Yehezkiel 3

Klik untuk mengganti ayat

1 Selanjutnya Dia berfirman kepadaku, "Hai anak manusia, makanlah apa yang engkau dapatkan. Makanlah gulungan kitab ini, lalu pergilah dan berbicaralah kepada keturunan Israel."

2 Maka aku membuka mulutku, dan Dia membuat aku memakan gulungan kitab itu.

3 Lalu Dia berfirman kepadaku, "Hai anak manusia, persiapkanlah perutmu untuk mencerna dan penuhilah ususmu dengan gulungan kitab yang Aku berikan kepadamu ini." Lalu aku memakannya dan rasanya manis seperti madu di dalam mulutku.

4 Dan Dia berfirman kepadaku,"Hai anak manusia, pergilah! Datanglah kepada keturunan Israel dan sampaikanlah perkataan-perkataan-Ku kepada mereka.

5 Sebab, engkau tidak diutus kepada umat yang berbicara asing dan berat lidahnya, tetapi kepada keturunan Israel;

6 bukan kepada orang-orang yang berbicara asing dan yang berat lidah, yang kata-katanya tidak dapat engkau mengerti. Sekiranya Aku mengutus engkau kepada mereka, tentunya mereka akan mendengarkanmu.

7 Namun keturunan Israel tidak mau mendengarkanmu, karena mereka tidak mau mendengarkan Aku, sebab semua keturunan Israel itu memberontak dan keras hati.

8 Lihatlah, Aku membuat wajahmu tegar melawan wajah mereka dan dahimu kuat melawan dahi mereka.

9 Aku telah membuat dahimu keras sebagaimana intan lebih keras daripada batu. Engkau tidak akan takut kepada mereka dan tidak akan gentar terhadap wajah mereka, karena mereka adalah keturunan yang memberontak

10 Dia melanjutkan firman-Nya kepadaku, "Hai anak manusia, segenap firman yang Aku katakan kepadamu, terimalah di dalam hatimu, dan biarlah telingamu mendengar.

11 Pergilah, hampirilah mereka di tempat pembuangan, kepada kaum keturunan bangsamu; berbicaralah dan sampaikan kepada mereka, beginilah Tuhan YAHWEH berfirman; entah mereka mau mendengarkan, atau mengabaikannya."

12 Kemudian Roh mengangkat aku, dan aku mendengar di belakangku suatu suara gemuruh yang dahsyat, mengatakan, "Terpujilah kemuliaan YAHWEH dari kediaman-Nya."

13 Aku juga mendengar suara dari sayap-sayap makhluk itu yang saling bersentuhan satu sama lain, serta suara roda-roda yang keras, serta suatu suara gemuruh yang dahsyat.

14 Lalu Roh mengangkat aku dan membawaku, dan aku pergi di dalam kepahitan dan panas hati, tetapi tangan YAHWEH menopangku dengan kuat.

15 Lalu aku datang kepada orang-orang buangan di Tel-Abib, yang tinggal di dekat sungai Kebar. Aku duduk di tempat mereka duduk, dan tetap di sana, tertegun di antara mereka selama tujuh hari.

Yehezkiel Sebagai Penjaga Israel

16 Pada akhir dari tujuh hari itu, firman YAHWEH datang kepadaku, yang mengatakan,

17 "Hai anak manusia, Aku menetapkan engkau sebagai penjaga bagi keluarga Israel; maka dengarkanlah firman dari mulut-Ku dan berilah peringatan-peringatan terhadap mereka dari-Ku.

18 Ketika Aku berkata kepada orang jahat: Engkau pasti mati, dan engkau tidak memberikan peringatan kepadanya, tidak juga berbicara apa-apa untuk memperingatkan orang jahat itu dari jalannya yang jahat, supaya selamat hidupnya, ia, orang jahat itu, akan mati di dalam kejahatannya, tetapi Aku akan menuntut darahnya dari tanganmu.

19 Namun jika engkau memperingatkan orang jahat itu, dan ia tidak berbalik dari kejahatannya atau dari jalan hidupnya, maka orang jahat itu akan mati di dalam kejahatannya, tetapi engkau telah menyelamatkan nyawamu.

20 Apabila ada orang benar berpaling dari kebenaran, dan melakukan perbuatan yang jahat, lalu Aku meletakkan sebuah batu sandungan di hadapannya, ia akan mati; sebab engkau tidak memperingatkannya, ia akan mati di dalam dosanya dan kebenaran yang telah dilakukannya tidak akan diingat lagi, tetapi Aku akan menuntut darahnya dari tanganmu.

21 Namun jika engkau memperingatkan orang benar itu, supaya ia tidak berbuat dosa, dan memang ia tidak berbuat dosa, maka ia akan tetap hidup, karena ia telah diperingatkan dan engkau telah menyelamatkan nyawamu."

22 Tangan YAHWEH menaungiku, lalu berfirmanlah Dia kepadaku, "Bangunlah, pergilah ke tanah datar, di sana Aku akan berbicara kepadamu."

23 Maka aku bangkit dan pergi ke tanah datar. Tampaklah kemuliaan YAHWEH di sana, seperti kemuliaan yang telah aku lihat di tepi sungai Kebar, lalu aku bersujud.

24 Roh itu masuk ke dalam diriku dan menegakkan aku di atas kedua kakiku, lalu berbicara kepadaku. Dia berfirman: "Pulanglah, kurunglah dirimu di dalam rumahmu!

25 Namun engkau, hai anak manusia, lihatlah, mereka akan mempersiapkan tali bagimu dan akan mengikatkannya padamu, engkau tidak akan keluar dari antara mereka.

26 Aku akan membuat lidahmu melekat pada langit-langit mulutmu, sehingga engkau akan bisu dan tidak dapat menegur mereka, karena mereka adalah keturunan yang memberontak.

27 Namun ketika Aku berbicara kepadamu, Aku akan membuka mulutmu, dan engkau harus mengatakan kepada mereka: Beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: Siapa yang mendengarkan, biarlah ia mendengarkan, dan siapa yang mengabaikan, biarlah ia mengabaikan, karena mereka adalah keturunan yang memberontak."

Yehezkiel 2
Yehezkiel 4