Ulangan 2

Klik untuk mengganti ayat
Perjalanan Melintasi Mesir

1 "Kemudian kita berbalik dan berjalan memasuki padang gurun di jalan menuju laut Merah, seperti yang difirmankan YAHWEH kepadaku, dan kita berjalan berhari-hari mengelilingi pegunungan Seir.

2 Lalu YAHWEH berfirman kepadaku, kata-Nya:

3 Telah lama kamu mengelilingi gunung ini, beloklah kamu ke utara.

4 Perintahkanlah kepada umat itu: Kamu akan melintasi perbatasan saudara-saudaramu, kaum Esau, yang diam di Seir, dan mereka akan takut kepadamu. Tetapi, kamu harus sangat berhati-hati.

5 Janganlah kamu menyerang mereka karena Aku tidak akan memberikan setapak kaki pun dari negeri mereka kepadamu, karena Aku telah memberikan pegunungan Seir kepada Esau, sebagai miliknya.

6 Kamu harus membeli makanan dari mereka dengan uang supaya kamu dapat makan, dan kamu harus membeli air dari mereka dengan uang supaya kamu dapat minum.

7 Sebab YAHWEH Elohimmu, telah memberkatimu dalam segala pekerjaan tanganmu. Dia memperhatikan perjalananmu melewati padang gurun yang besar ini. YAHWEH, Elohimmu, telah menyertai engkau selama empat puluh tahun, dan engkau tidak kekurangan apa pun.

Perjalanan Melintasi Moab

8 Dan ketika kita melewati saudara-saudara kita —kaum Esau yang tinggal di Seir— melalui jalan Araba, Elath dan melewati Ezion-Geber, sesudah itu kita berbelok dan berjalan melewati Padang Gurun Moab,

9 lalu berfirmanlah YAHWEH kepadaku: Janganlah mengepung Moab dan janganlah menyerang mereka, karena Aku tidak akan memberikan kepadamu negeri mereka sebagai milikmu. Sebab Aku telah memberikan Ar sebagai milik kaum Lot.

10 Dahulu orang Emim tinggal di sana. Suatu bangsa yang besar dan banyak jumlahnya, tinggi seperti orang Enak.

11 Mereka itu pun dikira raksasa, seperti orang Enak, tetapi orang Moab menyebut mereka orang Emim.

12 Dahulu di Seir diam orang Hori, tetapi kaum Esau telah menduduki daerah mereka, memusnahkan mereka dari hadapannya, lalu menetap di tempat mereka, seperti yang dilakukan orang Israel terhadap negeri miliknya yang telah diberikan YAHWEH kepada mereka.

13 Sekarang bangkitlah dan seberangilah sungai Zered. Lalu kita menyeberangi sungai Zered.

14 Tiga puluh delapan tahun lamanya kita berjalan, mulai dari Kadesh-Barnea sampai kita selesai menyeberangi sungai Zered, sampai habis seluruh generasi itu, bahkan para prajurit dibinasakan dari tengah-tengah perkemahan sebagaimana YAHWEH telah bersumpah kepada mereka.

15 Dan tangan YAHWEH juga melawan mereka untuk menghancurkannya dari tengah-tengah perkemahan sampai mereka binasa.

Perjalanan Melintasi Amon

16 Pada waktu itu ketika semua prajurit telah binasa dari antara bangsa itu,

17 berfirmanlah YAHWEH kepadaku:

18 Hari ini, engkau akan melintasi perbatasan Moab menuju Ar;

19 maka engkau akan sampai ke dekat orang Amon. Janganlah mengepung mereka dan janganlah menyerang mereka karena Aku tidak akan memberikan negeri kaum Amon kepadamu karena Aku telah memberikan negeri itu sebagai milik keturunan Lot.

20 Negeri ini pun dikira orang negeri raksasa, karena dahulu manusia raksasa diam di sana, tetapi orang Amon menyebut mereka orang Zamzumim,

21 yaitu bangsa yang besar dan banyak jumlahnya, dan tinggi seperti orang Enak, tetapi YAHWEH telah memusnahkan mereka dari hadapannya dan mereka mengambil alih serta mendiami daerah itu menggantikan mereka,

22 sebagaimana yang Dia lakukan terhadap kaum Esau yang diam di Seir, ketika Dia memusnahkan orang Hori dari hadapan mereka, dan mereka menghalau orang Hori itu, dan mendiami negeri mereka sampai hari ini.

23 Juga orang Awi yang diam di desa-desa sepanjang Gaza, orang Kaftor yang berasal dari Kaftor, mereka telah memusnahkannya, lalu mereka diam di sana menggantikan mereka.

Perjalanan Melintasi Amori

24 Bangkitlah, bersiaplah, dan seberangilah sungai Arnon. Lihatlah, Aku menyerahkan Sihon, raja Heshbon, orang Amori itu, beserta negerinya, ke dalam tanganmu. Mulailah menyerang dan dudukilah negerinya.

25 Pada hari ini, Aku akan mulai mendatangkan kegentaran dan ketakutan atas bangsa-bangsa di seluruh kolong langit saat mendengar kemasyhuranmu, dan mereka akan gemetar dan menggigil karena engkau."

26 "Kemudian aku mengirim utusan dari padang gurun Kedemot kepada Sihon, raja Heshbon, dengan pesan perdamaian, yang mengatakan:

27 Izinkanlah aku melalui negerimu. Aku akan berjalan mengikuti jalan raya, dengan tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri.

28 Engkau dapat menjual makanan kepadaku ganti uang, agar aku dapat makan, dan engkau dapat memberikan air kepadaku ganti uang, agar aku dapat minum; hanya izinkanlah aku lewat dengan berjalan kaki,

29 sebagaimana kaum Esau yang diam di Seir dan orang Moab yang diam di Ar telah mengizinkannya kepadaku, sampai aku menyeberangi Yordan menuju negeri yang telah diberikan YAHWEH, Elohim, kepada kami.

30 Tetapi Sihon, raja Heshbon, tidak mengizinkan kita melalui negerinya, karena YAHWEH, Elohimmu, telah membuatnya keras kepala dan menegarkan hatinya dengan maksud menyerahkan dia ke dalam tanganmu, sebagaimana hari ini.

31 Lalu YAHWEH berfirman kepadaku: Lihatlah, Aku mulai menyerahkan Sihon dan negerinya kepadamu. Mulailah menduduki negerinya supaya menjadi milikmu.

32 Lalu datanglah Sihon dan seluruh tentaranya untuk memerangi kita di Yahas.

33 Maka YAHWEH, Elohim kita, menyerahkannya kepada kita, sehingga kita mengalahkan dia beserta anak-anaknya, dan seluruh tentaranya.

34 Dan pada waktu itu kita merebut semua kotanya, dan menghancurkannya; kita tumpas habis pria dan wanita serta anak-anak; dan tidak membiarkan seorang pun yang tersisa.

35 Kita hanya merampas hewan ternak untuk keperluan kita sendiri dan mengambil barang rampasan di setiap kota,

36 mulai dari Aroer di tepi sungai Arnon dan kota yang berada di sebelah sungai itu, bahkan sampai Gilead. Tidak ada kota yang bentengnya terlalu tinggi bagi kita, karena YAHWEH, Elohim kita, telah menyerahkan semuanya kepada kita.

37 Hanya, engkau tidak mendekati negeri orang Amon, seluruh tepi sungai Yabok dan kota-kota pegunungan serta semua tempat yang dilarang YAHWEH, Elohim kita."

Ulangan 1
Ulangan 3