Yehezkiel 29

Klik untuk mengganti ayat
Nubuatan Kehancuran Mesir

1 Pada tahun kesepuluh, bulan kesepuluh, pada hari keduabelas dalam bulan itu, datanglah firman YAHWEH kepadaku, dengan berkata,

2 "Hai anak manusia, arahkanlah wajahmu kepada Firaun, raja Mesir, dan bernubuatlah kepadanya juga kepada seluruh orang Mesir.

3 Berbicaralah, dan katakan: Beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: Lihatlah, Aku melawanmu, hai Firaun, raja Mesir, buaya besar yang berbaring di tengah sungai, dan yang berkata: Sungaiku ini milikku, aku membuatnya untuk-ku sendiri.

4 Namun Aku akan memasang kail-kail pada rahangmu, dan Aku akan membuat ikan-ikan dari anak-anak sungaimu melekat pada sisikmu, dan Aku akan mengangkatmu dari tengah-tengah sungaimu itu, bersama dengan semua ikan dari sungai yang melekat pada sisik-sisikmu.

5 Aku akan melemparmu ke padang gurun, engkau dan semua ikan dari sungaimu itu, engkau akan jatuh di padang terbuka, engkau tidak akan dipindahkan atau dikumpulkan, Aku telah memberikan binatang-binatang liar di padang dan burung-burung di udara sebagai makanan bagimu.

6 Dan seluruh penduduk Mesir akan mengetahui bahwa Akulah YAHWEH, sebab mereka telah menjadi sebuah tongkat buluh bagi keturunan Israel.

7 Pada saat mereka memegangmu, engkau remuk dan bahu mereka tergores. Dan ketika mereka bersandar kepadamu, engkau patah dan membuat mereka semua terhuyung-huyung.

8 Oleh karena itu beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: Lihatlah, Aku akan membawa sebilah pedang kepadamu dan melenyapkan manusia serta binatang darimu.

9 Maka tanah Mesir akan menjadi reruntuhan dan ditinggalkan; dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah YAHWEH, sebab ia telah berkata: Sungai itu milikku, aku telah membuatnya.

10 Oleh karena itu, lihatlah, Aku melawanmu dan sungai-sungaimu, dan Aku akan membuat tanah Mesir menjadi reruntuhan dan ditinggalkan, dari Migdol sampai Siene bahkan sampai ke perbatasan tanah Etiopia.

11 Tidak akan ada kaki manusia yang melewatinya, kaki binatang pun tidak akan melaluinya; dan tanah Mesir tidak akan didiami selama empat puluh tahun.

12 Aku akan membuat tanah Mesir menjadi reruntuhan di tengah-tengah negeri yang sunyi, dan kota-kotanya akan menjadi sunyi di antara kota-kota yang ditinggalkan selama empat puluh tahun. Dan Aku akan menyerakkan Mesir kepada bangsa-bangsa, dan menyebarkan mereka ke semua negeri.

13 Sebab, beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: Pada akhir tahun keempat puluh itu, Aku akan mengumpulkan Mesir dari bangsa-bangsa di mana mereka telah diserakkan ke sana.

14 Aku akan mengembalikan tawanan Mesir dan membawa mereka ke tanah Patros, tanah asal mereka. Mereka akan menjadi sebuah kerajaan yang lemah.

15 Mesir akan menjadi kerajaan yang paling lemah, dan tidak akan dapat meninggikan dirinya lagi di atas bangsa-bangsa lain. Aku akan membuat mereka menjadi lemah sehingga mereka tidak akan berkuasa atas bangsa-bangsa.

16 Bangsa Mesir tidak akan menjadi kepercayaan bagi keluarga Israel lagi, yang mengingatkan tentang kesalahan Israel pada saat mereka berpaling terhadap Mesir. Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah YAHWEH."

Babilon Menerima Mesir Sebagai Balasan

17 Dan pada tahun kedua puluh tujuh, pada hari pertama dalam bulan yang pertama, firman YAHWEH kepadaku, dengan mengatakan,

18 "Hai anak manusia, Nebukadnezar, raja Babilon, memerintahkan tentaranya untuk bekerja keras melawan Tirus. Setiap kepala sudah gundul dan setiap bahu sudah mengelupas, namun baik ia maupun tentaranya tidak mendapatkan keuntungan dari Tirus atas usaha yang telah ia lakukan terhadap Tirus.

19 Oleh karena itu, beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: Lihatlah, Aku akan menyerahkan tanah Mesir kepada Nebukadnezar, raja Babilon. Dan ia akan membawa kekayaannya dan menjarah barang jarahannya, serta merampas barang-barang rampasannya; dan itu akan menjadi upah bagi tentaranya.

20 Aku memberikan kepada-nya tanah Mesir, sebagai hadiah atas hasil pekerjaannya itu, karena mereka menyelesaikan pekerjaannya bagi-Ku," demikianlah firman Tuhan YAHWEH.

21 "Pada hari itu Aku akan menumbuhkan tanduk bagi keluarga Israel, dan Aku akan membuka mulutmu di tengah-tengah mereka; dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah YAHWEH."

Yehezkiel 28
Yehezkiel 30