Yeremia 20

Klik untuk mengganti ayat
Yeremia Dikalahkan Pashur

1 Ketika Pashur, anak imam Immer, imam yang juga pejabat pemimpin di Bait YAHWEH, mendengarkan Yeremia menubuatkan perkara-perkara ini,

2 Maka Pashur memukul nabi Yeremia, meletakkannya di pasungan yang ada di bagian atas gerbang Benyamin, yang ada di dekat Bait YAHWEH.

3 Lalu pada hari berikutnya, Pashur melepaskan Yeremia dari pasungan. Lalu Yeremia berkata kepadanya, "YAHWEH tidak akan menyebut namamu Pashur, tetapi Magormissabib, yang artinya kengerian dari segala penjuru.

4 Sebab beginilah YAHWEH berfirman: "Lihatlah, Aku akan menjadikan engkau kengerian bagi dirimu sendiri, bagi semua temanmu. Mereka akan rebah oleh pedang musuh mereka dan matamu akan melihatnya. Aku akan memberikan seluruh Yehuda ke tangan raja Babilon dan ia akan mengangkut mereka ke dalam pembuangan di Babilon, serta membunuh mereka dengan pedang.

5 Lebih dari itu Aku akan memberikan seluruh kekayaan kota ini, seluruh hasilnya, semua barang berharga dan semua harta benda raja-raja Yehuda, bahkan Aku akan memberikannya ke tangan musuh-musuh mereka, yang akan menjarah dan mengambil mereka, serta membawanya ke Babilon.

6 Maka engkau, Pashur dan semua orang yang tinggal di rumahmu, engkau akan pergi ke dalam penawanan. Dan engkau akan sampai di Babilon, engkau akan mati disana lalu engkau akan dikuburkan di sana, engkau dan semua temanmu yang kepadanya engkau telah bernubuat palsu."

Keluh Kesah Yeremia

7 "Ya YAHWEH,Engkau telah membujuk akudan aku telah terbujuk. Engkau lebih kuat daripadaku, dan Engkau telah menang. Aku menjadi bahan ejekan sepanjang hari, setiap orang mencemooh aku.

8 Sebab jika aku berbicara, aku berteriak; aku meneriakan kekerasan dan kehancuran, karena firman YAHWEH telah membuatku menjadi celaan dan ejekan sepanjang hari.

9 Dan jika aku berkata: Aku tidak akan menyebut-Nya atau berbicara di dalam Nama-Nya lagi. Namun di dalam hatiku,seperti ada api yang membara terkurung di dalam tulang-tulangku, dan aku lelah menahannya, aku tidak sanggup.

10 Sebab aku telah mendengarfitnah dari banyak orang: "Ketakutan ada di mana-mana!" "Adukanlah dia!" Mereka berkata, "Ya, biarlahkita mengadukannya!" Setiap sahabatku mengintai kejatuhanku. Barangkali ia akan terpikat lalu kita akan menang terhadapnya dan kita akan melakukan pembalasan.

11 Namun, YAHWEH ada besertaku sebagai Yang Perkasa dan dahsyat. Sebab itu, orang-orang yang menganiaya aku akan tersandung,dan mereka tidak akan menang, dan mereka akan menjadi sangat malu, karena mereka tidak akan berhasil suatu celaan bagi mereka yang selamanya tidak dapat dilupakan.

12 Namun, ya YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam, yang menguji orang benar, yang melihat hati dan pikiran; biarlah aku melihat pembalasan-Mu atas mereka, sebab aku telah mengungkapkan perkaraku kepada-Mu.

13 Menyanyilah bagi YAHWEH. pujilah YAHWEH. Karena Dia telah Menyelamatkan jiwa orang miskin dari tangan orang-orang jahat.

14 Terkutuklah hari kelahiranku, biarlah tidak diberkati hari saat ibuku melahirkan aku.

15 Terkutuklah orang yang membawa berita kepada ayahku, dengan mengatakan: Seorang anak laki-laki telah dilahirkan bagimu, yang membuatnya sangat gembira.

16 Biarkanlah orang itu menjadi seperti kota-kota yang telahYAHWEH robohkan, tanpa belas kasihan. Biarlah ia mendengar suatu tangisan di pagi hari, dan seruan di siang hari;

17 karena ia tidak membunuhku saat aku dalam kandungan, sehingga ibuku menjadi kuburanku, dan kandungannya senantiasa besar karenaku.

18 Mengapa aku lahir dari kandungan untuk menyaksikan kesusahan dan kedukaan, bahwa hari-hariku berakhir dalam perasaan malu?"

Yeremia 19
Yeremia 21