Yesaya 28

Klik untuk mengganti ayat
Peringatan Menentang Efraim

1 Celakalah bagi mahkota kesombongan para pemabuk Efraim, yang keindahan dan kemuliaannya adalah bunga yang layu, yang ada di hulu lembah yang subur dari mereka yang dikalahkan oleh anggur.

2 Lihatlah, Tuhan memiliki seorang pahlawan yang perkasa, laksana hujan es, dan badai yang menghancurkan, laksana hujan lebat, dan air bah yang meluap; Dia telah menempatkannya di bumi dengan kekuatan.

3 Mahkota kesombongan dari pemabuk-pemabuk Efraim akan diinjak-injak dengan kaki.

4 Kemuliaan dan keindahan yang ada pada hulu lembah yang subur, adalah setangkai bunga yang dapat layu; seperti buah sulung yang muncul sebelum musim panas yang baru saja dilihatnya ada di genggamannya, dia akan menelannya.

5 Pada hari itu YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam, akan menjadi mahkota kemuliaan dan perhiasan keindahan bagi sisa umat-Nya;

6 dan roh penghakiman bagi dia yang duduk di kursi penghakiman, dan sebagai kekuatan bagi mereka yang membalikkan peperangan ke arah pintu gerbang.

7 Namun mereka juga telah tersesat oleh anggur, dan berbuat salah karena minuman keras; imam dan nabi telah berbuat salah karena minuman keras, mereka telah ditelan oleh anggur, mereka tersesat karena minuman keras; mereka sesat dalam penglihatan, mereka bimbang dalam penghakiman.

8 Sebab semua meja telah menjadi penuh muntah, kotoran, tanpa ada tempat yang bersih.

Israel Tidak Mendengarkan Nasihat

9 Kepada siapakah Dia akan mengajarkan pengetahuan? Dan kepada siapakah Dia akan menjelaskan pesan? Mereka yang telah cerai susu, yang lepas dari dada ibunya.

10 Sebab peraturan demi peraturan, peraturan demi peraturan, patokan demi patokan, patokan demi patokan, di sini sedikit, di sana sedikit.

11 Sebab melalui bibir yang berlogat ganji dan lidah yang berbahasa lain, akan berbicara kepada bangsa ini.

12 Dia telah berbicara kepada mereka, "Inilah tempat peristirahatan, untuk memberi perhentian bagi yang lelah; dan, inilah peristirahatan itu." Namun mereka tidak mau mendengarkan.

13 Maka firman YAHWEH bagi mereka adalah begini, "Peraturan demi peraturan, peraturan demi peraturan, patokan demi patokan, atokan demi patokan, di sini sedikit, di sana sedikit." Sehingga mereka berjalan dan jatuh telentang dan dihancurkan, dijerat dan ditawan.

Kesepakatan Dengan Maut

14 Oleh sebab itu dengarlah firman YAHWEH, hai orang-orang pencemooh, yang memerintah umat ini yang ada di Yerusalem.

15 Karena kamu telah berkata, "Kami telah membuat kesepakatan dengan maut, dan kami telah membuat persetujuan dengan alam maut; ketika bencana bertubi-tubi datang, tetapi ia akan berlalu, dan tidak menimpa kami; karena kami telah membuat kebohongan sebagai perlindungan kami, dan kami telah disembunyikan dalam kepalsuan.

16 Oleh karena itu, beginilah Tuhan YAHWEH berfirman, "Lihatlah, Aku meletakkan dasar di Sion sebuah batu, batu yang teruji, batu penjuru yang mahal, suatu dasar yang teguh; orang yang percaya kepadanya tidak akan gelisah.

17 Keadilan akan Aku letakkan sebagai tali pengukur, dan kebenaran sebagai tali bandul, badai salju akan menyapu bersih perlindungan kebohonganmu, dan air akan membanjiri tempat persembunyianmu."

18 Maka perjanjianmu dengan maut akan ditebus, dan perjanjianmu dengan alam maut tidak akan tegak; ketika bencana yang bertubi-tubi akan berlalu, maka kamu akan menjadi tempat pijakan baginya.

19 Beberapa waktu dia berlalu, ia akan menyeret kamu, karena pagi demi pagi dia akan berlalu; pada waktu siang dan pada waktu malam, dan dia telah menjadi kengerian semata-mata untuk mengerti pesan itu.

20 Sebab pembaringan telah menjadi lebih pendek daripada yang membaringkan dirinya, dan selimutnya telah menjadi sempit bagi yang berselimut bersama.

21 Sebab YAHWEH akan berdiri di gunung Perasim, dan akan mengguncang seperti di lembah Gibeon, untuk melakukan pekerjaan-Nya yang asing, dan untuk mengerjakan pekerjaan-Nya yang menakjubkan.

22 Dan sekarang janganlah kamu mencemooh, agar belenggu-belenggumu tidak menjadi semakin kuat. Sebab aku telah mendengar dari YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam, suatu penggenapan dan apa yang telah ditentukan-Nya atas seluruh bumi.

Nasihat yang Mengagumkan

23 Berikanlah telinga, perhatikan dan dengarlah suaraku, berilah perhatian dan dengarkanlah perkataanku!

24 Apakah pembajak membajak, menggemburkan dan meratakan tanahnya setiap hari untuk menabur?

25 Bukankah setelah dia meratakan permukaannya, maka dia akan menebarkan jintan hitam dan menyebarkan jintan putih, dan menaruh benih gandum yang unggul, jelai pilihan, dan yang sejenisnya di pinggirannya?

26 Dan Dia memberi petunjuk kepadanya tentang kebenaran, Elohimnya akan mengajarinya.

27 Sebab jintan hitam tidak diirik dengan eretan pengirik, dan roda gerobak tidak menggiling jintan, tetapi jintan hitam dipukul dengan galah, dan jintan dengan tongkat.

28 Roti akan dipecah-pecahkan, tetapi orang tidak akan terus-menerus mengilingnya sampai lumat, orang akan memutar roda keretanya tetapi kuda-kudanya tidak akan menghancurkannya.

29 Hal ini pun datang dari YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam, Dia ajaib dalam keputusan dan dahsyat dalam perbuatan.

Yesaya 27
Yesaya 29