Zakharia 11

Klik untuk mengganti ayat
Gembala Israel: Baik dan Jahat

1 "Hai Libanon, bukalah pintu-pintumu! Supaya api dapat melahap di antara pohon-pohon arasmu.

2 Merataplah hai pohon cemara, karena pohon aras telah tumbang, karena pohon-pohon yang kuat telah dihancurluluhkan, merataplah hai pohon-pohon tarbantin di Bashan, karena hutan yang lebat itu telah longsor.

3 Ada suatu ratapan dari para penggembala, sebab jubah kemuliaan mereka telah dihancurkan; ada suara auman singa-singa muda, sebab keangkuhan Yordan telah dihancurkan.

4 Beginilah YAHWEH, Elohimku, berfirman: Gembalakanlah kawanan domba sembelihan.

5 Sebab yang membelinya akan membantainya dan tidak merasa bersalah. Yang menjualnya akan mengatakan: Diberkatilah YAHWEH, karena aku telah menjadi kaya, dan para gembalanya tidak berbelaskasihan kepada mereka.

6 Aku tidak akan berbelaskasihan lagi atas penduduk negeri itu, firman YAHWEH, tetapi sesungguhnya, Aku akan menyerahkan setiap orang ke dalam tangan sesamanya, juga ke dalam tangan rajanya, dan mereka akan memukul negeri itu; Aku tidak akan meluputkan penduduk negeri itu dari tangan mereka."

7 Aku Zakharia, akan menggembalakan kawanan domba sembelihan, yaitu kamu, hai yang miskin di antara kawanan domba. Maka aku mengambil dua tongkat, yang satu aku menyebutnya ‘kemurahan&rlsquo; sementara tongkat yang lain aku menyebutnya ‘kesatuan’. Lalu aku menggembalakan kawanan domba itu.

8 Dalam satu bulan aku menyingkirkan tiga gembala itu. Karena jiwaku menjadi tidak sabar terhadap mereka, sebaliknya jiwa mereka pun membenciku.

9 Lalu aku berkata, "Aku tidak akan menggembalakanmu lagi. Yang mau mati, matilah; yang mau lenyap, lenyaplah; dan yang masih tertinggal, biarlah memakan daging sesamanya."

10 Kemudian aku mengambil tongkatku, yaitu ‘kemurahan’, dan mematahkannya menjadi dua untuk membatalkan perjanjian yang telah kuadakan dengan semua bangsa.

11 Pada hari itu, perjanjian itu telah dibatalkan; maka yang miskin dari kawanan domba itu, yaitu ia yang memerhatikan aku, akan mengetahui bahwa itu adalah firman YAHWEH.

12 Lalu aku berkata kepada mereka, "Sekiranya baik menurut pandanganmu, berikanlah upahku, tetapi jika tidak, maka tahanlah." Lalu mereka membayar upahku, tiga puluh keping perak.

13 Namun, berfirmanlah YAHWEH kepadaku, "Serahkanlah upahmu itu kepada tukang periuk." Sebuah harga tinggi yang telah mereka bayarkan kepadaku. Maka aku mengambil ketiga puluh keping perak itu dan menyerahkannya kepada tukang periuk di Bait YAHWEH.

14 Kemudian, aku mematahkan tongkatku yang kedua, yaitu ‘kesatuan’,supaya aku dapat memecahkan persaudaraan antara Yehuda dan Israel.

15 Selanjutnya YAHWEH berfirman kepadaku, "Ambillah lagi bagimu peralatan seorang penggembala yang bodoh.

16 Karena sesungguhnya, Aku akan membangkitkan seorang penggembala di negeri ini. Ia tidak mencari yang terhilang, tidak memelihara yang muda, tidak menyembuhkan yang terluka, dan tidak menopang yang belajar berdiri. Sebaliknya, ia memakan daging yang gemuk, dan ia mencabuti kuku-kuku mereka.

17 Celakalah penggembala kesia-siaan yang mengabaikan kawanan domba. Sebilah pedang ada pada lengannya dan pada mata kanannya. Lengannya akan benar-benar menjadi kering dan mata kanannya akan benar-benar menjadi buta."

Zakharia 10
Zakharia 12