Daniel 1

Klik untuk mengganti ayat
Penahanan Daniel Di Babilon

Pada tahun ketiga pemerintahan Yoyakim, raja Yehuda, datanglah Nebukadnezar raja Babilon mengepung Yerusalem.

Tuhan menyerahkan Yoyakim, raja Yehuda, beserta sebagian perkakas bait Elohim, ke dalam tangannya dan dibawanya ke tanah Sinear ke dalam rumah ilahnya. Lalu Nebukadnezar membawa perkakas-perkakas itu ke dalam rumah perbendaharaan ilahnya.

Raja Nebukadnezar bertitah kepada Aspenas, kepala sida-sidanya, untuk membawa beberapa orang Israel dari keturunan raja dan bangsawan,

yakni orang-orang muda yang tidak bercela, berpenampilan baik dan mahir dalam berbagai hikmat serta memiliki pengetahuan-pengetahuan ilmiah, supaya dengan kecakapannya mereka siap melayani di dalam istana raja; juga agar kepala sida-sida itu mengajarkan tulisan dan bahasa orang Kasdim kepada mereka.

Kemudian raja menetapkan bagi mereka makanan dari santapan raja sehari-hari, yaitu daging, dan minuman sehari-hari yaitu anggur yang diminum raja, agar mereka mendapat makanan yang bergizi hingga tiga tahun, supaya akhirnya mereka siap melayani raja.

Di antara mereka terdapat orang Yehuda: Daniel, Hananya, Misael dan Azarya;

dan kepala sida-sida istana memberi nama kepada Daniel, yaitu Beltsazar, dan kepada Hananya, yaitu Sadrakh; dan kepada Misael, yaitu Mesakh; dan kepada Azarya, yaitu Abednego.

Kesetiaan Kepada Elohim Israel

Namun Daniel berketetapan dalam hatinya bahwa ia tidak akan menajiskan dirinya dengan makanan dari santapan raja atau dengan anggur minuman raja. Dia meminta kepada kepala sida-sida istana agar dia tidak menajiskan dirinya.

Elohim telah membuat Daniel mendapatkan perkenanan dan belas kasihan di hadapan kepala sida-sida istana itu.

10 Maka kepala sida-sida istana itu berkata kepada Daniel, "Aku takut kepada raja yang telah menetapkan makanan dan minumanmu; karena ia akan melihat perawakanmu tampak lebih buruk daripada orang-orang muda lain yang sebaya dengan kamu. Dengan demikian, kamu akan mencelakakan hidupku."

11 Kemudian Daniel berkata kepada Melzar, kepala sida-sida istana yang telah ditetapkannya untuk mengawasi Daniel, Hananya, Misael dan Azarya,

12 "Aku meminta kepadamu, ujilah para hambamu selama sepuluh hari. Biarlah diberikan kepada kami sayuran untuk kami makan dan air untuk kami minum.

13 Sesudah itu bandingkanlah perawakan kami dengan perawakan orang-orang muda yang makan dari santapan raja. Kemudian perlakukanlah kami dengan sepantasnya."

14 Maka ia mendengarkan mereka, dan menguji mereka selama sepuluh hari.

15 Pada akhir hari yang kesepuluh perawakan mereka tampak lebih baik dan lebih gemuk daripada semua orang muda yang makan dari santapan raja.

16 Maka Melzar menyingkirkan daging yang menjadi makanan mereka dan anggur yang menjadi minuman mereka, dan kepada mereka ia hanya memberikan sayuran.

Upah Kesetiaan

17 Mengenai keempat orang muda ini, Elohim memberi mereka pengetahuan dan kepandaian dalam segala tulisan dan hikmat. Sedangkan Daniel memiliki pengertian tentang segala penglihatan dan mimpi.

18 Pada akhir masa itu, raja bertitah untuk membawa mereka menghadap, dan kepala sida-sida istana membawa mereka masuk ke hadapan Nebukadnezar.

19 Kemudian raja bercakap-cakap dengan mereka; di antara mereka semua tidak didapati seorang pun seperti Daniel, Hananya, Misael dan Azarya. Demikianlah mereka berdiri di hadapan raja.

20 Dalam setiap hal menyangkut hikmat dan pengertian yang ditanyakan raja kepada mereka, raja mendapati mereka sepuluh kali lebih cerdas daripada semua peramal dan ahli jampi di seluruh kerajaannya.

21 Daniel berada di sana sampai tahun pertama pemerintahan raja Koresh.