Yehezkiel 31

Klik untuk mengganti ayat
Kejatuhan Mesir dan Ashur

1 Pada tahun kesebelas, bulan ketiga, pada hari pertama bulan itu, datanglah firman YAHWEH kepadaku, mengatakan,

2 "Hai anak manusia, katakanlah kepada Firaun, raja Mesir dan rakyatnya: Siapakah yang akan menyamai kebesaranmu?

3 Lihatlah, Ashur adalah pohon aras di Libanon, dengan cabang-cabangnya yang indah daunnya sangat rimbun, pohon itu tumbuh tinggi; dan puncaknya menjulang sampai ke langit.

4 Air membuatnya tumbuh besar, dan lautan membuatnya tumbuh tinggi dengan sungai-sungainya yang mengalir mengelilingi perkebunan sekitarnya, ia menjulurkan saluran-saluran airnya ke seluruh pohon di padang.

5 Oleh karena itu ketinggiannya melebihi semua pohon di padang, dan ranting-rantingnya bertambah banyak, cabang-cabangnya menjadi panjang, karena banyaknya air yang datang.

6 Semua burung di langit bersarang di ranting-rantingnya, dan segala binatang di padang melahirkan anaknya, di bawah cabang-cabangnya; dan di bawah naungannya berdiamlah semua bangsa besar.

7 Pohon itu elok di dalam kebesarannya, di dalam panjang cabang-cabangnya. Sebab akar-akarnya menjulur pada air yang berlimpah.

8 Pohon-pohon aras dalam taman Elohim tidak akan dapat menandinginya, pohon sanobar tidak akan dapat menyamai ranting-rantingnya, dan pohon berangan tidak dapat menyamai cabang-cabangnya. Setiap pohon di taman Elohim tidak ada yang seindah pohon itu.

9 Aku telah membuatnya indah dengan cabang yang banyak, dan semua pohon-pohon di Eden yang ada di taman Elohim iri kepadanya."

10 Oleh karena itu beginilah Tuhan YAHWEH berfirman, "Sebab engkau tumbuh tinggi, dan puncaknya menjulang sampai ke langit, dan hatinya menjadi sombong dalam ketinggiannya,

11 maka Aku menyerahkan dia ke tangan orang yang perkasa di antara bangsa-bangsa asing. Ia pasti akan beperkara dengannya; Aku telah mengusirnya karena kejahatannya.

12 Dan orang-orang asing dari bangsa-bangsa yang menakutkan akan menebang dan meninggalkannya. Cabang-cabangnya berjatuhan di atas gunung-gunung dan di dalam lembah-lembah, dan ranting-rantingnya menjadi rusak oleh sungai-sungai di tanah itu. Semua rakyat di negeri itu telah pergi dari bawah naungannya, dan meninggalkannya.

13 Semua burung di langit akan hinggap di atas reruntuhanya, dan seluruh binatang dari padang akan ada di cabang-cabangnya.

14 Supaya mulai saat ini, tidak ada pohon di tepian air yang meninggikan dirinya, dan menumbuhkan puncaknya sampai ke langit di antara pepohonan yang lebat, serta berdiri tegak di dalam kesombongannya. Sebab mereka semua telah diserahkan ke dalam maut, ke dasar bumi yang paling dalam, di tengah-tengah anak-anak laki-laki manusia yang turun ke liang kubur.

15 Beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: Pada waktu ia turun ke alam maut, Aku mengadakan perkabungan, Aku menutup lautan, dan menahan sungai-sungainya, sehingga banyak air tergenang. Aku membuat gunung Libanon berkabung atasnya, dan segala pohon di padang menjadi layu karenanya.

16 Aku membuat bangsa-bangsa gemetar mendengar bunyi keruntuhannya, ketika Aku melemparkannya ke alam maut bersama orang-orang yang turun ke liang kubur. Semua pohon di taman Eden, pohon-pohon pilihan dan pohon yang terbaik di Libanon, semua yang minum air akan senang menjadi bagian dari bumi.

17 Mereka yang juga turun ke alam maut bersama-sama dengannya, yaitu orang-orang yang terbunuh oleh pedang, dan mereka yang kekuatannya berada di bawah bayang-bayang dari tengah bangsa-bangsa itu.

18 Dengan siapakah engkau dapat disamakan dalam kemuliaan dan kebesaran di antara pohon-pohon di taman Eden? Namun engkau akan turun dengan pohon-pohon di taman Eden ke bagian bumi yang paling bawah. Engkau akan berbaring di tengah-tengah orang yang tidak bersunat, yang mati terbunuh oleh pedang. Ia adalah Firaun dengan semua rakyat yang mengikutinya," firman Tuhan YAHWEH.

Yehezkiel 30
Yehezkiel 32