Yehezkiel 37

Klik untuk mengganti ayat
Lembah Tulang Kering

1 Tangan YAHWEH menaungiku dan membawaku dalam Roh YAHWEH, lalu menempatkan aku di tengah-tengah sebuah lembah yang penuh dengan tulang-tulang.

2 Dia membawaku berkeliling melintasinya. Dan lihatlah, ada sesuatu yang sangat banyak di permukaan lembah itu, dan tampaklah, banyak sekali tulang-tulang yang kering.

3 Lalu Dia berfirman kepadaku, "Hai anak manusia, apakah tulang-tulang ini dapat hidup?" Dan aku menjawab, "Ya Tuhan YAHWEH, Engkau yang lebih tahu."

4 Lalu Dia berfirman kepadaku, "Bernubuatlah kepada tulang-tulang ini dan katakanlah kepada mereka: Hai tulang-tulang yang kering, dengarkanlah firman YAHWEH!

5 Beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: Lihatlah, Aku akan memberikan roh masuk ke dalammu, dan engkau akan hidup.

6 Aku akan menaruh urat-urat padamu, dan akan menumbuhkan daging padamu, Aku akan membungkusmu dengan kulit, dan memberikan roh kepadamu, maka engkau akan hidup, sehingga engkau akan mengetahui bahwa Akulah YAHWEH."

7 Demikianlah aku bernubuat seperti yang diperintahkan. Dan ketika aku bernubuat, terdengar suara riuh. Tampaklah, suatu guncangan, kemudian mendekatlah tulang-tulang itu, tulang yang satu dengan tulang yang lain.

8 Dan aku melihat maka tampaklah, urat-urat dan daging tumbuh dan menyebar pada tulang-tulang itu, dan kemudian kulit menutupinya dari atas. Tetapi belum ada roh dalamnya.

9 Kemudian Dia berfirman kepadaku, "Bernubuatlah kepada roh; bernubuatlah, hai anak manusia, dan katakanlah kepada roh itu firman Tuhan YAHWEH: Hai roh, datanglah dari keempat penjuru angin dan berhembuslah ke dalam orang-orang yang terbunuh itu supaya mereka dapat hidup."

10 Lalu aku bernubuat seperti yang telah Dia perintahkan kepadaku dan roh itu masuk ke dalam mereka. Lalu mereka hidup dan berdiri di atas kakinya, suatu pasukan yang sangat besar.

11 Kemudian Dia berfirman kepadaku, "Hai anak manusia, tulang-tulang ini, adalah seluruh keluarga Israel. Lihatlah, mereka berkata: Tulang-tulang kami kering, dan pengharapan kami musnah, kami terpotong-potong menjadi bagian-bagian.

12 Oleh karena itu bernubuatlah dan berkatakanlah kepada mereka: Beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: Lihatlah, hai umat-Ku, Aku akan membuka kubur-kuburmu dan mengeluarkan engkau dari kubur-kuburmu itu, Aku akan membawa engkau ke tanah Israel.

13 Hai umat-Ku. Maka engkau akan mengetahui bahwa Akulah YAHWEH, ketika Aku membuka kubur-kuburmu, dan telah mengeluarkan engkau dari sana,

14 Aku akan menaruh Roh-Ku di dalammu dan engkau akan hidup, Aku akan menempatkan engkau di negerimu sendiri. Dan engkau akan mengetahui bahwa Akulah YAHWEH, telah berfirman dan menggenapinya," firman YAHWEH.

Penyatuan Kembali Israel

15 Datanglah firman YAHWEH kepadaku, yang mengatakan,

16 "Engkau, hai anak manusia, ambillah sepotong kayu dan tuliskanlah di atasnya: Untuk Yehuda dan bani Israel sekutunya. Kemudian ambillah sepotong kayu yang lain dan tuliskanlah di atasnya: Untuk Yusuf, tongkat Efraim, dan seluruh keluarga Israel sekutunya.

17 Kemudian gabungkanlah itu satu dengan yang lainnya bagi dirimu sendiri, menjadi satu batang kayu, dan mereka akan menjadi satu kesatuan di tanganmu.

18 Ketika orang-orang di bangsamu berkata kepadamu: Tidakkah engkau menyatakan kepada kami apa artinya ini bagimu?

19 Katakanlah kepada mereka: Beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: Lihatlah, Aku akan mengambil tongkat kayu Yusuf yang ada di tangan Efraim dan suku-suku Israel sekutunya, dan Aku akan menempatkannya bersama tongkat kayu Yehuda dan menjadikan mereka satu batang kayu, sehingga mereka akan menjadi satu di tangan-Ku.

20 Tongkat-tongkat kayu yang di atasnya engkau tulisi tulisan itu akan ada di tanganmu di hadapan mata mereka.

21 Katakanlah kepada mereka: Beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: Lihatlah, Aku akan mengambil bani Israel dari antara bangsa-bangsa ke mana mereka telah diserakkan, dan Aku akan mengumpulkan mereka dari segala penjuru, dan membawa mereka ke tanah kepunyaan mereka.

22 Aku akan membuat mereka menjadi satu bangsa di tanah itu, di atas pe-gunungan Israel, dan seorang raja akan menjadi raja mereka semua. Mereka tidak akan lagi menjadi dua bangsa, dan tidak akan lagi terbagi menjadi dua kerajaan.

23 Maka mereka tidak akan dinajiskan lagi dengan berhala-berhala atau ilah-ilah mereka yang menjijikkan, ataupun dengan segala pelanggaran mereka. Namun Aku akan melepaskan mereka ke luar dari semua tempat tinggal mereka, tempat yang di dalamnya mereka telah berbuat dosa; dan Aku akan menahirkan mereka. Mereka akan menjadi satu sebagai umat bagi-Ku.

24 Hamba-Ku Daud akan menjadi raja mereka. Di sana hanya ada satu gembala bagi semuanya. Mereka akan berjalan dalam peraturan-peraturan-Ku, dan menjaga ketetapan-ketetapan-Ku serta melakukannya.

25 Mereka akan tinggal di tanah yang telah Aku berikan kepada hamba-Ku, Yakub, tempat di mana leluhurmu berdiam di dalamnya. Mereka dan anak-anaknya akan tinggal di sana untuk selamanya. Hamba-Ku Daud akan menjadi raja bagi mereka selama-lamanya.

26 Aku akan mengadakan perjanjian damai dengan mereka; itu akan menjadi suatu perjanjian kekal. Aku akan menempatkan mereka dan melipatgandakannya, Aku juga akan menempatkan ruang suci-Ku di tengah-tengah mereka selama-lamanya.

27 Dan Tabernakel-Ku akan ada bersama mereka, Aku akan menjadi Elohim mereka, dan mereka akan menjadi umat bagi-Ku.

28 Bangsa-bangsa itu akan mengetahui bahwa Aku, YAHWEH yang menguduskan Israel, pada waktu ruang suci-Ku berada di tengah-tengah mereka untuk selama-lamanya."

Yehezkiel 36
Yehezkiel 38