Yesaya 60

Klik untuk mengganti ayat
Menjadi Terang Bagi Bangsa-Bangsa

1 Bangkitlah, jadilah teranglah, karena terangmu telah datang, dan kemuliaan YAHWEH telah bangkit atasmu.

2 Sebab lihatlah, kegelapan akan menutupi bumi, dan awan gelap akan menutupi bangsa-bangsa. Namun YAHWEH akan bangkit atasmu, dan kemuliaan-Nya akan dinyatakan atasmu.

3 Bangsa-bangsa akan datang kepada terangmu, dan raja-raja ke arah cahaya fajarmu.

4 Pandanglah dan lihatlah sekelilingmu, mereka semua telah dikumpulkan, mereka datang kepadamu. Anak-anak laki-lakimu akan datang dari jauh, dan anak-anak perempuanmu akan diasuh di samping mereka.

5 Pada waktu itu kamu akan melihat dan berseri-seri, hatimu akan menjadi kagum dan dibesarkan, karena kelimpahan lautan akan dikembalikan kepadamu, kekayaan bangsa-bangsa akan datang kepadamu.

6 Sejumlah besar unta akan memenuhi kediamanmu, unta-unta muda dari Midian dan Efa. Semuanya itu akan datang dari Sheba, mereka akan memberikan emas dan kemenyan, dan mereka akan menunjukkan pujian bagi YAHWEH.

7 "Semua kambing domba Kedar akan dikumpulkan bagimu, domba-domba jantan Nebayot akan melayanimu, mereka akan mempersembahkan yang berkenan di mezbah-Ku, dan Aku akan memuliakan Bait kemuliaan-Ku.

8 Siapakah mereka ini yang melayang seperti awan, dan seperti burung merpati pada jendela-jendela mereka?

9 Sesungguhnya pulau-pulau akan menanti-nantikan Aku, kapal-kapal Tarsis yang pertama, akan membawa anak-anak laki-lakimu dari jauh, perak dan emas ada bersama mereka," bagi Nama YAHWEH, Elohimmu, dan bagi Yang Mahakudus Israel karena Dia telah memuliakanmu.

10 Keturunan lain akan membangun tembok-tembok bagimu, dan raja-raja mereka akan melayanimu. "Sebab Aku telah menghajarmu dalam amarah-Ku, tetapi Aku telah bermurah hati kepadamu di dalam pengampunan-Ku.

11 Maka pintu-pintu gerbangmu akan selalu terbuka dan tidak akan tertutup baik siang maupun malam, sehingga orang dapat membawa kekayaan bangsa-bangsa kepadamu, sambil menggiring raja-raja mereka kepadamu.

12 Sebab bangsa dan kerajaan yang tidak melayanimu akan binasa, ya, bangsa-bangsa akan menjadi runtuh.

13 Kemuliaan Libanon akan datang kepadamu, pohon sanobar, pohon pinus dan pohon cemara, untuk memperindah tempat ruang kudus-Ku, dan Aku akan membuat tempat tumpuan kaki-Ku dimuliakan.

14 Anak-anak dari mereka yang memperhamba engkau akan datang kepadamu untuk bersujud, di telapak kakimu, yaitu semua orang yang menghina engkau, dan mereka akan memanggilmu: Kota YAHWEH, Sion, Yang Mahakudus Israel."

Pembaruan Israel

15 "Sebagai ganti keadaanmu, yang ditinggalkan dan dibenci sehingga tidak ada seorang pun yang melaluimu, Aku akan meletakkan atasmu kemegahan yang abadi, sebuah sukacita dari generasi ke generasi.

16 Engkau juga akan meminum susu dari bangsa-bangsa, dan engkau akan meminumnya dari dada raja-raja. Dan engkau akan tahu, Akulah YAHWEH, Juruselamatmu dan Penebusmu, Yang Mahakuasa Yakub.

17 Sebagai ganti tembaga, Aku akan membawa emas, dan sebagai ganti besi Aku akan membawakan perak. Dan sebagai ganti kayu, adalah tembaga, sebagai ganti batu, adalah besi. Dan Aku akan menempatkan damai sejahtera sebagai pendampingmu, dan kebenaran sebagai pengawasmu.

18 Kekerasan tidak akan terdengar lagi di negerimu, keruntuhan dan kebinasaan di wilayahmu; tetapi engkau akan menyebut tembok-tembokmu: ‘Keselamatan’, dan pintu-pintu gerbangmu: ‘Pujian’.

19 Matahari tidak akan lagi bagimu sebagai terang pada siang hari, atau bulan akan memberimu terang sebagai sinar, tetapi YAHWEH akan ada sebagai terang abadi bagimu, dan Elohimmu adalah kemuliaanmu.

20 Mataharimu tidak lagi akan menjadi terang bagimu, dan bulanmu tidak akan memudar, karena YAHWEH akan menjadi terang abadimu, dan hari-hari perkabunganmu akan berakhir.

21 Dan bangsamu, mereka semua adalah orang-orang yang benar, mereka akan memiliki bumi selamanya, ranting dari tanaman-Ku, karya dari tangan-Ku, untuk membuat Aku dipermuliakan.

22 Yang paling sedikit akan menjadi seribu, dan yang paling lemah akan menjadi bangsa yang perkasa, Aku YAHWEH, akan segera melaksanakannya pada waktunya."

Yesaya 59
Yesaya 61