Roma 7

Klik untuk mengganti ayat
Sebuah Ilustrasi Pernikahan

1 Saudara-saudara, tidak tahukah kamu —aku berbicara kepada mereka yang mengerti hukum Taurat— bahwa hukum Taurat berkuasa atas diri seseorang selama ia masih hidup?

2 Seorang wanita yang bersuami terikat secara hukum dengan suaminya selama suaminya itu masih hidup, tetapi apabila suaminya mati ia terbebas secara hukum dari suaminya.

3 Jadi, ketika suaminya masih hidup, ia akan disebut pezina jika menikah dengan pria lain. Tetapi jika suaminya mati, bebaslah ia dari hukum itu, sehingga ia bukanlah seorang pezina jika menikah dengan pria lain.

4 Demikianlah saudara-saudaraku, oleh Tubuh Kristus kamu juga telah mati terhadap hukum Taurat, supaya kamu dipersatukan dengan Tubuh Kristus dan menjadi milik orang lain yaitu Dia yang telah dibangkitkan dari kematian, sehingga kita dapat menghasilkan buah bagi Elohim."

5 Sebab ketika kita masih hidup dalam kedagingan, hasrat dosa yang dirangsang oleh hukum Taurat, bekerja dalam anggota-anggota tubuh kita, dan berbuah maut.

6 Namun sekarang, setelah terbebas dan mati dari hukum Taurat yang telah membelenggu kita, maka kita dapat melayani dengan cara baru menurut Roh dan bukan dalam tulisan lama menurut hukum Taurat.

Hukum Taurat dan Dosa

7 Lalu, apa yang akan kita katakan? Apakah hukum Taurat itu dosa? Tentu tidak. Aku tidak mengenal dosa jika tidak dari hukum Taurat. Sebab aku juga tidak mengetahui apa itu keinginan, jika hukum Taurat tidak mengatakan: "Jangan mengingini!"

8 Tetapi dosa mengambil kesempatan melalui perintah itu untuk membangkitkan berbagai keinginan di dalam diriku; karena tanpa hukum Taurat, dosa itu mati.

9 Dulu, aku hidup tanpa hukum Taurat, tetapi ketika perintah hukum Taurat itu datang, dosa bangkit dan aku mati.

10 Dan perintah yang seharusnya membawa kehidupan, ternyata bagiku justru membawa kematian.

11 Dosa mengambil kesempatan melalui perintah itu untuk menipu aku, dan oleh hal itu ia mendatangkan kematian bagiku.

12 Demikianlah hukum Taurat itu kudus, dan perintahnya pun kudus, dan benar, dan baik.

13 Lalu, adakah yang baik mendatangkan kematian bagiku? Tentu tidak. Sebaliknya, supaya dosa menjadi nyata sebagai dosa, maka dosa mengerjakan kematian di dalam aku melalui yang baik itu, sehingga melalui perintah itu, dosa menjadi benar-benar nyata merupakan dosa."

Pergumulan Hidup di Dalam Dosa

14 Kita mengetahui bahwa hukum Taurat bersifat rohani, sedangkan aku bersifat jasmani, terjual di bawah dosa.

15 Sebab aku tidak memahami apa yang aku lakukan. Karena apa yang aku kehendaki tidak aku lakukan, tetapi apa yang aku benci, itulah yang aku lakukan.

16 Jika kemudian aku melakukan apa yang tidak aku kehendaki, maka aku setuju dengan hukum Taurat bahwa hukum Taurat itu baik.

17 Sehingga sekarang, bukan lagi aku yang melakukan itu, tetapi dosa yang tinggal di dalam aku.

18 Sebab aku mengetahui, bahwa di dalam diriku, yaitu di dalam kedaginganku, tidak ada sesuatu yang baik. Kehendak untuk berbuat baik memang ada di dalam aku, tetapi kemampuan untuk mengerjakannya tidak ada.

19 Sebab apa yang baik yang aku kehendaki, tidak aku lakukan, tetapi apa yang jahat yang tidak aku kehendaki, itulah yang aku lakukan.

20 Dan, jika aku melakukan apa yang tidak aku kehendaki, maka bukan lagi aku yang melakukannya, melainkan dosa yang ada di dalam aku.

21 Jadi, aku mendapati hukum ini: ketika aku hendak melakukan yang benar, yang jahatlah yang muncul padaku.

22 Secara manusia batiniah, aku suka akan hukum Elohim;

23 tetapi aku melihat sebuah hukum lain di dalam anggota tubuhku, yang berperang melawan hukum akal budiku, dan menjadikan aku tawanan hukum dosa yang ada di dalam anggota tubuhku.

24 Aku manusia celaka. Siapakah yang akan membebaskan aku dari tubuh maut ini?

25 Aku bersyukur kepada Elohim melalui YESUS Kristus Tuhan kita. Sekarang, dengan akal budi, aku melayani hukum Elohim, tetapi dengan kedagingan, aku melayani hukum dosa.

Roma 6
Roma 8