Hagai 1

Klik untuk mengganti ayat
Perintah untuk Membangun Kembali Bait Suci

Pada tahun kedua pemerintahan raja Darius, di hari pertama bulan keenam, datanglah firman YAHWEH melalui nabi Hagai kepada Zerubabel anak Sealtiel, gubernur Yehuda, dan kepada Yoshua anak imam besar Yozadak, yang berkata,

"Beginilah YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam, berfirman: Bangsa ini berkata, waktunya belum tiba, yaitu waktu untuk Bait YAHWEH dibangun."

Datanglah firman YAHWEH melalui nabi Hagai, yang berkata,

"Apakah sekarang waktunya bagi kamu untuk tinggal di dalam rumah-rumahmu yang beratap, tetapi Bait ini tetap menjadi reruntuhan?

Maka sekarang," YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam, berfirman, "Arahkanlah hatimu pada jalan-jalanmu:

kamu telah menabur banyak tetapi menuai sedikit, kamu makan tetapi tidak kenyang, kamu minum tetapi tidak puas, kamu berpakaian tetapi tidak menghangatkanmu; dan ia yang bekerja untuk upah memasukkannya ke dalam kantong yang berlubang."

YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam, berfirman, "Arahkanlah hatimu pada jalan-jalanmu!

Naiklah ke atas gunung itu, bawalah kayu dan bangunlah Bait itu, maka Aku akan berkenan dengan hal itu, dan Aku akan dimuliakan,"demikianlah YAHWEH berfirman.

"Kamu mengusahakan banyak, tetapi hasilnya sedikit. Ketika kamu membawanya ke rumah, lalu Aku menghembuskannya, mengapa?" YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam, berfirman, "karena Bait-Ku tetap menjadi reruntuhan, dan kamu masing-masing menyibukkan diri dengan membangun rumahnya sendiri.

10 Oleh karena itulah, langit di atasmu telah menahan embun, dan bumi telah menahan hasilnya.

11 Aku telah memanggil kekeringan ke ini, ke atas pegunungan, ke atas padi-padian, ke atas anggur baru, ke atas minyak, ke atas apa saja yang dihasilkan tanah, ke atas manusia, ke atas ternak, ke atas semua pekerjaan tanganmu."

Tanggapan Umat

12 Zerubabel anak Sealtiel, dan Yoshua anak imam besar Yozadak, serta semua sisa bangsa itu, telah menaati suara YAHWEH, Elohim mereka, dan perkataan nabi Hagai, karena YAHWEH, Elohim mereka, telah mengutusnya. Lalu takutlah bangsa itu di hadapan YAHWEH.

13 Kemudian Hagai, utusan YAHWEH mengucapkan pesan YAHWEH kepada bangsa itu, "Aku bersamamu," demikianlah YAHWEH berfirman.

14 YAHWEH telah mengobarkan semangat Zerubabel anak Sealtiel, gubernur Yehuda, dan semangat Yoshua anak Yozadak, imam besar, dan semangat seluruh sisa bangsa itu. Datanglah mereka untuk mengerjakan Bait YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam, Elohim mereka,

15 pada hari kedua puluh empat bulan keenam, pada tahun kedua pemerintahan raja Darius.