Yeremia 2

Klik untuk mengganti ayat
Kejahatan Israel

1 Kemudian datanglah firman YAHWEH kepadaku, berkata,

2 "Pergilah dan serukanlah pada telinga penduduk Yerusalem, dengan mengatakan: Beginilah YAHWEH berfirman: Aku telah mengingat engkau, kebaikan masa mudamu, kasih pertunanganmu, saat engkau telah berjalan mengikuti Aku di padang gurun, di tanah yang tidak ditaburi.

3 Israel adalah kekudusan bagi YAHWEH, buah yang pertama dari penghasilan-Nya. Semua yang menghabisinya menjadi bersalah dan malapetaka akan menimpa mereka," firman YAHWEH.

4 Dengarkanlah firman YAHWEH, hai seisi rumah Yakub, dan seluruh kaum Israel.

5 Beginilah YAHWEH berfirman, "Ketidakadilan apa yang telah leluhurmu temukan pada-Ku, sehingga mereka menjauh dari-Ku, dan berjalan mengikuti kesia-siaan dan menjadi penyembah ilah-ilah?

6 Bukankah mereka juga berkata: Di manakah YAHWEH yang telah membawa kami ke luar dari tanah Mesir, yang telah memimpin kami di padang gurun, di tanah yang tandus dan berlubang, di tanah yang kering dengan bayang-bayang maut, di tanah yang belum pernah dilalui orang, di mana tidak seorang pun pernah tinggal di sana?

7 Aku membawa kamu ke negeri yang subur, untuk makan buahnya, juga segala kebaikan negeri itu. Namun kamu masuk, lalu mencemarkan negeri-Ku dan kamu telah membuat pusaka-Ku menjadi kebencian.

8 Para imam tidak berkata: "Di manakah YAHWEH?" Bahkan mereka yang memegang Taurat tidak mengenal Aku. Para pemimpin juga telah memberontak terhadap Aku, para nabi bernubuat demi Baal, dan telah mengikuti hal yang tidak berguna.

9 Sebab itu, Aku masih akan membantahmu," firman YAHWEH, "dan Aku akan beperkara dengan anak cucumu.

10 Maka, lintasilah pantai-pantai Kitim lalu lihatlah, utuslah orang ke Kedar, pahamilah baik-baik dan lihatlah, apakah pernah ada yang seperti ini?

11 Pernahkah suatu bangsa menukar ilah-ilahnya, bahkan meskipun mereka bukan Elohim? Namun umat-Ku telah menukar kemuliaan mereka dengan apa yang tidak berguna.

12 Hai langit, tertegunlah akan hal ini, dan menjadi gentarlah, jadilah sangat takut!" Firman YAHWEH.

13 "Sebab umat-Ku telah melakukan dua kejahatan, mereka telah meninggalkan Aku, mata air kehidupan, untuk menggali kolam bagi diri mereka sendiri, kolam yang bocor dan tidak dapat menampung air.

Akibat Kejahatan Israel

14 Apakah Israel seorang budak? Atau, apakah ia terlahir sebagai budak keluarga? Mengapa ia menjadi suatu mangsa?

15 Singa-singa muda mengaum terhadapnya dan meraung, mereka membuat tanahnya menjadi tandus, kota-kotanya telah terbakar tanpa ada penduduknya lagi.

16 Juga anak-anak lelaki Noph dan Tahpanhes telah menghancurkan mahkota kepalamu.

17 Bukankah engkau telah melakukan hal ini bagimu, dengan meninggalkan YAHWEH, Elohimmu, pada saat Dia memimpinmu dalam perjalanan?

18 Maka sekarang, mengapa melakukan perjalanan ke Mesir, apakah untuk meminum air Shihor? Atau, mengapa engkau melakukan perjalanan ke Ashur, apakah untuk meminum air sungainya?

19 Kejahatanmu akan mengajar engkau, dan kemurtadanmu akan menegur engkau. Ketahuilah dan lihatlah, bahwa meninggalkan YAHWEH, Elohimmu, adalah hal yang jahat dan pahit, dan rasa takut akan Aku, tidak ada padamu," firman Tuhan YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam.

20 "Sebab, dari dahulu engkau telah mematahkan kukmu, memutuskan pengikatmu, lalu engkau berkata: "Aku tidak akan melanggar" Tetapi di setiap bukit yang tinggi, dan di bawah setiap pohon yang hijau engkau merebahkan diri, seperti seorang pelacur.

21 Padahal Aku telah menanam engkau sebagai pohon anggur pilihan, dari benih berkualitas tertinggi. Bagaimana kemudian engkau berubah menjadi pohon anggur lain, yang buruk?

22 Walaupun engkau membasuh dirimu dengan garam abu, dan dengan sabun yang banyak, kejahatanmu tetap ada di hadapan-Ku," firman Tuhan YAHWEH.

23 "Bagaimana mungkin engkau dapat berkata: Aku tidak tercemar, aku tidak mengikuti para Baal. Lihatlah, kelakuanmu di lembah! Ketahuilah apa yang telah engkau lakukan. Engkaulah seekor unta betina yang tangkas, yang melintasi jalan;

24 seekor keledai liar yang biasa hidup di padang gurun, yang mengendus angin menurut keinginan naluriahnya; pada musim kawin, siapakah yang dapat menghentikannya? Semua yang mencarinya tidak akan merasa lelah, mereka dapat menemukannya pada waktu musimnya.

25 Jagalah kakimu dari tidak memakai sepatu, dan tenggorokanmu dari kehausan; tetapi engkau berkata: Itu tidak ada gunanya! Tidak! Sebab aku cinta orang asing, dan aku akan mengikuti mereka.

26 Seperti pencuri yang malu ketika tertangkap, demikian juga keturunan Israel menjadi malu; mereka, raja-raja mereka, para penguasa mereka, dan imam-imam serta nabi-nabi mereka;

27 yang berkata kepada pohon: "Engkaulah leluhurku," dan kepada batu: "Engkau telah melahirkan aku." Sebab mereka menghadapkan punggung mereka kepada-Ku dan bukan wajah mereka; tetapi pada waktu kesukaran, mereka akan berkata: "Bangkitlah dan selamatkanlah kami!"

28 Namun, di manakah ilah-ilahmu yang telah engkau buat bagi dirimu? Biarlah mereka bangkit, jika mereka dapat menyelamatkan engkau pada waktu kesukaranmu; karena jumlah kota-kotamu sesuai dengan jumlah ilah-ilahmu, hai Yehuda.

Penghakiman yang Layak Diterima

29 Mengapa kamu menentang Aku? Kamu semua telah memberontak terhadap Aku?" Firman YAHWEH.

30 "Sia-sia Aku telah menghajar anak-anakmu, mereka tidak mau menerima didikan. Pedangmu sendiri telah melahap nabi-nabimu, seperti seekor singa yang membinasakan.

31 Hai generasi ini, perhatikanlah firman YAHWEH: Apakah Aku telah menjadi padang gurun bagi Israel? Atau tanah kegelapan? Mengapakah umat-Ku berkata: Kami adalah para penguasa, kami tidak akan datang lagi kepada-Mu.

32 Dapatkah seorang dara melupakan perhiasannya, seorang mempelai wanita melupakan pakaiannya? Namun umat-Ku telah melupakan Aku selama hari-hari yang tak terhitung.

33 Mengapakah engkau menghias jalanmu untuk mencari cinta? Oleh karena ini pula engkau telah mengajarkan jalanmu kepada perempuan jahat.

34 Juga pada pakaianmu telah ditemukan darah dari jiwa orang-orang yang berkekurangan dan tidak berdosa; Aku tidak menemukannya dalam pencarian yang diam-diam, melainkan mendapati semuanya dengan jelas.

35 Namun engkau berkata: "Oleh karena aku tidak bersalah, pastilah murka-Nya akan berbalik dariku." Lihatlah, Aku akan mengadili engkau, karena perkataanmu bahwa engkau tidak berdosa.

36 Mengapa engkau terlalu menganggap enteng untuk mengubah jalanmu? Engkau juga akan menjadi malu karena Mesir, sebagaimana engkau telah menjadi malu karena Ashur.

37 Ya, engkau akan keluar dari tempat itu, dengan tanganmu ada di atas kepalamu. Sebab YAHWEH telah menolak andalan-andalanmu, dan engkau tidak akan menjadi sukses dengan mereka."

Yeremia 1
Yeremia 3