Hakim-hakim 1

Klik untuk mengganti ayat
Kepemimpinan Yehuda Melawan Orang Kanaan

Sesudah kematian Yoshua, bertanyalah bani Israel kepada YAHWEH, "Siapakah di antara kami yang akan maju terlebih dahulu berperang melawan orang Kanaan?"

YAHWEH berfirman, "Suku Yehuda yang harus maju. Lihatlah, Aku telah menyerahkan tanah itu ke dalam tangannya."

Berkatalah Yehuda kepada Simeon, "Majulah bersamaku ke bagian undianku dan kita akan berperang melawan orang Kanaan. Demikian juga aku akan pergi bersamamu ke bagian yang diundikan bersamamu." Dan Simeon pun pergi bersamanya.

Kemudian majulah suku Yehuda, dan YAHWEH menyerahkan orang Kanaan dan orang Feris ke dalam tangan mereka, dan mereka memukul kalah orang Kanaan di Bezek sepuluh ribu orang banyaknya.

Mereka juga menemui Adoni-Bezek, lalu memeranginya, dan mereka memukul kalah orang Kanaan dan orang Feris di Bezek.

Namun Adoni-Bezek melarikan diri, kemudian mereka mengejarnya serta menangkapnya, lalu memotong ibu jari tangan dan kakinya.

Lalu Adoni-Bezek berkata, "Dahulu ada tujuh puluh raja dengan ibu jari tangan dan ibu jari kaki terpotong dikumpulkan di bawah mejaku itu, seperti yang telah aku lakukan, demikianlah Elohim telah membalas kepadaku." Dan mereka membawanya ke Yerusalem lalu ia mati di sana.

Kemudian kaum Yehuda berperang melawan Yerusalem, merebutnya dan memukulnya dengan mata pedang, lalu membakar kota itu dengan api.

Sesudah itu, kaum Yehuda maju memerangi orang Kanaan yang mendiami pegunungan Negeb, dan kaki-kaki bukit.

10 Lalu suku Yehuda pergi menyerang orang Kanaan yang tinggal di Hebron_nama Hebron dahulu adalah Kiryat-Arba_ mereka membunuh Sesai, Ahiman, dan Talmai.

11 Dari sana mereka pergi menyerang penduduk Debir _nama Debir dahulu adalah kota Kiryat-Sefer.

12 Berkatalah Kaleb, "Siapa saja yang mengalahkan kota Kiryat-Sefer dan menawannya, aku akan memberikan putriku, Akhsa, menjadi istrinya."

13 Dan Otniel, anak Kenas, saudara Kaleb yang lebih muda, merebut kota itu, lalu Kaleb memberikan putrinya, Akhsa, untuk menjadi istrinya.

14 Ketika ia datang, ia membujuk suaminya untuk meminta dari ayahnya sebidang ladang. Maka ia turun dari keledainya, dan Kaleb berkata kepadanya, "Apa yang kamu inginkan?"

15 Ia berkata kepadanya, "Berilah satu hadiah untukku karena engkau telah memberiku tanah di Negeb, maka berikanlah juga mata air kepadaku." Lalu Kaleb memberinya mata air yang di hulu dan mata air yang di hilir.

16 Keturunan Keni, ayah mertua Musa, telah meninggalkan kota Pohon Kurma bersama kaum Yehuda ke padang belantara Yehuda yang terletak di sebelah selatan Arad. Dan mereka pergi menetap di antara penduduk itu.

17 Yehuda maju bersama saudaranya, Simeon, lalu mereka memukul kalah orang Kanaan yang menetap di Zefat dan menghancurkannya sehingga kota itu dinamai Horma.

18 Kemudian Yehuda menguasai Gaza dan daerahnya, Askelon dan daerahnya, serta Ekron dan daerahnya.

19 YAHWEH menyertai suku Yehuda sehingga mereka menduduki pegunungan itu, tetapi mereka tidak dapat menghalau penduduk yang di lembah karena mereka mempunyai kereta-kereta perang dari besi.

20 Dan mereka menyerahkan Hebron kepada Kaleb, seperti telah dikatakan Musa dahulu. Ia mengusir tiga keturunan Enak dari sana.

Kesalahan Benyamin

21 Namun keturunan Benyamin tidak mengusir orang Yebus yang tinggal di Yerusalem sehingga orang Yebus itu masih hidup bersama-sama dengan keturunan Benyamin di Yerusalem hingga kini.

Keberhasilan Keluarga Yusuf

22 Keluarga Yusuf juga maju, mereka menyerang Bethel dan YAHWEH menyertai mereka.

23 Lalu keluarga Yusuf mengirim orang untuk mengintai sekitar Bethel. Kota ini sebelumnya bernama Lus.

24 Para pengintai itu melihat seorang keluar dari kota itu, berkatalah mereka kepadanya, "Tolong tunjukkan kepada kami jalan masuk ke kota, maka kami akan menunjukkan belas kasihan kepadamu."

25 Lalu ia menunjukkan kepada mereka jalan masuk ke kota, sehingga mereka dapat memukul kalah kota itu dengan mata pedang, tetapi mereka menyuruh pergi orang itu dan seluruh kaumnya.

26 Kemudian orang itu pergi ke negeri orang Het dan mendirikan sebuah kota, lalu menamainya Lus. Demikianlah nama kota itu hingga kini.

Kesalahan Suku-Suku Lainnya

27 Suku Manashe belum menghalau penduduk Beth-Sean dan kota-kotanya, penduduk Taanakh dan kota-kotanya, penduduk Dor dan kota-kotanya, penduduk Yibleam dan kota-kotanya, serta penduduk Megido dan kota-kotanya, karena orang Kanaan berkeras untuk tinggal di negeri itu.

28 Setelah orang Israel menjadi kuat, mereka memaksa orang Kanaan membayar upeti, tetapi tidak menghalaunya sama sekali.

29 Dan suku Efraim pun tidak menghalau orang-orang Kanaan yang tinggal di Gezer, sehingga orang-orang Kanaan itu tetap tinggal di Gezer bersama-sama dengan mereka.

30 Suku Zebulon tidak menghalau penduduk Kitron dan penduduk Nahalol, sehingga orang Kanaan tetap tinggal di tengahtengah mereka dan menjadi pembayar upeti.

31 Suku Asher tidak mengusir penduduk Akho dan penduduk Sidon, dan Ahlab, dan Akhzib, dan Helba, dan Afek, dan Rehob,

32 sehingga orang Asher tinggal di antara orang Kanaan, penduduk negeri itu, karena orang Kanaan itu tidak dihalaunya pergi.

33 Suku Naftali tidak menghalau penduduk Beth-Semes dan penduduk Beth-Anat, sehingga mereka tinggal di tengah-tengah orang Kanaan, penduduk negeri itu. Namun penduduk Beth-Semes dan Beth-Anat menjadi pembayar upeti kepada mereka.

34 Orang Amori mendesak keturunan Dan ke daerah bukit dan tidak memperbolehkan mereka turun ke lembah.

35 Namun orang Amori berkeras untuk tinggal di Har-Heres, di Ayalon, dan di Saalbim, walaupun kaum keturunan Yusuf menekan mereka dan menjadikannya pembayar upeti.

36 Daerah orang Amori itu mulai dari pendakian Akrabim, dari batu karangdan terus ke atas.