Yoshua 5

Klik untuk mengganti ayat
Orang-Orang Israel Disunat

1 Terjadilah, ketika semua raja orang Amori yang tinggal di seberang sungai Yordan, yang menghadap ke laut dan semua raja orang Kanaan yang tinggal di tepi laut, mendengar bagaimana YAHWEH telah mengeringkan air sungai Yordan di hadapan bani Israel, sampai mereka menyeberang, maka hati mereka menjadi takut; dan sudah tidak ada lagi semangat pada mereka oleh karena bani Israel.

2 Pada waktu itu YAHWEH berfirman kepada Yoshua, "Buatlah bagimu pisau yang tajam dan sunatlah kembali anak anak laki-laki Israel untuk yang kedua kalinya."

3 LaluYoshua membuat baginya pisaupisau dari batu cadas, dan menyunat bani Israel pada ujung kulupnya.

4 Inilah sebabnya mengapa Yoshua melakukan penyunatan: Semua orang yang keluar dari Mesir, setiap laki-laki maupun para prajurit, telah mati di dalam perjalanan sewaktu mereka keluar dari Mesir;

5 dan semua orang yang keluar itu telah disunat, tetapi semua orang yang dilahirkan di padang gurun, di dalam perjalanan ketika mereka keluar dari Mesir, belum disunat.

6 Sebab selama empat puluh tahun bani Israel telah berjalan di padang gurun sampai seluruh bangsa itu dimusnahkan, yakni para prajurit yang keluar dari Mesir yang tidak mendengarkan suara YAHWEH. Maka YAHWEH telah bersumpah bahwa Dia tidak akan memperlihatkan kepada mereka, negeri yang telah dijanjikan YAHWEH dengan bersumpah kepada leluhur mereka untuk diberikan kepada kita, suatu negeri yang berlimpah dengan susu dan madu.

7 Maka Yoshua membesarkan anak-anak mereka sebagai pengganti mereka. Yoshua menyunat mereka yang belum bersunat, oleh sebab mereka belum disunat dalam perjalanan.

8 Demikianlah, setelah seluruh bangsa itu selesai disunat, mereka tinggal di tempat perkemahan mereka sampai pulih.

9 YAHWEH berfirman kepada Yoshua, "Hari ini Aku telah menyingkirkan celaan Mesir dari kamu." Orang menyebut nama tempat itu Gilgal sampai hari ini.

Makanan dari Hasil Negeri Kanaan

10 Bani Israel berkemah di Gilgal dan menyiapkan Paskah pada hari yang keempat belas pada bulan itu, pada waktu malam, di dataran Yerikho.

11 Mereka makan gandum masak dari hasil negeri itu pada hari sesudah Paskah, yakni roti tidak beragi dan gandum panggang, pada hari yang sama itu.

12 Lalu berhentilah Manna itu pada keesokan harinya setelah mereka makan gandum masak dari hasil negeri itu. Tidak ada lagi Manna bagi bani Israel, tetapi dalam tahun itu mereka makan hasil dari tanah Kanaan.

Panglima Bala Tentara YAHWEH

13 Terjadilah, ketika Yoshua berada di dekat Yerikho, pada saat ia melayangkan pandangannya ia melihat seorang pria berdiri di seberangnya dengan pedang terhunus di tangannya. Lalu Yoshua pergi kepadanya dan bertanya, "Apakah engkau berpihak pada kami, atau pada lawan-lawan kami?"

14 Dan ia menjawab, "Bukan kawan juga bukan lawan, tetapi aku sekarang datang sebagai Panglima Bala Tentara YAHWEH." Lalu Yoshua bersujud dengan mukanya ke tanah, dan ia menyembah serta berkata kepadanya, "Apa yang akan tuanku katakan kepada hamba-Nya ini?"

15 Maka Panglima Bala Tentara YAHWEH itu berkata kepada Yoshua, "Tanggalkanlah kasutmu dari kakimu, karena tempat yang di atasnya engkau berdiri itu kudus!" Dan Yoshua pun berbuat demikian.

Yoshua 4
Yoshua 6