Yehezkiel 24

Klik untuk mengganti ayat
Perumpamaan Tentang Belanga Panas

1 Firman YAHWEH kembali datang padaku, pada tahun kesembilan, bulan kesepuluh, di hari kesepuluh dalam bulan itu, dengan berkata,

2 "Hai anak manusia, catatlah tanggal hari ini! Sebab hari ini raja Babilon telah bersiap untuk menyerang Yerusalem.

3 Ucapkanlah suatu perumpamaan kepada kaum pemberontak, katakanlah: Beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: Taruhlah sebuah belanga di atas api dan tuangkanlah air ke dalamnya.

4 Masukanlah potongan-potongan daging ke dalamnya, setiap potongan yang baik dari bagian paha dan punggungnya. Penuhilah belanga itu dengan tulang-tulang pilihan.

5 Ambillah seekor domba pilihan dan bakarlah juga tulang-tulangnya dalam api; rebuslah itu sampai mendidih; juga biarlah tulang-tulangnya menjadi lunak di dalamnya.

6 Oleh karena itu, beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: Celakalah kota yang penuh darah, yang belanganya berkarat di bagian dalam, dan karatnya itu tidak bisa hilang! Keluarkanlah potongan daging yang ada di dalamnya satu demi satu, jangan ada yang tersisa.

7 Sebab darahnya ada di tengah-tengahnya, darah yang telah ia curahkan di puncak bukit batu. Ia tidak menuangkannya di atas tanah sehingga jangan darah itu tertutup debu.

8 Hal itu akan membangkitkan amarah untuk membalaskan dendam, Aku telah mencurahkan darahnya ke puncak bukit batu, sehingga ia tidak tertutupi.

9 Oleh karena itu, beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: Celakalah kota yang penuh darah! Aku juga akan memperbesar tempat pembakarannya.

10 Tumpuklah kayu dan nyalakanlah api, masak dagingnya, berilah rempah-rempah dengan baik; dan biarkanlah tulang-tulangnya terbakar.

11 Lalu kosongkanlah kuali itu dan letakkanlah di atas bara api, supaya tembaganya menjadi panas dan membara, maka kotoran yang ada di dalamnya akan leleh dan karatnya akan habis.

12 Ia menyusahkan dirinya dengan kebohongan, dan karatnya yang tebal tidak akan hilang daripadanya, melainkan akan terbakar oleh api.

13 Di dalam kecemaranmu ada kefasikan. Sebab Aku telah menahirkan engkau, namun engkau tidak tahir, dan engkau tidak akan tahir dari kecemaranmu sampai Aku menghentikan murka-Ku atasmu.

14 Aku, YAHWEH, telah berfirman, dan pasti menggenapi, Aku akan melakukannya. Aku tidak akan membiarkannya, dan Aku tidak akan berbelas-kasihan, Aku juga tidak akan merasa berubah pikiran. Sesuai dengan kelakuan-kelakuanmu dan sebagaimana perbuatan-perbuatanmu, mereka akan menghakimimu, firman Tuhan YAHWEH."

Kematian Istri Yehezkiel Sebuah Tanda

15 Firman Tuhan YAHWEH datang kepadaku, dengan mengatakan,

16 "Hai anak manusia, lihatlah, Aku akan membuang keinginan matamu dengan sebuah pukulan; namun engkau tidak akan meratap, juga tidak menangis, dan tidak akan mencucurkan air matamu.

17 Menangislah diam-diam, janganlah membuat ratapan kematian. Ikatkanlah serbanmu, kenakanlah kasut pada kakimu, dan janganlah menutupi kumismu; dan janganlah engkau makan roti kesedihan."

18 Demikianlah aku berbicara kepada bangsa itu pada pagi harinya. Dan pada sore harinya, istriku mati. Kemudian Aku melakukan seperti yang telah diperintahkan pada pagi hari berikutnya.

19 Dan bangsa itu berkata kepadaku, "Tidakkah engkau akan memberitahukan pada kami apa artinya semua yang engkau perbuat ini?"

20 Kemudian aku berkata kepada mereka, "Firman YAHWEH datang kepadaku, yang berkata:

21 Katakanlah kepada keluarga Israel, beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: Lihatlah, Aku akan mencemarkan ruang suci-Ku, kebanggaan atas kekuatanmu, keinginan matamu, dan kenikmatan bagi jiwamu. Maka anak anakmu, laki-laki dan perempuan, yang telah kamu tinggalkan, akan rebah oleh pedang.

22 Dan kamu akan melakukan seperti yang telah Aku lakukan. Janganlah kamu menutupi kumismu, dan janganlah makan roti kesedihan.

23 Akan ada serban di kepalamu, juga kasut di kakimu. Kamu tidak akan meratap ataupun menangis; tetapi kamu akan lenyap di dalam kesalahan-kesalahanmu, dan setiap orang akan mengeluh kepada sesamanya.

24 Demikianlah Yehezkiel akan menjadi sebuah tanda bagimu. Lakukanlah semua yang telah ia lakukan. Dan ketika itu terjadi, kamu akan mengetahui bahwa Akulah Tuhan YAHWEH."

25 "Dan engkau, hai anak manusia, bukankah hal itu akan terjadi pada waktu Aku mengambil kekuatan mereka, keindahan dari kemegahan mereka, keinginan mata mereka, dan apa pun yang menjadi kebanggaan mereka, anak-anak laki-laki dan anak-anak perempuan mereka?

26 Dia yang terluput pada hari itu akan datang kepadamu, untuk membuat telingamu mendengar.

27 Pada hari itu mulutmu dibukakan kepada mereka yang terluput, dan engkau akan berbicara dan tidak bisu lagi. Engkau akan menjadi sebuah tanda bagi mereka, dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah YAHWEH."

Yehezkiel 23
Yehezkiel 25