Ulangan 23

Klik untuk mengganti ayat
Tidak Termasuk Jemaat

1 "Orang yang hancur buah pelirnya, atau terpotong kemaluannya, tidak boleh masuk ke dalam jemaat YAHWEH.

2 Seorang anak haram tidak boleh masuk ke dalam jemaat YAHWEH, bahkan hingga ke generasi yang kesepuluh darinya tidak boleh masuk ke dalam jemaat YAHWEH sampai selamanya.

3 Seorang Amon atau seorang Moab tidak boleh masuk ke dalam jemaat YAHWEH, bahkan hingga ke generasi kesepuluh dari mereka tidak boleh masuk ke dalam jemaat YAHWEH sampai selamanya,

4 karena mereka tidak menyambutmu dengan roti dan air dalam perjalananmu, ketika kamu keluar dari Mesir, dan karena mereka mengupah Bileam anak Beor dari Petor di Aram-Mesopotamia untuk mengutuki kamu.

5 Tetapi YAHWEH, Elohimmu, tidak mendengarkan Bileam dan YAHWEH, Elohimmu, telah mengubah kutuk itu menjadi berkat bagimu, karena YAHWEH, Elohimmu, mengasihimu.

6 Engkau tidak boleh mengupayakan kedamaian mereka atau kemakmuran mereka selama engkau hidup sampai selama-lamanya.

7 Engkau tidak boleh menghina orang Edom karena dia saudaramu. Engkau tidak boleh merendahkan seorang Mesir, karena dahulu engkau adalah orang asing di negerinya,

8 Anak-anak yang dilahirkan bagi mereka pada generasi ketiga, boleh masuk ke dalam jemaat YAHWEH."

Menjaga Kekudusan Perkemahan

9 "Apabila engkau pergi berperang melawan musuh-musuhmu, maka jagalah dirimu dari semua hal yang jahat.

10 Apabila ada di antaramu seorang pria yang menjadi tidak tahir karena sesuatu terjadi atasnya pada malam hari, maka dia harus pergi keluar dari perkemahan, janganlah dia masuk ke tengah-tengah perkemahan.

11 Dan ketika senja, haruslah dia membasuh dirinya dengan air, dan pada waktu matahari terbenam, ia boleh masuk ke tengah-tengah perkemahan.

12 Engkau juga harus memiliki sebuah tempat di luar perkemahan, di mana engkau pergi untuk membuang hajat.

13 Dari antara perlengkapanmu harus ada sebuah sekop. Dan apabila engkau jongkok membuang hajat, engkau harus menggali dengan alat itu dan harus menimbun kotoranmu.

14 Sebab YAHWEH, Elohimmu, di tengah-tengah perkemahanmu untuk melepaskanmu dan menyerahkan musuhmu kepadamu; oleh sebab itu perkemahanmu harus kudus, supaya Dia jangan melihat hal yang memalukan padamu, dan berbalik dari padamu.

Budak yang Melarikan Diri

15 Janganlah engkau menyerahkan seorang budak kepada tuannya, yang melarikan diri dari tuannya kepadamu.

16 Ia boleh tinggal bersama di antaramu, di tempat yang ia pilih di dalam salah satu tempatmu, yang disukainya. Janganlah engkau menindasnya.

Larangan Menjadi Pelacur

17 Janganlah ada yang menjadi pelacur bakti dari antara anak-anak perempuan Israel ataupun menjadi semburit bakti dari antara anak laki-laki Israel.

18 Janganlah membawa upah persundalan perempuan atau upah persundalan laki-laki ke dalam bait YAHWEH, Elohimmu, untuk menepati nazar apa saja, karena keduanya itu adalah kekejian bagi YAHWEH, Elohimmu.

Bunga Atas Pinjaman

19 Janganlah meminjamkan dengan bunga kepada saudaramu, baik uang maupun makanan atau apa saja yang dapat dibungakan.

20 Engkau boleh meminjamkan dengan bunga kepada orang asing, tetapi terhadap saudaramu janganlah memungut bunga supaya YAHWEH, Elohimmu, memberkati engkau dalam semua usahamu di negeri yang engkau masuki untuk memilikinya.

Menepati Nazar

21 Apabila kamu bernazar kepada YAHWEH, Elohimmu, janganlah menunda untuk menepatinya, karena tentulah YAHWEH, Elohimmu, akan menuntutnya dari padamu sehingga hal itu menjadi dosa bagimu.

22 Tetapi apabila engkau tidak bernazar, maka hal itu tidak menjadi dosa bagimu.

23 Apa yang keluar dari bibirmu engkau harus menepatinya dan melaksanakannya, sebagaimana engkau menazarkannya dengan sukarela kepada YAHWEH, Elohimmu, lakukanlah apa yang telah engkau janjikan dengan mulutmu.

Kebun dan Ladang Sesamamu

24 Apabila engkau masuk ke kebun anggur sesamamu, engkau boleh makan buah anggur sesuka hatimu sampai puas. Tetapi janganlah memasukkan satu pun ke dalam keranjangmu.

25 Apabila engkau masuk ke ladang gandum sesamamu, yang belum dituai, maka engkau boleh memetik bulir-bulirnya dengan tanganmu, tetapi janganlah mengayunkan sabit pada gandum sesamamu."

Ulangan 22
Ulangan 24