2 Tawarikh 1

Klik untuk mengganti ayat
Salomo Meminta Hikmat

Salomo, anak Daud memperkuat kedudukannya atas seluruh kerajaannya. Dan YAHWEH, Elohim, ada bersamanya dan menjadikannya sangat besar.

Salomo berkata kepada seluruh orang Israel, para pemimpin kelompok seribu, kelompok seratus, para hakim, dan kepada setiap orang ternama di seluruh Israel, yakni para kepala leluhur.

Lalu pergilah Salomo dan seluruh jemaat mengikutinya ke bukit yang ada di Gibeon, karena di sana ada Tabernakel Elohim yang telah didirikan oleh Musa, hamba YAHWEH di padang gurun.

Sesungguhnya Daud telah membawa tabut Elohim dari Kiryat-Yearim, ke tempat yang telah Daud persiapkan dan ia telah membentangkan sebuah kemah untuk tabut itu di Yerusalem;

dan mezbah tembaga yang telah dibuat oleh Bezaleel anak Uri anak Hur, ditaruhnya di depan Tabernakel YAHWEH, maka Salomo dan jemaat pun berkumpul di sana.

Kemudian Salomo pergi ke sana, ke mezbah tembaga di hadapan YAHWEH, yang ada di Kemah Pertemuan, dan ia mempersembahkan seribu persembahan bakaran di atasnya.

Pada malam itu Elohim menampakkan diri kepada Salomo dan berfirman kepadanya, "Mintalah apa yang engkau mau Aku berikan kepadamu."

Lalu Salomo berkata kepada Elohim, "Engkau telah menunjukkan kasih setia yang besar kepada Daud, ayahku, dan telah menjadikan aku raja penerusnya.

Sekarang, ya YAHWEH, Elohim, firman-Mu akan ditegakkan kepada Daud, ayahku, karena Engkau telah mengangkat aku menjadi raja atas suatu bangsa yang banyaknya seperti debu tanah.

10 Sekarang berikanlah kepadaku hikmat dan pengertian, supaya aku dapat keluar dan masuk memimpin bangsa ini, karena siapakah yang dapat menghakimi umat-Mu yang besar ini?"

11 Dan Elohim berfirman kepada Salomo, "Karena hal itu yang ada dalam hatimu, dan engkau tidak meminta kekayaan, harta benda, kemuliaan, atau nyawa pembencimu, dan juga tidak meminta umur panjang, tetapi engkau meminta hikmat dan pengertian bagi dirimu untuk dapat menghakimi umat-Ku, yang atasnya Aku telah membuatmu menjadi raja;

12 maka hikmat dan pengertian itu diberikan kepadamu, dan Aku pun akan memberikan kekayaan, harta benda dan kemuliaan kepadamu; sehingga tidak ada raja yang sepertimu sebelum engkau, dan tidak ada yang sepertimu sesudah engkau."

13 Kemudian Salomo datang ke Yerusalem dari tempat ibadah yang ada di Gibeon, dari depan Kemah Pertemuan itu; lalu ia memerintah atas Israel.

Kuda Dan Harta Kekayaan Salomo

14 Salomo mengumpulkan kereta-kereta dan orang-orang berkuda; ia mempunyai seribu empat ratus kereta dan dua belas ribu orang berkuda, lalu menempatkan mereka di kota-kota kereta, bersama raja di Yerusalem.

15 Kemudian raja membuat emas dan perak di Yerusalem seperti banyaknya batubatu, membuat pohon aras seperti pohon ara yang ada di dataran rendah banyaknya.

16 Kuda-kuda yang Salomo miliki berasal dari Mesir dan dari Kewe. Para saudagar raja membawanya dari Kewe dengan suatu harga.

17 Mereka juga mendatangkan dari Mesir sebuah kereta seharga enam ratus shikal perak, dan seekor kuda seharga seratus lima puluh shikal; para saudagar itu pun menjualnya untuk semua raja orang-orang Het dan untuk raja-raja Aram.