Habakuk 1

Klik untuk mengganti ayat

Pesan ilahi dalam penglihatan nabi Habakuk.

Doa Habakuk

Ya YAHWEH, sampai kapankah aku akan menjerit minta pertolongan, tetapi Engkau tidak mau mendengar? Aku berteriak kepada-Mu, "Kekejaman!" Tetapi Engkau tidak menyelamatkan.

Mengapa Engkau memperlihatkan kepadaku kejahatan dan kekacauan? Kehancuran dan kekejaman ada di hadapanku, perselisihan terjadi dan perkelahian merajalela.

Sebab itulah, hukum menjadi tidak berlaku lagi dan keadilan tidak akan pernah muncul sampai kapan pun, karena orang jahat menjerat orang benar; sebab itu, muncullah keadilan yang menyesatkan.

YAHWEH Menjawab Doa

"Lihatlah di antara bangsa-bangsa, perhatikanlah dan terheran-heranlah, karena Aku akan mengerjakan suatu pekerjaan pada zamanmu; yang tidak kamu percayai ketika hal itu diberitahukan.

Sebab lihatlah, Aku membangkitkan orang-orang Kasdim, bangsa yang penuh kebencian dan gegabah itu, yang pergi melintasi wilayah bumi yang luas, untuk menguasai tempat-tempat kediaman yang bukan kepunyaannya.

Mereka sangat mengerikan dan menakutkan; keadilan dan kemuliaannya muncul dari dirinya sendiri.

Kuda-kudanya berlari lebih cepat daripada macan tutul dan lebih ganas daripada serigala pada waktu malam; pasukan berkudanya akan menyebar dan akan datang dari jauh, mereka akan terbang seperti rajawali yang menyerang dengan cepat untuk melahap mangsanya.

Seluruh bangsa itu akan datang untuk melakukan kekejaman, pasukannya akan menyergap bagaikan angin timur, mereka akan mengumpulkan para tawanan seperti pasir banyaknya.

10 Mereka akan mencemooh raja-raja, dan para penguasa akan menjadi sasaran ejekan baginya. Mereka menertawakan setiap kubu pertahanan dan menimbunnya dengan tanah, lalu merampasnya.

11 Kemudian ia bergerak seperti angin, tetapi ia bersalah karena mendewakan kekuatannya."

Habakuk Kembali Berdoa

12 Bukankah dari dahulu Engkau, YAHWEH adalah Elohimku yang kudus? Kami tidak akan mati. Ya YAHWEH, Engkau menetapkan mereka untuk penghakiman; ya Gunung Batu, Engkau menentukan mereka untuk penghukuman.

13 Mata-Mu terlalu suci untuk melihat kejahatan dan tidak dapat memandang kelaliman, tetapi mengapa Engkau memandang orang-orang yang berbuat jahat? Mengapa Engkau diam ketika orang jahat menghabisi orang yang lebih benar darinya?

14 Engkau membuat manusia seperti ikan di laut, seperti binatang melata yang tidak memiliki pemimpin.

15 Mereka menarik semuanya itu dengan kail, mereka menangkapnya dengan jalanya, dan mengumpulkan mereka dengan pukatnya. Oleh sebab itulah, mereka bersukacita dan bergembira.

16 Karena itu, mereka mempersembahkan kurban kepada jalanya dan membakar dupa kepada pukatnya, sebab, oleh alat-alat itu pendapatannya menjadi besar dan makanannya berlimpah-limpah.

17 Apakah karena hal-hal itu ia mengosongkan jalanya dan tidak berhenti membunuh bangsa-bangsa tanpa berbelaskasihan?