Yesaya 42

Klik untuk mengganti ayat
Hamba YAHWEH

1 "Lihatlah Hamba-Ku, Aku akan menopang Dia, Seorang yang Terpilih, yang pada-Nya jiwa-Ku berkenan. Aku menaruh Roh-Ku atas-Nya, Dia akan menyatakan keadilan kepada bangsa-bangsa bukan Yahudi.

1 Maka Dia akan menuangkan kehangatan murka-Nya ke atasnya, dan kekuatan perang, dan menempatkannya pada kobaran api di sekelilingnya, tetapi dia tidak mengetahuinya bahwa api membakarnya, tetapi hatinya tidak menyadarinya.

2 Dia tidak akan berteriak, ataupun mengangkat suara, atau menyebabkan suara-Nya terdengar di jalan.

3 Buluh yang remuk, tidak akan dipatahkan-Nya, dan sumbu yang memudar, tidak akan dipadamkan-Nya, Dia akan menyatakan penghakiman hingga tercapainya kebenaran.

4 Dia tidak akan gagal atau menjadi remuk sampai Dia menegakkan keadilan di bumi dan pulau-pulau akan menanti-nantikan hukum-Nya.

5 Beginilah Elohim YAHWEH berfirman, yang menciptakan langit dan membentangkannya, yang menghamparkan bumi, dan segala yang tumbuh di atasnya, yang memberikan napas kepada manusia yang ada di atasnya, dan roh kepada mereka yang berjalan di dalamnya.

6 "Aku, YAHWEH, memanggil Engkau di dalam kebenaran, dan akan memegang tangan-Mu, dan akan menjaga-Mu, dan menetapkan Engkau sebagai perjanjian bagi manusia, sebagai terang bagi bangsa-bangsa;

7 untuk membukakan mata yang buta, untuk melepaskan tawanan dari penjara, dan membawa mereka yang duduk dalam kegelapan keluar dari penjara.

8 Akulah YAHWEH, itulah Nama-Ku, dan Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain, dan pujian-Ku kepada patung.

9 Lihatlah, hal-hal yang terdahulu telah datang, dan Aku menyatakan hal-hal yang baru; sebelum semua itu terjadi, Aku membuat engkau mendengarnya."

Nyanyian Pujian Bagi YAHWEH

10 Nyanyikanlah nyanyian baru bagi YAHWEH dan pujian-Nya dari ujung bumi, hai yang turun ke laut dan semua isinya, ke pesisir-pesisir dan yang mendiaminya.

11 Biarlah padang gurun dan kota-kotanya mengangkat suara, pemukiman-pemukiman tempat orang-orang Kedar berdiam. Biarlah penghuni-penghuni bukit cadas bersorak-sorai, biarlah mereka berseru dari puncak gunung-gunung.

12 Mereka memberikan kemuliaan bagi YAHWEH dan biarlah pulau-pulau mengumandangkan pujian-Nya.

13 YAHWEH keluar sebagai pahlawan, dan Dia akan membangkitkan semangat-Nya seperti seorang pejuang, Dia akan berseru, ya, mengaum atas musuh-musuh-Nya.

Elohim Panjang Sabar

14 "Aku membisu selamanya, Aku berdiam diri dan menahan diri-Ku sendiri, Aku akan mengerang seperti seorang wanita yang melahirkan, Aku akan terengah-engah, dan sekaligus tersengal-sengal.

15 Aku akan membuat gunung-gunung dan bukit-bukit telantar, dan mengeringkansemua tanaman mereka.Dan Aku akan membuat sungai-sungai menjadi pesisir-pesisir, dan Aku akan mengeringkan kolam-kolam.

16 Aku akan memimpin yang buta pada sebuah jalan yang tidak mereka ketahui, Aku akan memimpin mereka pada lorong-lorong yang tidak pernah mereka ketahui, Aku akan membuat tempat gelap menjadi terang di hadapan mereka, dan tempat-tempat yang berliku, menjadi tempat yang rata, Aku melakukan hal-hal ini kepada mereka, dan tidak meninggalkan mereka.

17 Mereka akan berbalik ke belakang, dan menjadi malu, yaitu mereka yang percaya kepada patung, yang berkata kepada patung tuangan: Engkaulah Elohim kami."

Israel Menjadi Buta dan Tuli

18 "Dengarlah, hai orang-orang tuli, dan orang-orang buta, pandanglah untuk melihat.

19 Siapakah yang buta selain hamba-Ku? Atau yang tuli seperti utusan-Ku yang Aku kirim?" Siapakah yang buta seperti dia, yang berada dalam damai? Dan buta seperti hamba YAHWEH?

20 Engkau melihat banyak hal, tetapi tidak memerhatikan, membuka kedua telinga tetapi tidak mendengarkan.

21 YAHWEH berkenan demi kebenaran-Nya, Dia akan meninggikan hukum, dan membuatnya mulia.

22 Namun inilah bangsa yang dirampok dan dijarah, mereka semua akan menjadi terperangkap dalam lubang-lubang, mereka disembunyikan di dalam rumah-rumah tahanan. Mereka telah menjadi mangsa dan tidak ada yang melepaskan, suatu jarahan, dan tidak seorang pun yang berkata, "Pulihkanlah!"

23 Siapa di antaramu akan mendengar ini, akan memerhatikan dan mendengarkan untuk waktu yang akan datang?

24 Siapakah yang memberikan Yakub kepada penjarah, dan Israel kepada perampok? Bukankah YAHWEH, Dia yang kepada-Nya kita telah berdosa? Sebab mereka tidak mau berjalan dalam jalan-jalan-Nya, dan mereka tidak mendengarkan hukum-Nya.

Yesaya 41
Yesaya 43