Ulangan 13

Klik untuk mengganti ayat
Nabi Palsu

1 "Apabila seorang nabi atau seorang pemimpi muncul di antaramu, dan dia memberimu suatu tanda atau mujizat,

2 dan jika tanda atau mujizat yang dia katakan kepadamu itu terjadi, dengan membujuk, "Mari kita mengikuti ilah-ilah lain, yang tidak engkau kenal, dan mari kita beribadah kepadanya,"

3 maka janganlah engkau mendengarkan perkataan nabi itu atau mimpi pemimpi itu. Sebab YAHWEH, Elohimmu, sedang mengujimu untuk mengetahui, apakah kamu benar-benar mengasihi YAHWEH, Elohimmu, dengan sepenuh hatimu dan dengan seluruh jiwamu.

4 Kamu harus mengikuti YAHWEH, Elohimmu, dan kamu harus takut akan Dia. Kamu harus memelihara perintah-perintah-Nya, dan kamu harus mendengarkan suara-Nya, kamu harus beribadah kepada-Nya, serta bergantung kepada-Nya.

5 Nabi atau pemimpi itu haruslah dihukum mati, karena dia bertujuan untuk membuatmu berpaling dari YAHWEH, Elohimmu, yang telah membawa kamu keluar dari tanah Mesir dan yang telah menebus kamu dari rumah perbudakan, dengan maksud untuk menyesatkan engkau dari jalan yang diperintahkan kepadamu oleh AHWEH, Elohimmu, untuk engkau menjalani. Dan engkau harus menghapuskan yang jahat itu dari tengah-tengahmu.

Jangan Kompromi Dengan Penyembahan Berhala

6 Apabila saudaramu laki-laki, anak laki-laki ibumu, atau anak laki-lakimu atau anak perempuanmu, atau istrimu sendiri atau sahabat karibmu membujuk engkau diam-diam, dengan mengatakan, "Marilah kita pergi dan beribadah kepada ilah-ilah lain yang tidak dikenal olehmu maupun oleh leluhurmu,

7 yaitu ilah-ilah bangsa yang ada di sekelilingmu, baik yang dekat maupun yang jauh dari padamu, dari ujung bumi sampai ke ujung bumi yang lain."

8 Janganlah engkau menyetujuinya, dan jangan engkau mendengarkan dia. Janganlah merasa iba kepadanya, dan jangan engkau mengasihani, serta melindungi dia.

9 Sebaliknya, engkau harus membunuhnya, haruslah tanganmu yang pertama bergerak untuk membunuhnya, dan sesudah itu seluruh rakyat.

10 Engkau harus merajamnya dengan batu sampai mati, karena dia telah berusaha menyesatkan engkau dari YAHWEH, Elohimmu, yang telah membawamu keluar dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan.

11 Maka seluruh Israel akan mendengar dan menjadi takut, sehingga mereka tidak akan melakukan lagi hal-hal yang jahat seperti itu di antaramu.

12 Apabila di dalam satu kota yang diberikan YAHWEH, Elohimmu, kepadamu untuk mendiaminya di sana, engkau mendengar seorang berkata,

13 "Beberapa orang dursila muncul dari antaramu, dan telah menyesatkan penduduk yang tinggal di kotanya, dengan mengatakan: Marilah kita pergi dan melayani ilah-ilah lain yang tidak kamu kenal,"

14 maka haruslah engkau memeriksa dan menyelidiki dan menanyakan dengan baik-baik. Bila hal itu benar dan sudah pasti, bahwa kekejian itu telah dilakukan di tengah-tengahmu,

15 maka bunuhlah semua penduduk di kota itu dengan mata pedang; dan tumpaslah dia dan segala apa yang ada padanya, juga hewannya, dengan mata pedang.

16 Engkau harus mengumpulkan semua barang jarahan di tengah-tengah lapangan, lalu bakarlah kota itu beserta seluruh barang jarahannya di hadapan YAHWEH, Elohimmu sebagai kurban bakaran bagi YAHWEH Elohimmu. Semuanya itu akan tetap menjadi timbunan puing selamanya dan tidak akan dibangun kembali.

17 Jangan ada satu pun dari barang terkutuk itu kamu simpan untuk dirimu sendiri, supaya YAHWEH berbalik dari murka-Nya yang menyala-nyala, dan memberikan belas kasihan-Nya kepadamu dan bermurah hati kepadamu dan membuat engkau bertambah banyak, seperti yang dijanjikan-Nya dengan sumpah kepada leluhurmu.

18 Apabila engkau mendengarkan suara YAHWEH, Elohimmu,untuk memelihara segala perintah-Nya yang aku sampaikan kepadamu pada hari ini, dengan melakukan apa yang benar di mata YAHWEH, Elohimmu."

Ulangan 12
Ulangan 14