Ezra 1

Klik untuk mengganti ayat
Ketetapan Raja Persia

Pada tahun pertama pemerintahan Koresh, raja Persia, dan untuk menggenapi firman YAHWEH melalui perkataan Yeremia, maka YAHWEH menggerakkan roh Koresh, raja Persia itu, dan ia membuat pengumuman di seluruh kerajaannya dalam bentuk tulisan, yang mengatakan,

"Beginilah perkataan Koresh, raja Persia: YAHWEH, Elohim Semesta Langit, telah mengaruniakan kepadaku semua kerajaan di bumi. Dan Dia telah memerintahkan aku untuk mendirikan Bait bagi-Nya di Yerusalem, yang bertempat di Yehuda.

Siapa di antara kamu yang termasuk umat-Nya? Elohim menyertaimu, dan biarlah ia pulang ke Yerusalem yang terletak di Yehuda, dan mendirikan Bait YAHWEH, Elohim Israel, yang ada di Yerusalem, karena Dialah Elohim.

Dan setiap orang yang tersisa di wilayah mana pun ia mengembara, biarlah orang-orang di wilayahnya itu menyumbang perak, emas, harta benda, dan ternak kepadanya, di samping persembahan sukarela untuk Bait Elohim yang ada di Yerusalem."

Kembali Dari Pembuangan

Kemudian bangkitlah para kepala leluhur dari Yehuda dan Benyamin, dan para imam, serta orang-orang Lewi, bahkan setiap orang yang telah Elohim gerakkan rohnya, untuk pergi membangun Bait YAHWEH yang ada di Yerusalem.

Semua orang di sekeliling mereka membantu dengan perkakas perak, emas, harta benda, ternak, dan dengan barang-barang berharga, selain segala sesuatu yang dipersembahkan dengan sukarela.

Dan raja Koresh mengeluarkan perkakas Bait YAHWEH yang dulu pernah dibawa Nebukadnezar ke luar dari Yerusalem dan diletakkan di kuil-kuil ilahnya.

Bahkan Koresh, raja Persia, mengeluarkan semuanya itu di bawah pengawasan Mitredat, seorang bendahara, dan menghitungnya untuk Sesbazar, pembesar di Yehuda.

Inilah jumlahnya: Tiga puluh bokor emas, seribu bokor perak, dua puluh sembilan pisau,

10 tiga puluh mangkuk emas, empat ratus sepuluh mangkuk perak yang lain, dan seribu buah perkakas lain.

11 Semua perkakas emas dan perak jumlahnya lima ribu empat ratus buah. Sesbazar membawa semuanya sewaktu orang-orang buangan dipulangkan dari Babilon ke Yerusalem.