihat saat Dia naik ke surga."

Bersatu Dalam Doa

12 Lalu dari Bukit Zaitun mereka kembali ke Yerusalem, yang berjarak kira-kira seperjalanan Sabat.

13 Ketika tiba di kota, mereka naik ke ruang atas, tempat mereka berkumpul, yaitu Petrus dan Yakobus dan Yohanes dan Andreas, Filipus dan Thomas, Bartholomeus dan Matius, Yakobus anak Alfeus dan Simon orang Zelot, dan Yudas saudara Yakobus.

14 Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa; bersama mereka ada beberapa wanita dan Maria ibu YESUS dan saudara-saudara-Nya.

Matias Terpilih

15 Pada suatu hari Petrus berdiri di tengah-tengah mereka yang berjumlah kira-kira seratus dua puluh orang, dan berkata,

16 "Saudara-saudaraku, nubuat yang dikatakan Roh Kudus melalui Daud tentang Yudas, yang memimpin orang-orang untuk menangkap YESUS, haruslah digenapi.

17 Dia adalah orang yang juga terpilih bersama kami dan menerima bagian dalam pelayanan ini.

18 Setelah beroleh sebidang tanah dari upah pengkhianatannya, kemudian ia jatuh tersungkur dengan perut terbelah dan semua isinya terburai.

19 Hal itu diketahui oleh semua orang yang tinggal di Yerusalem, sehingga tanah itu dalam bahasa mereka disebut Hakeldama, yang berarti Tanah Darah.

20 Sebagaimana tertulis dalam Kitab Mazmur: Biarlah kediamannya menjadi sunyi dan tidak ada orang yang tinggal di dalamnya, dan biarlah kedudukannya diambil orang lain.

21 Karena itu kita harus memilih seseorang di antara mereka yang selalu ada bersama kami ke mana pun Tuhan YESUS pergi,

22 mulai sejak baptisan Yohanes sampai Tuhan YESUS terangkat dari antara kami. Bersama kami, orang ini akan menjadi saksi kebangkitan-Nya."

23 Lalu mereka menetapkan dua orang, yaitu Yusuf yang dipanggil Barsabas yang juga disebut Yustus, dan Matias.

24 Dan ketika berdoa, mereka berkata, "TUHAN, Engkaulah yang mengetahui hati semua orang, tunjukkanlah salah satu dari kedua orang ini, yang Engkau pilih

25 untuk menerima tugas pelayanan dan jabatan rasul yang telah ditinggalkan Yudas, yang telah pergi ke tempat yang pantas baginya."

26 Kemudian mereka membuang undi atas keduanya, dan undi itu jatuh pada Matias, maka ia ditambahkan kepada kesebelas rasul itu.