Yesaya 10

Klik untuk mengganti ayat
Ashur Adalah Alat Elohim

1 Celakalah mereka yang memutuskan ketetapan-ketetapan yang tidak adil, dan membuat keputusan jahat dan menyimpang,

2 untuk membelokkan keadilan dari orang-orang yang lemah, dan untuk merampas hak orang-orang miskin bangsaku, dengan menjadikan janda-janda mangsa mereka, dan mereka menjarah anak-anak yatim.

3 Apakah yang akan kamu lakukan pada hari lawatan Tuhan, dan terhadap kehancuran, yang datang dari jauh? Kepada siapakah kamu akan lari minta pertolongan? Dan di mana kamu akan meninggalkan kemuliaanmu?

4 Sungguh dia akan berlutut di bawah para tawanan, dan mereka akan jatuh di bawah yang terbunuh, namun semuanya ini tidak menyurutkan amarah YAHWEH, dan tangan-Nya akan tetap teracung.

5 "Celakalah, Ashur yang menjadi cambuk murka-Ku dan yang menjadi tongkat kegeraman-Ku.

6 Aku akan mengirimkannya kepada bangsa yang murtad, dan Aku akan memerintahkannya melawan umat sasaran kemurkaan-Ku, untuk menjarah, dan merampas barang jarahan, dan menjadikannya tempat yang diinjak-injak seperti lumpur di jalan.

7 Tetapi dia tidak merencanakan hal ini, dan hatinya tidak berpikir demikian. Sebab yang ada dalam hatinya adalah untuk memusnahkan, dan menghancurkan banyak bangsa.

8 Sebab ia berkata, bukankah semua panglimaku seperti raja-raja?

9 Bukankah Kalno seperti Karkemis? Bukankah Hamat seperti Arpad? Bukankah Samaria seperti Damaskus?

10 Sebagaimana tangan-Ku telah mengalahkan kerajaan-kerajaan berhala, dan patung-patung mereka lebih berkuasa dari yang ada di Yerusalem dan Samaria.

11 Tidakkah seperti yang Aku lakukan kepada Samaria dan berhala-berhalanya, demikian pula kepada Yerusalem dan berhala-berhalanya?"

12 Dan ketika Tuhan telah menyelesaikan semua pekerjaan-Nya di gunung Sion, dan di Yerusalem, aku akan membuat perhitungan atas kesombongan raja Ashur, dan atas kecantikan, dan keangkuhannya.

13 Sebab ia berkata, "Oleh kekuatan tanganku dan oleh hikmatku aku telah melakukannya karena aku berakal budi. Dan aku meniadakan batas-batas antara bangsa, dan telah merampok persediaan-persediaan mereka, dan seperti pahlawan aku telah menurunkan mereka yang bertakhta.

14 Dan tanganku telah menemukan kekayaan bangsa-bangsa seperti sebuah sarang, dan seperti mengumpulkan telur-telur yang ditinggalkan induknya, seluruh bumi telah aku kumpulkan, dan tidak ada seekor pun yang mengepakkan sayap atau yang mengangakan paruh dan yang menciap-ciap."

15 Akankah kapak membanggakan dirinya melebihi dia yang memakainya? Atau akankah gergaji membesarkan dirinya melebihi dia yang menggunakannya? Seolah-olah cambuk dapat menggerakkan mereka yang mengangkatnya. Seolah-olah sebuah tongkat dapat mengangkat orangnya yang bukan kayu.

16 Sebab itu Elohim, YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam, akan menebarkan ketandusan ke atas kesuburan, dan di bawah kemuliaan-Nya dia menyulut kobaran seperti nyala api.

17 Maka terang Israel akan menjadi api, dan Yang Mahakudus sebagai nyala api dan akan membakar dan melahap habis onak dan semak duri dalam satu hari.

18 Dia akan menghabisi kelebatan hutannya dan kesuburan tanamannya, dan dari jiwa sampai tubuhnya akan menjadi seperti orang sakit yang merana sampai mati.

19 Dan sisa dari pohon-pohon di hutannya akan menjadi sedikit, sehingga seorang anak kecil dapat mencatatnya.

Sisa Israel Akan Kembali

20 Dan akan terjadi pada hari itu, sisa Israel dan yang terluput dari keturunan Yakub, tidak akan bersandar lagi pada yang memukulnya, namun akan bersandar kepada YAHWEH, Yang Mahakudus Israel.

21 Sisa itu akan kembali, sisa Yakub akan bertobat, kepada Elohim Yang Mahaperkasa.

22 Sebab sekalipun umat-Mu Israel seperti pasir di laut, namun hanya sisanyalah yang akan kembali; datangnya kebinasaan telah ditentukan, dan dari situ akan meluapkan kebenaran.

23 Sebab YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam, yang melaksanakan pembinasaan yang telah ditentukan di tengah-tengah seluruh negeri itu.

24 Oleh karena itu beginilah YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam berfirman, "Janganlah takut terhadap Ashur, hai umat-Ku yang berdiam di Sion! Dia akan memukulmu dengan gada dan mengangkat tongkatnya melawan engkau seperti yang dilakukannya di Mesir,

25 tetapi sedikit waktu lagi maka kemarahan-Ku akan berakhir, dan murka-Ku akan membuat mereka hancur."

26 Dan YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam, akan mencambuk mereka dengan cemeti seperti menghajar orang Midian di batu Oreb, dan mengangkat tongkat-Nya di atas laut dalam perjalanan dari Mesir.

27 Dan akan terjadi pada hari itu, Dia akan mengambil beban dari atas bahumu, dan kuknya dari tengkukmu, dan kuk itu akan dipatahkan oleh karena urapan.

28 Ashur telah datang ke Ayat, ia telah melalui Migron, di Mikmas ia akan meninggalkan perbekalannya.

29 Mereka telah menyeberang jalan Penyeberangan. Geba menjadi tempat bermalam mereka, Rama pun gemetar, Gibea-Saul telah melarikan diri.

30 Berteriaklah, hai putri Galim! Perhatikanlah, hai Laisha, hai Anatot yang menderita!

31 Madmena mengembara, orang yang tinggal di Gebim pergi mengungsi.

32 Dia tetap tinggal di Nob hari ini, dia akan mengacungkan tangannya ke arah gunung putri Sion, bukit Yerusalem.

33 Lihatlah Tuhan YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam, akan memotong cabang pohon dengan kekuatan yang menakutkan. Dan yang tinggi akan ditebang, dan yang menjulang akan direndahkan.

34 Dia akan menebas hutan belukar dengan kapak, dan Libanon akan tumbang oleh Yang Mahaperkasa.

Yesaya 9
Yesaya 11