Ayub 1

Klik untuk mengganti ayat
Ayub Dan Keluarganya

Di tanah Us, ada seorang lakilaki bernama Ayub. Ia seorang yang saleh, jujur, takut akan Elohim dan menjauhi yang jahat.

Tujuh orang anak laki-laki serta tiga orang anak perempuan dilahirkan baginya.

Kawanan ternak miliknya adalah tujuh ribu ekor domba, tiga ribu ekor unta, lima ratus pasang lembu, dan lima ratus keledai betina. Ia juga memiliki pelayanpelayan dalam jumlah yang sangat besar, sehingga ia adalah orang yang paling kaya dari semua orang di daerah timur.

Ketujuh anak laki-lakinya biasa pergi dan mengadakan pesta di rumah salah satu dari mereka secara bergiliran. Mereka juga mengundang ketiga saudara perempuannya untuk makan dan minum bersama-sama.

Ketika hari-hari pesta itu telah berlalu, Ayub memanggil dan menguduskan mereka. Ia bangun pagi-pagi sekali dan mempersembahkan kurban bakaran sesuai dengan jumlah mereka. Karena Ayub berpikir, "Mungkin anak-anakku telah berdosa, meskipun mereka telah memberkati Elohim di dalam hatinya." Itulah yang selalu dilakukan oleh Ayub.

Setan Mencobai Ayub Untuk Pertama Kalinya

Suatu hari, pada saat anakanak Elohim datang menghadap YAHWEH, setan pun datang di antara mereka.

YAHWEH bertanya kepada setan, "Dari mana engkau?" Lalu setan pun menjawab YAHWEH dengan berkata, "Dari menjelajah dan mengelilingi bumi."

Kemudian YAHWEH berkata kepada setan, "Sudahkah engkau memerhatikan hamba-Ku Ayub? Karena di bumi ini, tidak ada seorang pun seperti dirinya. Ia saleh, jujur, takut akan Elohim dan menjauhi yang jahat."

Setan menjawab YAHWEH dan berkata, "Apakah Ayub takut kepada Elohim tanpa imbalan?

10 Bukankah Engkau telah membuat pagar baginya, bagi rumahnya, dan segala yang ia miliki di sekelilingnya? Engkau telah memberkati pekerjaannya, sehingga kekayaannya makin bertambah di negeri itu.

11 Meskipun demikian, ulurkanlah tanganMu sekarang dan jamahlah segala yang ada padanya, apakah di hadapan-Mu, ia masih akan memberkati Engkau?"

12 YAHWEH berkata kepada setan, "Lihatlah, segala miliknya ada dalam kuasamu. Hanya, janganlah engkau menyakitinya." Lalu setan pergi dari hadapan YAHWEH.

13 Suatu hari, pada saat anak-anak laki-laki dan anak-anak perempuan Ayub sedang makan dan minum anggur di rumah saudara laki-laki mereka yang sulung,

14 maka datanglah seorang pesuruh kepada Ayub dan berkata, "Lembu-lembu sedang membajak dan keledai-keledai betina sedang makan di sampingnya,

15 lalu orang-orang Sheba datang menyerang dan merampasnya serta membunuh para hamba laki-laki dengan mata pedang dan hanya aku sendiri yang terluput untuk memberitahukannya kepadamu."

16 Sementara ia sedang berbicara, datanglah juga orang lain dan berkata, "Api Elohim telah menyambar dari langit, membakar dan melahap habis domba-domba dan para bujang laki-laki dan hanya aku sendiri yang terluput untuk memberitahukannya kepadamu."

17 Sementara ia sedang berbicara, datanglah juga orang lain dan berkata, "Orang-orang Kasdim telah membentuk tiga pasukan dan menjarah unta-unta serta membawanya pergi. Mereka membunuh para hamba laki-laki dengan mata pedang dan hanya aku sendiri yang terluput untuk memberitahukannya kepadamu."

18 Sementara ia sedang berbicara, datanglah orang lain lagi dan berkata, "Anakanak laki-lakimu dan anak-anak perempuanmu sedang makan dan minum anggur di rumah saudara laki-laki mereka yang sulung.

19 Lalu tampaklah, angin besar datang dari arah padang belantara menghantam empat penjuru rumah itu dan runtuh menimpa orang-orang muda itu sehingga mereka mati. Hanya aku sendirilah yang terluput untuk memberitahukannya kepadamu."

20 Maka Ayub bangkit dan mengoyakkan jubahnya serta mencukur kepalanya. Lalu ia bersujud dan menyembah

21 serta berkata, "Dengan telanjang aku keluar dari rahim ibuku, dengan telanjang pula aku akan kembali ke sana. YAHWEH yang memberi dan YAHWEH yang mengambil, diberkatilah Nama YAHWEH!"

22 Dalam semuanya itu, Ayub tidak berdosa dan tidak menyalahkan Elohim.