Yoshua 20

Klik untuk mengganti ayat
Kota-Kota Perlindungan

1 Berfirmanlah YAHWEH kepada Yoshua, dengan mengatakan,

2 "Berbicaralah kepada bani Israel, begini: Tentukanlah kota-kota perlindungan bagimu, sebagaimana Aku telah berkata kepadamu melalui perantaraan Musa,

3 bahwa seorang pembunuh yang di dalam ketidaktahuannya membunuh seseorang tanpa sengaja dapat melarikan diri ke sana. Kota-kota itu harus menjadi tempat perlindungan dari orang yang menuntut balas atas darahnya.

4 Lalu ia harus melarikan diri ke salah satu dari kota-kota itu dan harus berdiri di jalan masuk gerbang kota itu, memberitahukan perkaranya ke telinga para tua-tua kota itu. Mereka harus membawanya masuk ke dalam kota kepada mereka sendiri, memberikannya suatu tempat dan ia harus tinggal bersama mereka.

5 Jika penuntut balas atas darahnya itu mengejarnya, maka mereka tidak boleh menyerahkan pembunuh itu ke dalam tangannya, karena ia telah membunuh sesamanya tanpa sengaja dan tidak membencinya pada waktu sebelumnya.

6 Ia harus tetap tinggal di kota itu sampai ia berdiri di hadapan umat untuk pengadilan, sampai kematian imam besar yang ada pada masa itu. Kemudian si pembunuh itu boleh kembali dan pulang ke kotanya dan ke rumahnya, yaitu ke kota dari tempat ia melarikan diri."

7 Mereka menentukan Kadesh di Galilea, di perbukitan Naftali dan Sikhem, di perbukitan Efraim dan Kiryat-Arba yakni Hebron di perbukitan Yehuda.

8 Di seberang sungai Yordan, di Yerikho ke arah timur, mereka memberikan Bezer di padang belantara, sebuah dataran di luar dari suku Ruben; Ramot di Gilead di luar dari suku Gad; dan Golan di Bashan di luar suku Manashe.

9 Itulah kota-kota yang ditetapkan bagi seluruh bani Israel dan bagi orang asing yang tinggal di tengah-tengah mereka, supaya ia yang tanpa sengaja telah membunuh seseorang boleh melarikan diri ke sana, dan tidak mati dibunuh oleh tangan penuntut balas atas darahnya, sampai ia berdiri di hadapan umat.

Yoshua 19
Yoshua 21