1 Korintus 1

Klik untuk mengganti ayat
Salam

Dari Paulus, yang oleh kehendak Elohim dipanggil menjadi rasul YESUS Kristus, dan dari Sostenes, saudara kita.

Kepada jemaat Elohim di Korintus, yang dikuduskan dalam Kristus YESUS dan dipanggil untuk menjadi orang-orang kudus, bersama semua orang di segala tempat yang memanggil Nama YESUS Kristus, yaitu Tuhan kita dan Tuhan mereka.

Anugerah bagimu dan damai sejahtera dari Elohim, Bapa kita, dan dari Tuhan YESUS Kristus.

Ucapan Syukur

Aku selalu mengucap syukur kepada Elohimku mengenai kamu, atas anugerah Elohim yang telah dikaruniakan kepada kamu dalam Kristus YESUS.

Sebab di dalam Dia kamu telah diperkaya dalam setiap hal, dalam setiap perkataan dan dalam setiap pengetahuan,

sebagaimana kesaksian Kristus yang telah diteguhkan di dalam kamu,

sehingga kamu tidak kekurangan satu karunia pun, sementara kamu menantikan penyataan Tuhan kita YESUS Kristus.

Dia juga akan meneguhkan kamu tanpa cela hingga pada akhirnya, pada hari Tuhan kita YESUS Kristus.

Elohim itu setia, melalui Dia kamu telah dipanggil ke dalam persekutuan dengan Putra-Nya, YESUS Kristus, Tuhan kita.

Sehati dan Sepikir

10 Aku menasihati kamu, saudara-saudaraku, demi Nama Tuhan kita YESUS Kristus, hendaklah kamu semua sepakat dan tidak ada perpecahan di antara kamu, dan kamu menjadi satu, sehati dan sepikir.

11 Sebab mengenai dirimu, saudara-saudaraku, telah diberitahukan kepadaku oleh keluarga Kloe, bahwa ada perselisihan di antara kamu.

12 Maksudku adalah bahwa kamu masing-masing berkata: "Aku dari Paulus!" dan "Aku dari Apolos!" dan "Aku dari Kefas!" dan "Aku dari Kristus!"

13 Apakah Kristus terbagibagi? Apakah Paulus disalibkan ganti kamu? Atau, apakah kamu dibaptis dalam nama Paulus?

14 Aku bersyukur kepada Elohim, bahwa aku tidak membaptis seorang pun di antara kamu, selain Krispus dan Gayus,

15 supaya jangan seorang pun dapat berkata bahwa aku telah membaptisnya dalam namaku.

16 Aku juga telah membaptis keluarga Stefanas; selain mereka, aku tidak tahu jika aku telah membaptis orang lain.

17 Sebab Kristus tidak mengutus aku untuk membaptis, tetapi untuk memberitakan Injil, bukan dengan hikmat perkataan, supaya salib Kristus jangan menjadi sia-sia.

Kristus Adalah Kuasa dan Hikmat Elohim

18 Sebab bagi mereka yang akan binasa, pemberitaan tentang salib adalah suatu kebodohan, tetapi bagi kita yang diselamatkan, pemberitaan tentang salib adalah kuasa Elohim.

19 Sebab telah tertulis: "Aku akan memusnahkan hikmat orang-orang yang berhikmat dan Aku akan melenyapkan kebijaksanaan orang-orang yang bijak."

20 Di manakah orang yang berhikmat? Di manakah ahli kitab? Di manakah ahli debat zaman ini? Bukankah Elohim telah membuat hikmat dunia ini menjadi kebodohan?

21 Sebab, meskipun dalam hikmat Elohim, dunia melalui hikmatnya tidak pernah mengenal Elohim, namun Elohim telah berkenan menyelamatkan mereka yang percaya melalui kebodohan pemberitaan itu.

22 Orang-orang Yahudi meminta tanda dan orang-orang Yunani mencari hikmat.

23 Maka ketika kami memberitakan Kristus yang disalibkan, hal itu menjadi sandungan bagi orang-orang Yahudi dan menjadi kebodohan bagi orang-orang Yunani.

24 Namun bagi mereka yang dipanggil, baik orang-orang Yahudi maupun orang-orang Yunani, Kristus adalah kuasa dan hikmat Elohim.

25 Sebab, yang bodoh dari Elohim lebih bijaksana daripada manusia, dan yang lemah dari Elohim lebih kuat daripada manusia.

Bermegah Hanya Di Dalam Tuhan

26 Saudara-saudaraku, lihatlah keadaanmu ketika kamu dipanggil, bahwa secara manusia jasmani tidak banyak yang bijaksana, tidak banyak yang berkuasa, tidak banyak yang terpandang.

27 Akan tetapi Elohim telah memilih mereka yang bodoh bagi dunia untuk mempermalukan mereka yang berhikmat, dan Elohim telah memilih mereka yang lemah bagi dunia untuk mempermalukan mereka yang kuat,

28 dan Elohim telah memilih mereka yang tidak berarti bagi dunia dan mereka yang dihina serta mereka yang dianggap tidak ada, agar Dia dapat meniadakan apa yang dianggap berharga,

29 supaya tidak seorang pun dapat bermegah di hadapan-Nya.

30 Tetapi oleh Dia, kamu berada dalam Kristus YESUS, yang oleh Elohim telah membuat Kristus YESUS menjadi hikmat bagi kita, Dia membenarkan dan menguduskan dan menebus kita,

31 seperti telah tertulis: "Siapa yang bermegah, hendaklah bermegah di dalam TUHAN."