Imamat 1

Klik untuk mengganti ayat
Persembahan Bakaran

YAHWEH memanggil Musa dan berfirman kepadanya dari Kemah Pertemuan,

"Berbicaralah kepada bani Israel, katakan kepada mereka, apabila seseorang di antaramu membawa persembahan hewan kepada YAHWEH, haruslah persembahanmu itu dari kawanan ternak, yakni dari lembu sapi atau dari kambing domba.

Apabila persembahannya berupa kurban bakaran dari kawanan lembu, haruslah ia mempersembahkan seekor lembu jantan yang sempurna tanpa cela. Haruslah ia membawanya ke depan pintu masuk Kemah Pertemuan agar YAHWEH berkenan kepadanya.

Lalu ia harus meletakkan tangannya di atas kepala kurban bakaran itu, sehingga kurban itu akan diterima baginya sebagi pendamaian dosanya.

Lalu ia harus menyembelih anak lembu itu di hadapan YAHWEH. Kemudian anak-anak Harun, para imam itu, harus membawa darah lembu itu dan memercikkannya ke sekeliling mezbah di depan pintu Kemah Pertemuan.

Dan haruslah ia menguliti persembahan bakaran itu, dan memotong-motongnya menurut bagian-bagiannya.

Anak-anak Harun haruslah menyalakan api di atas mezbah dan menyusun kayu-kayu di atas api itu.

Anak-anak Harun,para imam itu, haruslah menata potongan-potongan kurban itu beserta kepalanya dan lemaknya di atas kayu-kayu api yang sedang menyala di atas mezbah.

Ia harus mencuci isi perut dan kakinya dengan air. Dan imam akan membakar semuanya itu di atas mezbah sebagai kurban bakaran, yaitu suatu persembahan api-apian, yang berbau harum dan menyenangkan YAHWEH.

10 Apabila persembahannya dari kawanan domba atau kawanan kambing, haruslah ia mempersembahkan seekor jantan yang sempurna tanpa cela sebagai kurban bakaran.

11 Haruslah ia menyembelih pada sisi mezbah sebelah utara di hadapan YAHWEH, haruslah anak-anak Harun, imam-imam itu, memercikkan darahnya ke sekeliling mezbah itu.

12 Ia harus memotong-motongnya menurut bagian-bagiannya, beserta kepala dan lemaknya. Kemudian imam harus menatanya di atas kayu-kayu api yang sedang menyala di atas mezbah.

13 Ia harus mencuci isi perut dan kakinya dengan air. Dan imam akan membakar semuanya itu di atas mezbah sebagai kurban bakaran, yaitu suatu kurban api-apian yang berbau harum dan menyenangkan YAHWEH.

14 Apabila persembahan untuk kurban bakaran kepada YAHWEH adalah berupa burung, maka ia harus membawa persembahannya berupa burung-burung tekukur atau anak-anak burung merpati.

15 Dan imam harus membawanya ke mezbah, dan ia harus memelintir kepalanya dan membakarnya di atas mezbah itu. Darahnya harus dialirkan pada dinding mezbah itu.

16 Dan ia harus memisahkan tembolok dengan bulunya, lalu membuangnya ke tempat abu di sisi timur mezbah itu.

17 Kemudian ia harus mencabik burung itu di antara sayapnya, tanpa membuatnya terpisah. Lalu imam harus membakarnya di atas kayu-kayu api yang sedang menyala di atas mezbah. Itulah kurban bakaran yaitu suatu persembahan api-apian yang ber-bau harum dan menyenangkan YAHWEH."